Artikel & Tips 5 Resep Gulai Spesial yang Enak, Lezat, dan Simpel
5 Resep Gulai Spesial yang Enak, Lezat, dan Simpel

5 Resep Gulai Spesial yang Enak, Lezat, dan Simpel

07 Dec 2022, 16:12

Gurihnya gulai memang tak dapat ditolak. Variasi 5 resep gulai berikut bisa jadi alternatif menu sehari-hari yang menggugah selera keluarga.

Kelezatan masakan gulai daging sudah terkenal seantero nusantara. Santan yang gurih dengan bumbu yang kaya membuat siapapun yang mencium aroma ini langsung terbetik air liurnya. Buat Mama yang mau bikin masakan gulai untuk keluarga, bisa coba 5 resep spesial dari Dapur Umami berikut. Pastinya bakal enak, lezat, dan tidak ribet masaknya.


1. Gulai Kambing Umami

sumber: Dapur Umami


Resep gulai kambing berikut sangat spesial karena tetap cocok untuk dimakan bersama nasi, tortilla, atau roti cane sekalipun. Bahan tambahannya hanya pakai nangka muda rebus yang dipotong/rajang kasar. Bumbunya menggunakan saus sambal, kari bubuk, serai, daun salam, dan daun jeruk bawang merah bawang putih. Tentunya ada juga santan khas gulai, serta garam, dan AJI-NO-MOTO® biar makin umami. Tuang santan kental dan semua bumbu gulai serta potong potong daging kambing sekaligus potongannya masukkan ke dalam panci dan masak sampai daging empuk. Setelah itu, baru tambahkan nangka rebus dan AJI-NO-MOTO®, serta garam untuk koreksi rasa. Simpel sekali, kan? Untuk takarannya, ikuti saja resep Gulai Kambing Umami ini.


2. Gulai Kambing ala Sajiku®

sumber: Dapur Umami


Mau yang lebih ringkas, tanpa perlu menyiapkan bumbu lagi? Gunakan saja Sajiku® Bumbu Gulai Padang yang terbuat dari cabai, lengkuas, kunyit, dan rempah pilihan lainnya. Cara membuatnya, Mama cukup menyiapkan daging kambing, santan, dan daun jeruknya saja. Sisanya tinggal tambahkan Sajiku® Bumbu Gulai Padang untuk cita rasa pedas gulai Padang khas Sumatera Barat. Cara masaknya, panaskan air dan santan, lalu masukkan daging kambing rebus dan daun jeruk. Setelah itu tinggal tambahkan Sajiku® Bumbu Gulai Padang dan panaskan dengan api kecil sampai kental dan agak berubah warna. Jadi, deh gulai kambing khas Padang-nya. Intip takarannya di Resep Gulai Kambing ala Sajiku® sini ya, Ma.


3. Gulai Asam Daging

sumber: Dapur Umami


Gulai biasanya berasa gurih dan agak pedas, tapi kalau yang asam begini, pasti lebih segar. Buat Mama yang ngidam masakan asam, wajib coba resep gulai sapi ini. Bahannya cuma daging sapi plus sayur kol saja. Adapun bumbunya pakai cabai merah dan rawit merah, kecap manis dan santan, serta Sajiku® Bumbu Sayur Asem yang bikin segar. Iris-iris bumbu dan sayurnya, lalu panaskan minyak dan tumis potongan daging dan irisan sayur plus bumbu tadi. Setelah tercampur merata, masukkan air dan santan, kecap manis serta bumbu rahasia Sajiku® Bumbu Sayur Asem. Matangkan dan tara … masakan pun siap Mama sajikan untuk keluarga. Untuk lengkapnya, Mama bisa lihat di resep Gulai Asam Daging ini.


4. Kakap Panggang Saus Gulai

sumber: Dapur Umami


Tidak hanya daging sapi dan kambing, ikan laut juga lezat untuk dijadikan gulai. Contohnya seperti kakap panggang yang kaya protein dan rendah lemak ini. Bahan utama cuma satu ini saja. Adapun untuk saus gulainya Mama perlu menghaluskan bawang merah dan putih, cabai merah besar dan keriting, serta ketumbar dan kemiri. Selain itu, ada juga bumbu cemplung berupa santan plus air, daun jeruk, dan pastinya, Masako® Rasa Ayam. Cobain resep lengkapnya di Kakap Panggang Saus Gulai ala Masako® berikut. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan nasi daun jeruk dan tumis bayam mentega agar kelezatannya makin sempurna.


5. Gulai Daun Singkong

sumber: Dapur Umami


Pengen makan gulai tapi juga butuh tambahan serat? Berarti Mama perlu mencoba resep gulai daun singkong ini. Cukup pakai daun singkong dan tambahan teri agar terasa gurih. Adapun bumbunya cuma cabai merah, serai, dan kari bubuk. Tentunya bahan khas gulai seperti santan serta Masako® Rasa Sapi tak boleh ketinggalan. Masaknya mudah. Rebus daun singkong sampai layu lalu tiriskan. Tumis bumbu dan masukkan ikan terinya. Tambahkan sisa bahan plus Masako® Rasa Sapi dan masak sampai matang. Jangan lupa menyantapnya dengan nasi hangat agar makin mantap. Biar tidak salah takaran, intip resepnya di Gulai Daun Singkong berikut. Resep gulai spesial di atas terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tinggal pilih saja mana yang sesuai selera Mama. Jangan lupa cek resep lainnya dari Dapur Umami ya.




Source of thumbnail: Gulai Tunjang, Daging Sapi Tendon Rebus Saus Kelapa, Sumatera Barat by Ika Rahma
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.