Artikel & Tips Kaya Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Hangat Saat Diminum
Kaya Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Hangat Saat Diminum

Kaya Khasiat, Bir Pletok Tidak Hanya Hangat Saat Diminum

09 Nov 2022, 10:11

Banyak yang bertanya-tanya, apa sih yang membuat bir pletok terasa hangat saat diminum. Jawabannya sebenarnya sederhana: paduan berbagai macam rempah dan rimpang, mulai jahe, serai, kapulaga, dan bahkan lada. Tapi, tahukah mana bahwa bir pletok tidak hanya terasa hangat saat diminum? 

Minuman tidak mengandung alkohol khas betawi ini juga penuh khasiat lho, Ma!


Berbagai rempah yang menjadi bir pletok terasa hangat


1. Menghangatkan tubuh

Khasiat bir pletok yang pertama tentu saja adalah untuk menghangatkan tubuh, terutama perut dan tenggorokan. Bahan yang membuat bir terasa hangat adalah rempah-rempah, yang dimiliki bir pletok bisa membuat tenggorokan dan badan secara umum terasa hangat, terutama pada malam hari di musim hujan seperti saat ini. Dengan tubuh yang tetap hangat, keluarga cenderung tetap semangat beraktivitas meskipun cuaca sedang hujan. 


2. Melancarkan pencernaan

Beberapa bahan yang terdapat dalam bir pletok, khususnya jahe dan serai, adalah bahan-bahan yang memiliki kemampuan memecah gas di dalam pencernaan. Hal ini berkat senyawa keton yang bersama zingeron. Oleh karena itu, bir pletok yang elemen utamanya adalah jahe ini memiliki kemampuan dalam meringankan pencernaan kita, terutama kalau sedang ada gangguan karena gas atau diare. 


3. Mengurangi nyeri otot

Berkat kanduangan zingeron yang bagus dalam mengatasi peradangan itu, jahe memiliki khasiat untuk mengurangi nyeri otot. Nyeri otot sering terjadi ketika kita melakukan kerja fisik cukup berat setelah sekian lama tidak melakukannya. Atau, bisa juga hal ini terjadi ketika kita habis berolahraga melebihi kebiasaan. 


Nah, mungkin kita bisa mulai membiasakan mengkonsumsi jahe, termasuk dalam bentuk bir pletok ketika habis berolahraga. Dalam satu dua hari setelah mengkonsumsi jahe ini, rasa nyeri di otot akan segera bisa berkurang. Makanya, tidak heran bila minuman rempah berwarna merah ini dikonsumsi pada malam hari setelah keluarga Mama bekerja atau berolahraga di siang harinya. 


Karena zingeron ini terdapat dalam jahe, maka Mama boleh berharap juga bahwa khasiat tersebut juga ada dalam masakan yang mengandung jahe cukup signifikan, misalnya Kakap Panggang Jahe yang ada di Dapur Umami ini.


Cara membuat bir pletok hangat

Nah, mungkin sekarang Mama sudah mulai penasaran dengan cara membuat bir pletok. Sebenarnya minuman ini cukup mudah dibuat dan bisa dibuat dengan berbagai variasi sesuai selera. Namun, kalau Mama ingin mendapatkan hangat yang maksimal dari bir pletok, ada beberapa bahan utama yang tidak boleh absen.


Ada tiga bagian rempah yang perlu disiapkan. Kelompok pertama adalah rempah pemberi sensasi hangat, yang terdiri dari 250 gr jahe, sejumput lada, pala, dan kapulaga, dan satu batang sereh. Kelompok kedua adalah bahan pemberi sensasi harum dan rasa, yaitu 5-7 lembar daun pandan, beberapa potong kapulaga, beberapa biji cengkeh, dan gula. Terakhir, kita membutuhkan pewarna yang didapatkan dari kayu secang. 


Cara membuatnya praktis hanya dengan, petama-tama, menghancurkan berbagai rempah. Kemudian, untuk jahe, Mama boleh menggepreknya atau mengiris-iris tipis. Masukkan semua ke dalam air yang kemudian dimasak hingga mendidih. Gula dimasukkan sedikit demi sedikit. 


Dengan bahan-bahan ini, dijamin Mama bisa mendapatkan bir pletok yang hangat dan cocok untuk acara outdoors bersama keluarga. Mau camping di rooftop pun semua anggota keluarga akan tetap hangat. Yang perlu diingat adalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak demi mengurangi risiko diabetes melitus di keluarga.

Setelah mengetahui rahasia bir pletok, sekarang Mama sudah siap mencoba, kan?

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.