Cara Membuat Bumbu Rendang Asli Padang, Enaknya Nendang - Dapur Umami

Cara Membuat Bumbu Rendang Asli Padang, Enaknya Nendang

Mau bikin rendang tapi bingung apa saja bumbunya? Ikuti variasi 3 cara membuat bumbu rendang yang sudah teruji saja. 


Terkenal sebagai makanan terenak no. 1 di dunia, rendang memiliki kelezatan yang tak diragukan. Makanan khas Sumatera Barat, andalan setiap rumah makan Padang, dan menjadi kebanggaan masyarakat Minangkabau ini, salah satu rahasianya adalah karena bumbu rendang menggunakan beragam rempah dengan cara masak yang membuatnya meresap sempurna.


Meski banyak beredar resep rendang, tapi cara membuat bumbu rendang original masih tetap jadi pilihan utama.

Pada postingan ini, Mama bisa mengetahui:

  • cara membuat bumbu rendang asli Padang
  • cara membuat bumbu rendang bubuk
  • resep rendang instan.

Simak caranya.


Resep Rendang Padang Asli

Bumbu rendang original asli Padang terdiri atas bumbu halus dan bumbu tambahan.

Bumbu halusnya terdiri atas 9 jenis rempah dengan daftar lengkap yaitu: bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, adas, dan pala.

Adapun bumbu tambahan terdiri atas sereh, daun jeruk daun salam, dan kelapa parut sangrai. Selain itu, ada juga tambahan rasa gurih dari santan kental.


Cara memasak rendang mulai dari menumis kesembilan bumbu halus tersebut dengan tambahan sereh geprek dan daun jeruk. 

Setelah mulai matang dan tercium aroma wangi, masukkan daging sapi dan santan kemudian masak dengan api kecil. Lakukan ini sambil diaduk hingga daging terasa empuk.


Rahasia resep rendang Padang hitam terletak pada penggunaan parutan kelapa yang disangrai. Masukkan kelapa sangrai tersebut ketika terasa mulai terlihat daging empuk lalu masak terus dengan api kecil sampai bumbu mengental.


Untuk kelezatan sempurna, Mama juga bisa menambahkan Masako® Rasa Sapi. Masako® Rasa Sapi terbuat dari ekstrak daging sapi asli pilihan yang pasti memperkaya rasa dan melezatkan masakan.


https://www.dapurumami.com/resep/rendang-sapi-ala-masako


Untuk takaran yang tepat, Mama bisa mengikuti resep Rendang Sapi Ala Masako yang telah teruji di Dapur Umami. Rasanya pasti nendang dan bikin nagih.


Cara Membuat Bumbu Rendang Bubuk

Selain untuk masak langsung, Mama juga dapat membuat bumbu rendang bubuk. Bumbu ini nantinya dapat Mama pakai kapan-kapan ketika sedang ingin memasak rendang.

Untuk membuatnya, ada 2 kelompok bumbu yang perlu disiapkan, yaitu bumbu halus dan bumbu rendang.


Kelompok bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, dan garam. 

Adapun untuk bumbu rendangnya terdiri dari santan, kelapa parut sangrai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serai, asam kandis, dan gula merah.


Image: freepik


Cara memasaknya tak perlu dengan menumis. Langsung saja tuangkan santan ke dalam wajan dan masukkan bumbu halus yang telah digiling. Aduk merata.

Masukkan bumbu rendangnya, kecuali kelapa parut, lalu masak terus dengan api sedang sampai santannya menyusut dan keluar minyaknya.


Tambahkan kelapa parut sangrai dan lanjutkan memasak dengan api kecil sampai tak terlihat lagi sisa santan, tinggal minyaknya. Angkat dan bumbu rendang pun siap untuk Mama gunakan atau simpan sebagai cadangan.


Bumbu ini bisa Mama pakai untuk masak rendang nantinya dengan isi yang bermacam-macam. Bisa menggunakan daging sapi atau ayam dengan campuran jengkol ataupun nangka muda.


Resep Rendang Instan

Selain membuat bumbu sendiri, Mama juga bisa memasak resep rendang simple dengan menggunakan bumbu rendang instan.


Untuk ini, Mama dapat menggunakan Sajiku® Bumbu Rendang yang terdiri dari rempah pilihan. Semua jenis rempah yang Mama perlukan untuk membuat bumbu rendang sudah ada di dalamnya sehingga tak perlu pusing lagi mencari satu per satu.


https://www.dapurumami.com/resep/rendang-ayam-ala-sajiku-EUGZT


Untuk menggunakannya, siapkan bahan utama, bisa daging ayam, sapi, atau yang lainnya. Bisa juga menambahkan kentang kecil atau jengkol geprek untuk bahan tambahan.

Pertama, tumis cabe merah halus (takaran pedas sesuai selera). Tambahkan bahan utama dan tambahan di atas dan masak hingga matang.


Masukkan santan dan tambahkan Sajiku® Bumbu Rendang, kemudian masak hingga santan menyusut. Menu rendang pun siap santap. Instan, cepat, dan lezat.

Untuk panduan, Mama dapat mengikuti takaran yang ada di resep Rendang Ayam Ala Sajiku® yang sudah teruji di Dapur Umami.


Jadi, mana yang lebih Mama suka, apakah dengan cara membuat bumbu rendang langsung, pakai stok sebelumnya, atau dengan bumbu rendang instan? 


Yang manapun, Mama tetap harus sabar saat memasak rendang. Ini karena walau sudah pakai bumbu rendang instan, tetap butuh waktu hingga 60 menit agar bumbunya dapat meresap sempurna. Selamat memasak, ya, Ma. Tidak perlu menunggu momen seperti Idul Adha dan sebagainya lagi.