5 Resep Tahu Telur : Dari Bumbu Kacang, Opor, hingga Semur!

Olahan tahu telur sajian khas Surabaya, khas Jawa Timur memang pilihan terbaik jika Mama ingin menyiapkan makanan dengan kriteria murah, praktis, dan bergizi tinggi. 


Namun, jangan sampai juga Mama mengolahnya asal-asalan, ya! Bagaimana kalau anak dan suami akhirnya malas menyantapnya? Masalah, kan?


Kalau Mama gak mau itu terjadi, gunakan salah satu resep rekomendasi dari Dapur Umami berikut ini saja! Oke?


Tahu Telur Bumbu Kacang ala Masako®


Ada yang mampir kesini gara-gara mencari resep tahu telur bumbu yang legendaris? Sekarang, tak perlu lagi nunggu waktu bisa plesir ke Surabaya untuk menikmatinya. Cukup ikuti resep Dapur Umami, Mama bisa rasakan kelezatannya di rumah bersama keluarga.


Cara membuat campuran tahu telurnya, siapkan dulu wadah berisi telur, kocok telur, dan bumbui dengan Masako® Rasa Sapi. Kemudian, aduk rata dan masukkan tahu putih serta daun bawang yang sudah diiris dan goreng hingga matang.


Sementara untuk bumbu saus kacang, bisa Mama lakukan dalam dua langkah. Pertama, haluskan semua bahan yang terdiri dari kacang tanah, cabai rawit, bawang putih, gula jawa, kecap manis, Masako®, serta air. Kedua, panaskan minyak lalu goreng telur dan masak semua bahan hingga teksturnya mengental.


Sekarang, tahu telur dan bumbu siap untuk ditata! Jangan lupa masukkan juga tauge agar benar-benar mirip dengan kuliner yang pernah Mama temui di Surabaya.


Opor Tahu Telur ala Masako®


Idealnya sih, resep ini Mama sajikan saat lebaran. Tapi, kalau Mama lagi kangen dengan kuah opor yang kental plus nagih, gak salah juga untuk membuat opor sekarang. Kalau belum sempat belanja daging ayam, memanfaatkan stok tahu dan telur di kulkas juga oke.


Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, jahe, kunyit, dan ketumbar bubuk. Ketika sudah harum, masukkan tahu dan telur rebus yang sebelumnya sudah Mama goreng.


Selanjutnya, tuang santan encer, gula secukupnya, serta Masako® Rasa Sapi yang rasanya umami. Kini, Mama hanya perlu menunggu semuanya mendidih, meresap merata dan matang. Menyantapnya pakai nasi panas, pasti bikin ngiler!


Semur Telur Tahu ala AJI-NO-MOTO®


Bikin semur gak perlu nunggu punya uang untuk beli daging. Kombinasi tahu telur bumbu kecap dalam kuah kental dan hangat khas semur, bisa jadi alternatif yang menggugah selera juga lho, Ma! Mau buktiin? Yuk cobain!


Untuk membuatnya, mulai dengan menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta kemiri. Selanjutnya, tuang air, potongan kentang, irisan wortel, lalu aduk. Saat kentang dan wortel sudah setengah matang, barulah masukkan tahu, telur rebus, serta kecap manis.


Terakhir, tuang AJI-NO-MOTO®, cabai merah, garam, serta pala. Sisanya, Mama hanya perlu menunggu sampai tahu dan telur matang serta bumbunya meresap. Oh ya, apinya kecil aja ya, Ma!


Telur Tahu Kukus ala Masako®


Kombinasi tahu telur, bisa juga jadi hidangan diet. Keduanya punya nutrisi seperti protein dalam jumlah memadai untuk mendukung kesuksesan program yang sedang Mama jalani. Apalagi, jika memasaknya dengan teknik kukus.


Langsung saja, siapkan ulekan. Lalu, campurkan bawang merah, kencur, cabai, merica, garam, Masako®, dan tahu. Ulek-ulek sebentar, masukan telur, lalu ulek lagi semuanya sampai benar-benar hancur dan tercampur.


Finally, taruh adonan di wadah beralas kertas roti dan kukus sekitar 15 menit. Saat matang, tata dengan menarik agar menggugah selera saat menyantapnya.


Tahu Telur Wortel ala Masako®


Apakah ada resep tahu telur untuk anak yang enak, bergizi, dan menggugah selera? Ada dong. Selain bisa menjadi lauk makan, resep ini cocok juga Mama sajikan kepada anak-anak sebagai camilan.


Jika ingin membuatnya, siapkan dulu bahan utamanya yang berisi tahu yang sudah halus (hancur), telur, serta tepung maizena. Kemudian, tambahkan bumbu halus yang terdiri dari wortel parut, bawang putih, garam, merica, serta Masako®. Lalu, aduk semuanya sampai merata.


Sebelum digoreng, Mama bisa membentuk adonan sesuai selera dan melapisinya dengan tepung roti untuk memberi efek crispy yang anak senangi. Bagaimana, mudah bukan?


Semua resep tahu telur di atas sebenarnya sederhana. Namun, bakal jadi luar bisa jika Mama pastikan memakai produk AJI-NO-MOTO® sebagai salah satu komponen bumbunya. Jadi, mau cobain yang mana, Ma?