Cara Membuat Kering Kentang Agar Bisa Kriuk Lebih Lama

Kering kentang adalah makanan yang mudah ditemui di manapun, sebagai pelengkap mulai dari nasi uduk, hingga nasi kuning. Rasanya yang kriuk dan dapat digunakan untuk makan apa saja menjadikannya sajian pendamping yang serbaguna. Karena itulah mengetahui cara membuat makanan ini bisa banyak membantu Mama.


Bayangkan, tidak jarang lho si kecil makan nasi dengan hanya berlauk kering kentang. Makanya, tidak jarang juga Mama selalu menyiapkan ini di rumah agar bisa menemani lauk atau sayur apa saja. Yuk kita simak bagaimana cara membuat kering kentang ini!


potatoes-g37429fd1c_640.jpg

Dengan cara membuat yang tepat, kentang ini akan menjadi lauk serbaguna


Sebelum kita membahas cara membuat kering kentang, kita cari tahu dahulu manfaat kentang menurut kesehatan bagi tubuh kita. Kentang memiliki kandungan bernama Karotenoid yang berfungsi menjaga fungsi sel jantung kita. 


Vitamin yang dikandung kentang pun tidak kalah banyaknya, vitamin C dan B6 juga memiliki fungsi untuk membantu mengurangi radikal bebas pada tubuh. Kabar baiknya untuk mama yang sering mengalami sembelit, kentang kaya akan serat, sehingga dengan mengkonsumsinya dapat membantu proses pencernaan. 


Makanan yang tinggi serat artinya mencegah terjadinya kanker usus besar dan menjaga kadar gula dalam darah. Sejuta manfaat kan mam dengan mengkonsumsi kentang.


Cara membuat kering kentang yang kriuk

Untuk bahan utama tentu saja kentang sebanyak 1 kilogram yang telah di iris tipis, dan digoreng kering. Pastikan saat menggoreng kentang Mama menggunakan minyak dalam jumlah banyak agar kentang tidak saling lengket dengan lainnya. 


Untuk bumbu sangatlah simple, hanya perlu menghaluskan bawang putih ( 10 siung ), cabai merah sesuai selera, lengkuas geprek, daun jeruk, serai, garam gula dan AJI-NO-MOTO® , agar kering kentang Mama semakin nikmat untuk dimakan.


Untuk membuatnya Mama tumis semua bumbu hingga mengental dan tanak, jangan lupa tes rasa apakah sudah pas. Setelah itu masukkan kentang yang telah digoreng, aduk cepat dan merata hingga semua permukaan kentang terkena bumbu.


Resep kering kentang ini dapat dimodifikasi dengan berbagai isian yang dapat Mama padukan, bisa dengan teri nasi, kacang tanah, bahkan dengan tempe. Untuk resep kering kentang lainnya Mama bisa buka juga di Dapur umami.


Agar kering kentang kriuk dan tahan lebih lama Mama bisa menyimak tips berikut ini. Pertama, Mama harus memilih kentang dengan kualitas yang bagus, pilih kentang yang permukaannya halus, berwarna coklat kekuningan. 


Kedua, dalam memotong usahakan Mama memotong dan mengiris kentang dengan ukuran yang sama tebalnya, hal ini agar kentang matang merata bila digoreng, dan menghindari terjadinya gosong. 


Ketiga, kentang harus terus direndam dalam air yang bersih sebelum digoreng, agar kentang tidak mengalami oksidasi atau berubah warna. Ada juga cara lain, Mama bisa merendam kentang yang telah di iris tipis ini dengan larutan kapur sirih selama 15 menit, bilas lagi dengan air bersih baru digoreng dalam minyak panas.

 

Dan yang terakhir pastikan semua bumbu yang telah dihaluskan ini sudah mengental dan tanak, baru matikan api, masukkan kentang dan aduk cepat hingga merata. Karena kandungan air dalam bumbu yang kurang tanak inilah yang menyebabkan kentang menjadi cepat lembek dan tidak kriuk.

Mama siap untuk mempraktekkan resep ini di dapur, awas resep ini dapat membuat nafsu makan semakin naik lho!