5 Resep Masakan yang Bisa Dibuat Bareng Anak 5 Tahun

Ciptakan masa kanak-kanak yang kaya pengalaman. Cek apa saja resep masakan yang mudah dibuat yang cocok dimasak bareng anak-anak di rumah berikut ini. 

sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-and-child-baking-cookies-4149018/ 


Memasak bersama anak merupakan kegiatan yang produktif dan efektif untuk membangun kreativitas dan kedekatan. Tentunya, resep masakan yang akan dibuat perlu melalui pertimbangan agar tidak terlalu sulit.


Jika Mama sedang mencari apa resep masakan rumahan sekaligus resep masakan yang bisa dibuat anak-anak, 5 resep berikut bisa jadi sumber inspirasi.


Nugget Tahu Tempe


Anak-anak biasanya sangat menyukai makanan beku seperti sosis, nugget, otak-otak, dan semacamnya. Daripada membeli, Mama bisa membuatnya sendiri dengan versi yang lebih sehat, yaitu nugget tahu tempe.


Bahan utamanya sangat murah dan tersedia di mana-mana, yaitu tempe, tahu, dan telur. Meski tak menggunakan daging ayam atau daging sapi, rasanya terjamin dan tidak akan kalah lezat dari nugget di pasaran.


Campurkan sepapan tempe dan sepotong tahu yang sudah dihaluskan dengan 2 butir telur dan 2 sdm tepung terigu. Selanjutnya, tambahkan pula daun bawang, seledri, serta 1 bungkus Tepung Sajiku® Tahu & Tempe Goreng dan buat adonan.


Setelah itu, bentuk adonan menjadi kotak-kotak. Sebelum menggoreng, panaskan minyak goreng terlebih dahulu, lumuri dengan telur kocok dan lapisi dengan tepung panir. Goreng hingga berwarna kekuningan. Setelah matang masukkan ke wadah penyajian dan siap disajikan.


Otak-Otak Tahu


Selain nugget, otak-otak juga biasa masuk dalam daftar makanan yang disukai oleh anak-anak. Agar mereka tidak tergoda untuk jajan sembarangan, Mama bisa mengajaknya membuat bersama di rumah.

Bahannya mudah, yaitu tahu putih, tepung terigu, dan tepung tapioka atau tepung sagu. 

Untuk bumbu dan bahan pelengkapnya agak banyak jenisnya. Agar lebih jelas apa saja bahan dan bagaimana cara membuatnya, perlu bawang merah bawang putih kah, atau seasoning seperti kecap manis atau kecap asin, Mama bisa melihat di Resep Otak-Otak Tahu Ala Masako.

Bagian menggorengnya bisa Mama yang lakukan, sedangkan anak-anak bisa membantu membuat adonan serta membentuknya jadi otak-otak.


Bakso Sayur Umami


Bila anak tidak suka sayur, gunakan resep untuk anak yang susah makan berikut, yaitu Bakso Sayur Umami. 


Bahan utamanya adalah daging giling, tepung kanji, dan potongan halus sayur bayam dan wortel. Sedangkan bumbunya cukup menggunakan bumbu halus bawang putih, merica bubuk, dan aduk rata dengan AJI-NO-MOTO®. AJI-NO-MOTO® sudah sangat baik menawarkan kesedapan rasa tanpa perlu bumbu lain seperti kaldu jamur dan sebagainya.

Caranya campurkan semua bahan utama dan bumbu, buat adonan, dan bentuk bulat-bulat seperti bakso. Untuk kuahnya, cukup didihkan air secukupnya dan berikan AJI-NO-MOTO® serta sedikit merica bubuk atau cabai rawit atau sambal dari cabai merah sesuai selera (abaikan jika si kecil belum bisa mengonsumsi pedas).


Salad Roll Udang


Selain Bakso Sayur, Salad Roll Udang bisa jadi resep untuk anak yang susah makan sayur. 


Di sini ada sayur kol, selada air, wortel, dan mentimun yang bisa jadi sayuran pelengkapnya. Sedangkan bahan utamanya adalah udang kupas rebus dan rice paper sebagai pembungkusnya.


Untuk bumbunya, cuma perlu menggunakan 1 bungkus Mayumi® Pedas 100 gr, tanpa tambahan bumbu apa-apa lagi.

Karena tidak perlu menggoreng, jadi resep ini sangat aman untuk Mama lakukan bersama anak-anak. Tentu saja sebelumnya sayurannya sudah dipotong-potong terlebih dahulu, ya.


Frozen Mix Salad Mayumi®


Selain masakan utama, Mama juga bisa membuat dessert atau makanan penutup bersama anak-anak. Di antara menu dessert yang bisa dibuat bareng anak adalah Frozen Mix Salad Mayumi®.


Untuk membuat menu ini, Mama bisa menggunakan buah anggur, strawberry, kurma, apel, dan kiwi. Sebagai sausnya, gunakan campuran susu cair, kental manis, gula merah cair, dan Mayumi® Creamy Serbaguna.


Potong kecil-kecil semua buah dan masukkan ke dalam wadah cup plastik. Tuangkan campuran susu cair, kental manis, dan Mayumi® Creamy ke dalam wadah lalu masukkan ke dalam freezer.


Selanjutnya tinggal menunggu menu makanan penutup tersebut mendingin dan siap santap.

Jadi, tak perlu bingung lagi untuk mengadakan kegiatan bersama anak. Membuat resep masakan mudah untuk anak juga bisa jadi kegiatan menyenangkan yang melatih keterampilan dan membangun kedekatan.