6 Tips Masakan Keasinan: Bagaimana Cara Mengatasinya? - Dapur Umami

6 Tips Masakan Keasinan: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tahukah Mama akan istilah bijak garam? Bijak garam merupakan upaya menjaga penggunaan garam agar nggak berlebihan, tanpa mengurangi cita rasa. Namun, ada kalanya Mama tak sengaja menambahkan garam yang terlalu banyak saat memasak. Ini tentu membuat masakan menjadi keasinan dan hilang sedapnya. 


Namun jangan kuatir, berikut trik dan tips masakan keasinan agar mengurangi rasa asin dan tetap mempunyai cita rasa nikmat dan nggak mubazir. 


Tips Menyelamatkan Masakan Keasinan  

Garam mengandung senyawa NaCL (Natrium Klorida) yang familier disebut sebagai garam dapur. Pada dasarnya, manusia membutuhkan natrium agar menjaga elektrolit/cairan tubuh tetap seimbang. Namun, setiap orang dewasa hanya membutuhkan garam dengan jumlah maksimal 5g per hari. 


Garam sendiri banyak digunakan untuk penambah cita rasa masakan, serta pengawet yang alami. Tapi, masakan yang terlalu asin dapat meningkatkan risiko hipertensi, perasaan sering haus, sakit kepala, dan penyakit lainnya. Jadi, masakan yang keasinan bukan hanya nggak enak tetapi juga berbahaya, ya Ma. 


Oleh sebab itulah, Mama harus mengurangi konsumsi garam agar tubuh dapat terhidrasi dan menjadi lebih berenergi. Nah, berikut ini sederet trik untuk menetralisir masakan keasinan agar tetap sedap tanpa mubazir. 


Memanfaatkan Potongan Kentang


Cara mengatasi masakan keasinan yang pertama adalah memanfaatkan potongan kentang. Caranya, masukan potongan kentang ke dalam masakan yang asin, biarkan hingga berubah warna.

 

Kentang yang menjadi transparan menandakan telah menyerap kandungan garam dalam masakan tersebut. Selanjutnya, angkat kentang dan cicip kembali masakan yang telah Mama buat. Langkah ini cocok untuk masakan berkuah. 


Menambahkan Air



Selain menggunakan kentang, Mama juga bisa menambahkan air pada masakan keasinan. Trik ini bisa menjadi cara mengurangi asin pada masakan yang cukup efektif, lho.  


Akan tetapi, yang perlu Mama ingat jangan kembali mendidihkan masakan setelah menambah air. Karena hal ini akan kembali memicu rasa asin keluar. Oleh karena itu, selalu gunakan air matang, ya Ma. 


Menabur Sedikit Gula



Gula bisa menjadi penetral untuk mengatasi nasi goreng keasinan. Namun, jangan asal memasukkan takaran gula dalam jumlah banyak, Ma. cukup taburkan sejumput gula sembari mengaduk masakan yang asin. Sebab, memasukkan gula hanya akan membuat masakan terasa aneh. 


Menambahkan Bahan Lain



Ada mitos yang beredar bahwa masak keasinan tandanya ingin cepat-cepat menikah. Tentu saja ini hanya mitos belaka. Masak keasinan murni karena memasukkan takaran garam yang berlebihan saja, bukan karena kebelet kawin. 


Untuk mengatasi hal tersebut, Mama bisa menambahkan bahan lainnya ke dalam masakan. Misalnya, mengatasi nasi goreng keasinan dengan menambahkan nasi putih untuk menetralkan rasa asin. 


Menambah Krim



Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Mama juga bisa menggunakan krim atau susu ke dalam masakan yang keasinan. Ada beberapa masakan yang cocok bila ditambahkan krim/susu, misalnya sup krim jagung atau lainnya. Untuk info resep sehat Ala Mama.


Cuci Masakan



Langkah ini merupakan trik terakhir yang bisa Mama lakukan saat masakan keasinan. Caranya, kurangi kadar air kemudian tambahkan dengan air yang baru. Mama bisa mengurangi takaran penggunaan garam, dan tambahkan Masako┬« sebagai penyedap rasa. Dengan begitu, Mama bisa memperkuat rasa asin tanpa banyak menggunakan garam dengan penyedap rasa. 


Demikianlah, tips masakan keasinan yang bisa Mama coba saat kebanyakan menuang garam ke dalam masakan. Semoga membantu, ya Ma.



Source of thumbnail: Cutting Potato by pick-uppath