American Breakfast, Cara Membuat Pagi Hectic Lebih Longgar

Kalau Mama sering resah pada tengah minggu karena pagi terasa hectic, sebenarnya ada cara membuat sarapan yang lebih sederhana: yaitu American breakfast. Sarapan ala orang Amerika bisa dibuat dengan cepat. 


Buat sebagian besar orang Indonesia yang diet sarapannya terdiri dari nasi, sarapan ini mungkin terkesan ringan. Tapi, kalau kita melihat adanya protein, kalori, karbohidrat, dan serat dalam American breakfast, kita akan sadar bahwa sarapan jenis ini adalah sarapan sesungguhnya.


Kalau yang Mama dan keluarga butuhkan di pagi hari adalah waktu penyiapan yang cepat dan intake kalori yang bisa dipakai untuk mengawali hari, maka sarapan ala Amerika ini akan cocok buat Mama. 



Salad buah

Untuk membuka sarapan dengan cepat, Mama dan keluarga bisa menyiapkan buah potong dengan ukuran sesuai selera. Atau, kalau ingin lebih membangkitkan selera makan, salad buah dengan mayonaise manis adalah pilihan yang bagus. 


Mama bisa memilih cara membuat salad buah paling sederhana. Potong-potong dadu semua buah yang tersedia. Semangka, melon, nanas dan pisang adalha pilihan yang nyaris selalu bisa didapatkan. Kemudian tambahkan Mayumi® saus mayo serbaguna sebagai dressingnya. Dijamin selera makan langsung tergugah.


Omelet

Untuk sumber kalorinya, Mama bisa menggunakan beberapa pilihan. Omelet adalah pilihan pertama yang paling mudah. Untuk hidangan pagi yang tinggi protein, Mama bisa menggunakan susu cair dan keju saat membuat omelet. Bila ingin omelet yang lebih berisi, mama bisa menambahkan sedikit tepung serbaguna Sajiku® ke dalam omelet.


Atau, bila sedang ada sayuran di dalam kulkas yang bisa dipakai, Mama bisa memilih membuat Omelet Sayur ala Masako® yang cara membuat dan bahan-bahannya bisa ditemukan di laman Dapur Umami ini.


Telur Orak-Arik dan Roti Panggang

Pilihan kedua untuk menu utama, bila sedang tersedia roti di rumah, adalah dengan membuat telur orak-arik. Telur adalah bahan makanan yang sejak awal sudah terasa gurih. Untuk membuat telur orak-arik yang menggugah selera, Mama tinggal menambahkan garam dan lada hitam (boleh pada saat mengocok telur maupun saat memanaskan telur. 


Bila Mama ingin membuat telur orak-arik yang juga mengandung sayur, ada satu pilihan resep dengan cara membuat yang cukup sederhana, yaitu telur orak-arik sayur ala SAORI®


Untuk membuat telur orak-arik sayur ala SAORI® ini, yang Mama perlukan adalah wortel, jagung muda, buncis, SAORI® saus tiram, dan telur. Selain itu, garam dan lada juga dibutuhkan untuk meningkatkan rasa gurih. 


Cara membuatnya adalah dengan pertama-tama menumis semua sayur yang sudah dipotong-potong. Ketika sayur baru setengah matang, masukkan SAORI® saus tiram dan lanjutkan menumis hingga sayuran ¾ matang. Selanjutnya masukkan telur yang sudah dikocok. Terakhir yang perlu Mama lakukan adalah mengorak-arik hingga telur cukup matang. 


Telur orak-arik yang tanpa sayur maupun dengan sangat cocok dinikmati dengan toast. Kalau di rumah tidak ada toaster, Mama bisa menggunakan pan untuk memanaskan roti agar sedikit kering dengan margarin.


Pancake atau Wafel

Di kalangan orang Amerika, sarapan yang bisa dibuat dengan cepat adalah pancake dan wafel, yang bisa dibuat dengan tepung yang sudah jadi maupun dalam keadaan tinggal di-microwave. Bagi kita di Indonesia, sarapan pagi yang manis seperti ini tidak begitu populer. 


Kopi atau Teh

Namun, kalau ada satu hal yang membuat sarapan ala Amerika ini lengkap, hal tersebut adalah kopi, teh, atau jus buah. Di Amerika Serikat sendiri, kopi pahit adalah teman sarapan yang sangat umum bagi orang dewasa maupun orang dewasa awal. 

Atau, bagi mereka yang tidak suka minum kopi, misalnya anak-anak, pilihan minuman yang paling populer adalah jus jeruk peras. Dengan jeruk peras ini, kebutuhan vitamin C pun akan dapat tercukupi. 


Bagaimana, Mama? Apakah masih ngeri membayangkan akan membuat apa untuk sarapan di hari kerja besok? American breakfast ini adalah cara membuat pagi di hari kerja lebih ringan tanpa harus mengorbankan kelengkapan asupan gizi keluarga. Selamat aktif dan produktif!