Prinsip Diet Diabetes Mellitus

BISA TETAP MAKAN ENAK! PRINSIP DIET DIABETES MELLITUS


Kira-kira, apa ya yang bisa dimakan oleh pengidap diabetes mellitus? Apa iya tidak boleh makan selain sayur dan buah?


Ternyata, tidak juga, loh!


Prinsip diet diabetes mellitus memang memperbaiki pola makan dan gaya hidup seseorang agar metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. Perbaikan tersebut bisa dilakukan dengan cara menjaga kadar glukosa darah dan kadar lipid darah agar tetap normal, menghindari terjadinya komplikasi akut baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan meningkatkan kesehatan melalui pemenuhan gizi yang optimal.


Nah, supaya diet bisa dikatakan optimal, ada beberapa syarat diet diabetes mellitus yang wajib kamu ketahui. Berikut adalah syarat-syarat diet diabetes mellitus:


  1. Cukup energi untuk mempertahankan berat badan normal. Kebutuhan energi ditentukan dengan mempertimbangkan metabolism basal, aktivitas fisik dan kondisi khusus seperti kehamilan.
  2. Kebutuhan protein sebanyak 10-15% dari kebutuhan energi total
  3. Kebutuhan lemak sebanyak 20-25% dari kebutuhan energi total, dimana kurang dari 10% berasal dari lemak jenuh, 10% berasal dari lemak tidak jenuh ganda, dan sisanya berasal dari lemak tidak jenuh tunggal.
  4. Kolesterol dibatasi maksimal 300 mg per hari
  5. Kebutuhan karbohidrat sebanyak 60-70% dari kebutuhan energi total
  6. Konsumsi gula pasir harus dibatasi, kecuali jumlahnya hanya sedikit sebagai tambahan bumbu dalam masakan.
  7. Konsumsi gula alternatif baiknya juga dalam jumlah terbatas. Ada 2 jenis gula alternatif yang digunakan sebagai bahan tambahan pangan, yaitu gula alternatif yang bergizi dan gula alternatif yang tidak bergizi. Contoh gula alternatif yang bergizi adalah fruktosa dan gula alkohol. Sedangkan, gula alternatif yang tidak bergizi adalah aspartam dan sakarin.
  8. Asupan serat pangan sebanyak 25 gram per hari, terutama jenis serat larut air yang banyak terdapat dalam buah dan sayur.
  9. Penderita diabetes mellitus yang memiliki tekanan darah normal masih boleh mengonsumsi natrium dengan batasan maksimal 3000 mg per hari. Tapi, bila penderita memiliki hipertensi, maka asupan natrium harus sangat dibatasi dengan menerapkan Diet Garam Rendah.
  10. Konsumsi vitamin, mineral dan antioksidan cukup

 

Wih, syaratnya banyak, ya? Tapi, meski banyak, makanan yang disarankan untuk penderita diabetes mellitus tetap beragam dan terjangkau, loh!


Daftar Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes Mellitus

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes mellitus adalah makanan yang punya indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah skor (1-100) yang menggambarkan seberapa cepat makanan sumber karbohidrat diproses oleh tubuh menjadi glukosa. Makanan dengan indeks glikemik tinggi biasanya cepat diubah menjadi glukosa. Makanya, makanan seperti ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes mellitus!


Agar lebih jelas, yuk kita lihat tabel indeks glikemik beserta contoh makanannya di bawah ini!

 

Indeks Glikemik Skor Contoh Makanan
Rendah ≤55 Kedelai, apel, wortel, jeruk, gandum
Sedang 56-69 Nanas, ubi, labu
Tinggi ≥70 Nasi putih, roti tawar putih, gula pasir

 

Selain mengandung rendah indeks glikemik, makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes mellitus adalah makanan yang rendah lemak, rendah kolesterol dan tinggi serat. Makanan-makanan seperti ini bisa membantu mengontrol glukosa darah dan meningkatkan derajat hidup sehat!


Masih bingung dengan contoh makanannya? Berikut adalah bahan makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes mellitus.


  1. Sumber karbohidrat: beras merah, sereal gandum utuh, ubi-ubian
  2. Sumber protein hewani: ikan, putih telur, daging ayam tanpa kulit, yoghurt dan keju rendah lemak, susu rendah lemak
  3. Sumber protein nabati: tempe, tahu dan kacang-kacangan
  4. Sayuran: semua sayuran yang diolah dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak
  5. Buah: semua buah dalam bentuk segar, jus dan smoothie buah tanpa tambahan gula pasir
  6. Sumber lemak: minyak jagung, minyak canola, margarin tanpa garam


Banyak juga kan makanan yang bisa dimakan penderita diabetes mellitus? Dari bahan-bahan makanan yang disarankan, kamu bisa bikin bermacam-macam menu, loh! Selain tetap bisa makan enak, pastinya tubuh jadi lebih sehat. Jadi, yuk kita sama-sama jaga kesehatan!