Coba Resep Ayam Kaya Serat ini untuk Mendukung Diet

Ayam adalah sumber protein yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Di antara sumber-sumber protein hewani, adalah adalah yang paling mudah didapatkan. Mama bisa dengan mudah menemukan ayam di tukang sayur keliling maupun supermarket yang tak jauh dari tempat tinggal mama. Selain itu, daging unggas ini juga bisa dipakai dalam berbagai resep. 

Dan, kalau mama atau keluarga sedang ingin melakukan diet yang membutuhkan banyak protein sekaligus serat dan mineral, ayam adalah juga pilihan yang tepat. Mama bisa banyak temukan resep ayam yang bahan-bahannya juga kaya akan serat dan mineral. 

Berikut ini ada beberapa resep yang bisa dilihat dan dipilih apabila mama membutuhkan hidangan yang kaya protein sekaligus serat dan mineral. Menariknya, semuanya ada di website kesayangan kita Dapur Umami.



Ayam Gulung Sayur

Yang pertama ini cukup serbaguna karena bisa dijadikan lauk sekaligus cemilan. Hidangan kali ini jelas-jelas kaya akan protein karena ada ayam di sana. Namun, dia juga kaya akan mineral dan vitamin yang mudah ditemukan di dalam bahan-bahan sayuran pendukungnya. 

Untuk membuat ini, bahan-bahan pendukung yang dibutuhkan adalah wortel, mentimun, dan daun bawang. Untuk memastikan seperti apa kandungan gizi dari sayur-sayuran ini, mama bisa melihat lebih jauh di mesin pencarian. Yang pasti, wortel adalah sumber serat, vitamin A, dan vitamin C yang bagus. 

Kalau mama berkenan, bisa kok ditambahkan sawi atau kol di sini. Oh ya, dengan kegurihan Masako dalam resep ini, konon makanan ini cepat ludes!


Sawi Gulung Ayam

Cemilan kedua kita ini juga terlihat lezat sekaligus segar. Kesegarannya terlihat jelas dari luar, di mana sawi hijau pucat digunakan sebagai pembungkus isi yang terlihat berhias warna oranye dari wortel. 

Untuk membuat hidangan, kita membutuhkan sejumlah bahan dasar yang mudah, yaitu daging ayam, daging sapi, wortel, sawi, telur, tepung maizena, dan beberapa bahan lainnya seperti bisa ditemukan di sini. Terlihat kaya protein dan serat, kan? 


Sop Sayuran Ayam

Selanjutnya adalah resep bagi yang ingin mengkonsumsi protein serta serat dan mineral dengan karbohidrat sekaligus. Sop sayuran sederhana adalah resep yang tidak pernah jauh dari kehidupan kita karena kepraktisan dan kekayaan gizi yang dikandungnya. Bedanya kali ini adalah kita menggunakan banyak ayam. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk bahan-bahan sopnya, sepertinya mama tidak perlu lagi dipandu. Semua bahan sop sederhana bisa dimasukkan. 

Bedanya hanya pada proses memasak. Untuk hidangan ini, ada dua proses berbeda. Di proses pertama, mama perlu memanaskan minyak dan menumis ayam. Di proses kedua, mama perlu rebus air dan memasak sayuran seperti membuat sop sederhana. Baru setelah siap, ayam bisa dimasukkan sekaligus dengan bumbu Sajiku sayur sop.

Dari sini saja sudah bisa dibayangkan kesegarannya, kan, mama?


Sup Ayam Spesial ala Masako

Sup kali ini sekilas terlihat mirip dengan sop sayuran di atas. Bahan-bahannya tidak jauh berbeda, yaitu ayam dan sayur-sayuran yang lazim dalam sop sederhana. Tapi, kalau mama lihat lebih jauh, akan tampak bedanya. Sup ini memiliki kaldu dari ayam yang lebih kuat. 


Resep sup ayam spesial ini kaya akan protein dan mineral plus serat


Hal ini bisa terlihat dari proses memasaknya. Untuk membuat hidangan ini, mama perlu merebus daging selama beberapa saat hingga kaldunya keluar. Sementara itu, pada saat yang lain mama juga perlu menumis sayur-sayuran yang akan dipakai. 

Dengan cara seperti ini, sayur-sayuran tetap memiliki kekayaan mineral, vitamin, dan seratnya, sementara itu daging ini memberikan kaldunya yang lezat. Selain kekayaan protein, sayuran yang tetap segar dan renyah ini juga memberikan manfaat terbaiknya. 

Untuk mendapatkan hasil akhir dengan sesedikit mungkin lemak, mama bisa memilih menggunakan daging dada ayam untuk semua resep ini.