Artikel & Tips 7 Lauk Pendamping Sayur Lodeh yang Nikmat Gila, Cocok!
7 Lauk Pendamping Sayur Lodeh yang Nikmat Gila, Cocok!

7 Lauk Pendamping Sayur Lodeh yang Nikmat Gila, Cocok!

28 Sep 2022, 09:09

Sayur lodeh merupakan hidangan berkuah dengan cita rasa gurih, manis, dan pedas segar yang banyak orang suka. Sayur lodeh khas Jawa yang tinggi gizi yang identik dengan buah melinjo kacang panjang potong, labu siam, daun salam, nangka muda, daun melinjo, dan jagung manis ini memang memikat selera.


Namun, terkadang orang bingung mencari variasi lauk pendamping sayur lodeh yang cocok.


Untuk Mama yang tak ingin ambil pusing, Dapur Umami akan membagikan inspirasi pasangan lauk yang cocok untuk resep sayur lodeh.

Berikut ada 7 inspirasi lauk pauk pendamping sayur lodeh yang sudah pasti cocok dan bikin kenikmatan sayur lodeh semakin menggila.


Ikan Asin

Image: freepik 


Di urutan pertama, tentu saja pasangan terbaik sayur lodeh adalah ikan asin. 

Tak ada yang bisa menyangkal kenikmatan menyantap sayur lodeh dengan ikan asin. Sensasi asin yang renyah dapat berpadu sangat baik dengan rasa gurih dan pedas manis dari sayur lodeh.


Akan tetapi, tentu tidak semua jenis ikan asin akan cocok. Setidaknya, ada 3 jenis ikan asin yang bisa Mama pasangkan dengan sayur lodeh.


Pertama ada ikan peda yang terbuat dari ikan kembung. Kemudian, ikan tenggiri dan jambal roti pun bisa melengkapi sayur lodeh dengan sempurna.

Selanjutnya, ikan teri juga cocok. Tapi yang ini lebih baik jika dalam bentuk sambal teri.


Tahu Tempe Goreng Ketumbar

https://www.dapurumami.com/jurnal-umami/post/127 


Di urutan selanjutnya, pasangan lauk yang cocok untuk pendamping sayur lodeh adalah makanan merakyat, tahu dan tempe.


Tentu Mama sudah tak asing lagi dengan lauk ini. Namun, agar lebih nikmat, Mama bisa memasaknya dengan bumbu ketumbar.


Caranya cukup campurkan air, ketumbar, dan garam, lalu celupkan tempe dan tahu ke dalamnya. 


Bila perlu, Mama juga bisa menambahkan Masako® Rasa Ayam pada larutan tersebut dan menambahkan adonan tepung dan bawang putih. Setelah itu baru goreng tahu dan tempe seperti biasa.


Hasilnya, tahu dan tempe akan akan terasa lebih gurih dan sedap.


Bakwan Sayur

https://www.dapurumami.com/resep/bakwan-sayur-udang-rebon-ala-sajiku


Gorengan memang sudah yang paling cocok untuk bersanding dengan sayur lodeh. Tak terkecuali bakwan sayur yang legendaris.


Tentu saja, untuk membuatnya istimewa, Mama bisa membuat variasi Bakwan Sayur Udang Rebon. Isian sayur dan udangnya membuat setiap gigitan terasa gurih dan lezat.


Bahannya hanya udang rebon, wortel, dan buncis sebagai isian. Adapun untuk tepungnya, Mama bisa menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy, satu bungkus Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy bisa Mama campurkan dengan 130 ml air. Setelah menambahkan isian dan mengaduknya, tinggal goreng seperti biasa.


Telur Dadar

https://www.dapurumami.com/resep/telur-dadar-ala-masako


Lauk lain yang cocok untuk disantap bersama sayur lodeh adalah telur dadar. Menu yang murah meriah dapat melengkapi sayur lodeh dengan sempurna, baik dari segi rasa, maupun sumber gizinya.


Agar lebih menggugah selera, Mama bisa membuat variasinya dalam bentuk telur dadar pedas atau telur dadar sehat.


Untuk telur dadar pedas, campurkan dengan potongan cabai merah maupun rawit sesuai selera. Sedangkan untuk telur dadar sehat, Mama bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan daun bawang.


Contohnya seperti resep Telur Dadar ala Masako yang telah teruji di Dapur Umami ini.


Perkedel Kentang

https://www.dapurumami.com/resep/perkedel-kentang-sajiku-T1Fv4


Menu campuran telur dan kentang ini juga sangat cocok berpadu dengan sayur lodeh. Kombinasi rasa umami dari kedua bahan tersebut punya kemampuan menggoyang lidah yang hebat.


Agar makin umami, Mama dapat menambahkan bahan kornet dan Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy ke dalam adonan.


Jadi, tak perlu tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih atau lainnya. Cukup telur dan seledri sudah cukup asal menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy sebagai bumbu instannya.


Udang Goreng Crispy

https://www.dapurumami.com/resep/udang-renyah-cabai-rawit-a9rTq


Lauk renyah lainnya yang juga cocok dengan sayur lodeh adalah udang goreng tepung. Tambah dengan sambal, lauk ini bakal jadi pasangan serasi untuk lodeh tersebut.

Untuk membuatnya, Mama dapat menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu.


Caranya dengan membuat adonan basah dan adonan kering dari tepung bumbu tersebut. Kemudian, celupkan udang ke dalam adonan basah terlebih dahulu, baru gulirkan di adonan kering.


Udang yang sudah terlumuri tepung tersebut lalu digoreng hingga renyah. Jangan lupa tambahkan sambal seperti pada resep Udang Renyah Cabai Rawit dari Dapur Umami


Ayam Goreng

https://www.dapurumami.com/resep/ayam-goreng-lengkuas-sajiku-WJYla


Kandidat lain untuk berpasangan dengan sayur lodeh, tak lain tak bukan, adalah ayam goreng. Menu ini memang cocok untuk berpasangan dengan beragam jenis sayur.


Mau ayam goreng crispy ataupun ayam goreng bumbu lengkuas, semuanya bakal terasa pas dengan lodeh. Mama tinggal contek saja di Resep Ayam Goreng Lengkuas atau Ayam Goreng Kriuk.


Jadi, tak perlu bingung lagi mencari lauk pendamping sayur lodeh. Tinggal pilih 1 dari 7 inspirasi lauk di atas, dijamin bakal nikmat dan puas.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.