Artikel & Tips Lezatnya Rolade Tempe, Menu Rendah Garam untuk Anak
Lezatnya Rolade Tempe, Menu Rendah Garam untuk Anak

Lezatnya Rolade Tempe, Menu Rendah Garam untuk Anak

07 Aug 2023, 12:08

Tempe adalah salah satu pangan lokal yang berasal dari Indonesia yang memiliki berbagai macam kandungan gizi di dalamnya. Selain bergizi, tempe juga termasuk bahan pangan yang murah dan mudah didapat oleh masyarakat dari berbagai kalangan ekonomi. Tak hanya itu, tempe juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Namun sayangnya, kadang-kadang anak-anak kurang suka mengkonsumsi tempe, sehingga dibutuhkan trik dan inovasi dalam mengolahnya. Rolade tempe adalah menu yang bisa disajikan untuk hidangan keluarga, tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga akan suka dengan kelezatannya. 


Tempe, Pangan Lokal Indonesia

Tempe adalah makanan lokal Indonesia yang dibuat dengan cara fermentasi kedelai oleh kapang Rhizopus sp. Tempe memiliki tekstur yang kompak dan berwarna putih dengan serabut-serabut hifa yang saling menutupi satu sama lain. Ada banyak sekali olahan tempe yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat misalnya tempe mendoan dan botok tempe. Tempe mudah ditemukan mulai dari di pasar tradisional hingga swalayan. Pengolahan tempe juga cukup mudah. Tempe bisa jadi alternatif menu diet dengan cara dikukus atau direbus saja. 


Kandungan Gizi dalam Tempe

Tempe merupakan bahan pangan sumber protein nabati yang juga mengandung zat gizi lainnya. Tempe boleh diberikan sejak anak belajar mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) hingga lansia. Berikut adalah kandungan gizi dalam 100 gram tempe segar.


  • Energi: 193 kcal
  • Lemak: 10.8 gram
  • Protein: 18.5 gram
  • Karbohidrat: 9.4 gram


Artikel Terkait: Buat Hari Biasa dengan si Kecil Makin Istimewa dengan Cookies Tempe


Probiotik dalam Tempe dan Manfaatnya

Tak hanya kaya gizi, tempe juga mengandung probiotik. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang memiliki banyak manfaat kesehatan terhadap sistem pencernaan individu. Dengan mengkonsumsi tempe, berarti meningkatkan asupan probiotik dalam tubuh. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan menjaga kesehatan saluran pencernaan kita. Pencernaan yang sehat akan berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang lebih kuat dan terjaga. 


Rolade Tempe ala AJI-NO-MOTO®, Tak Hanya Bergizi Namun juga Umami

Anak-anak kadang tak suka dengan tempe yang diolah menjadi menu biasa-biasa saja. Sehingga perlu adanya sedikit ide dalam mengolahnya menjadi menu yang tak hanya disukai oleh anak-anak, namun juga orang dewasa hingga lansia.

Rolade Tempe ala AJI-NO-MOTO®, bisa menjadi solusi ketika kamu bagaimana mengolah tempe agar disukai oleh semua anggota keluarga. Cara membuat menu ini juga tidaklah sulit. Menu ini juga rendah garam lho! Jadi juga cocok disajikan untuk penderita hipertensi. Dalam satu resep Rolade Tempe ala AJI-NO-MOTO® mengandung energi dan zat gizi sebagai berikut.

  • Energi: 97 kcal
  • Protein: 9 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Lemak: 5 gram


Artikel Terkait: Temukan Berbagai Macam Menu Olahan Tempe Lainnya Disini


Tempe merupakan bahan pangan yang tidak hanya bergizi, namun sumber probiotik yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Mengolah tempe haruslah dengan cara dan resep yang tepat agar disukai dan menjadi favorit menu semua anggota keluarga. Rolade Tempe ala AJI-NO-MOTO® cocok dijadikan sebagai salah satu hidangan rendah garam dalam menu makan bersama keluarga. Butuh inspirasi menu olahan tempe lainnya? Cari saja di Dapur Umami ya.  


Reference:
Fermented Foods: Definitions and Characteristics, Impact on the Gut Microbiota and Effects on Gastrointestinal Health and Disease (2019) – Dimidi eta al. (2019) – Nutrients. Retrieved 21 July 2023.
Why Tempeh Is Incredibly Healthy and Nutritious – Link (2017) - Healthline. Retrieved 21 July 2023.
Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh (2022) – [KEMENKES] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Retrieved 21 July 2023.
Tempe, a nutritious and healthy food from Indonesia (2000) – Astuti et al. - Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Retrieved 21 July 2023.
Tempe fermentation, innovation and functionality: update into the third millennium (2000) – Nout and Kiers - Journal of Applied Microbiology. Retrieved 21 July 2023.
(NTR-MEH)
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.