Cireng Rupa-rupa Resep Cemilan Sederhana di Musim Hujan

Di musim hujan seperti ini, ketika tidak ada sore tanpa rintik hujan dan semilir angin dingin, Mama pasti sering mendengar keluarga merengek minta cemilan. Ya, di saat seperti inilah resep cemilan sederhana bisa menyelamatkan Mama dan membuat keluarga tidak mati gaya. 


Jangan takut, Mama, ada banyak resep cemilan yang bisa kita eksplorasi di Dapur Umami. Salah satu yang paling sederhana adalah cireng, alias “aci digoreng,” atau adonan tepung tapioka yang digoreng. 


Mari kita lihat beberapa saja. Semoga ini cukup untuk memberi inspirasi bagi Mama untuk melewati hujan sore hari agar tidak mati gaya. 


Cireng original

Sebagaimana disinggung di awal, cireng adalah cemilan yang resep utamanya membutuhkan aci atau tepung tapioka. Namun, untuk menjadikannya gurih dan menggoyang lidah, Mama perlu menambahkan sejumlah bahan wajib lain. 


Untuk membuat satu resep cemilan untuk dua atau tiga orang, siapkan 250 gram tepung tapioka, setengah sendok teh garam, tiga siung bawang putih, bawang daun secukupnya, Masako®, dan air panas. Selain itu, Mama hanya perlu menyediakan minyak secukupnya untuk menggoreng.


Cara membuatnya sendiri cukup mudah. Pertama-tama geprek atau haluskan bawang agar bisa dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain. Campurkan semua bahan hingga menyatu. Kemudian tuangkan air panas secukupnya agar adonan bisa dibentuk. Campurkan adonan dengan air panas tapi jangan sampai kalis. 

Air panas dibutuhkan di sini agar nanti ketika digoreng adonan tidak meletup-letup. 


Setelah sudah dibentuk pipih sesuai selera, panaskan minyak. Ketika minyak sudah cukup panas (tetapi tidak terlalu panas), mulai goreng. Ketika adonan aci sudah terlihat sedikit berubah warna, angkat aci dan tiriskan. 


Selamat, Mama sudah punya aci original yang siap dihidangkan dengan berbagai saus, mulai dari kecap hingga bumbu pecel. 


Rujak Cireng

Setelah Mama punya cireng original atau tahu cara membuat cireng original, sekarang saatnya melakukan variasi dengan resep cemilan yang satu ini. Yang paling mudah adalah dengan melakukan variasi untuk sausnya. 


Di sini, Mama bisa mencoba membuat variasi saus cireng dengan menggunakan bumbu rujak. Untuk membuatnya, Mama hanya membutuhkan gula merah, cabe, garam, dan asam jawa. Haluskan semua bumbu ini dan beri air secukupnya. 


Silakan Mama nikmati cireng yang sudah digoreng tadi dengan bumbu rujak ini untuk mendapatkan rujak cireng!


Cireng Umami

Kali ini, dengan bumbu-bumbu yang sama, kita bisa melakukan sedikit variasi yang menghasilkan produk cireng yang istimewa. Bahan-bahannya tetap sama dan bisa dicampur seperti membuat cireng original. Bedanya, kali ini Mama perlu menambahkan kornet sapi. 


Setelah adonan cireng tercampur rata, pipirkan cireng dua kali lebih pipih dari biasanya, menghasilkan lebaran yang besar. Kemudian tuangkan satu sendoh teh kornet sapi di tengah lingkaran dan kemudian telangkupkan lembaran cireng seperti saat membuat pastel. 


Saat cireng sudah tertelangkup menjadi setengah lingkaran, Mama tinggal menggorengnya seperti menggoreng cireng pada umumnya. Angkatan dan tiriskan ketika cireng sudah berubah warna. 


Sekarang Mama bisa menikmati cireng bercitara umami karena kornet sapi dan penggunaan Masako® rasa sapi dalam adonan cireng!

Dengan resep cemilan sesederhana ini dan waktu memasak secepat ini, Mama sudah mendapatkan cemilan agar tidak mati gaya pada sore di musim penghujan!


Cireng Umami, termasuk resep cemilan sederhana yang cocok di musim hujan.