Artikel & Tips 5 Resep Bakwan Jagung Simpel yang Renyah Tahan Lama
5 Resep Bakwan Jagung Simpel yang Renyah Tahan Lama

5 Resep Bakwan Jagung Simpel yang Renyah Tahan Lama

28 Sep 2022, 09:09

Pernah masak bakwan jagung tapi hasilnya lembek? Ikuti 5 resep bakwan jagung simple berikut untuk hasil empuk dan tidak keras, serta renyah tahan lama.


Bakwan jagung merupakan camilan lezat yang cocok untuk menemani sore maupun malam hari. Tak perlu beli, Mama dapat membuat sendiri camilan lezat ini di rumah.


Ada banyak resep bakwan jagung yang bisa Mama coba. Kali ini, Dapur Umami akan membagikan 5 resep bakwan jagung mulai dari yang simpel, spesial, hingga renyah tahan lama.

Yuk, simak resepnya!


Resep Bakwan Jagung Simple


Bahan utama bakwan jagung adalah jagung manis yang masih muda. Ini sangat penting agar bakwan yang Mama buat tidak bertekstur keras dan menyulitkan untuk memakannya.


Untuk resep bakwan jagung sederhana, adonannya cukup menggunakan tepung terigu dan tepung beras saja dengan perbandingan 3 : 1. Tepung beras akan membuat bakwannya terasa lebih renyah.


Agar lebih sedap, Mama dapat menambahkan potongan daun bawang dan seledri pada adonan. Biar makin gurih, tambahkan juga penyedap AJI-NO-MOTO® dan garam secukupnya.


Campurkan dulu semua bahan, baru tambahkan air sedikit demi sedikit agar tidak terlalu encer atau terlalu kental. Selanjutnya, tinggal menggoreng sampai berwarna keemasan tanda matang.


Resep Bakwan Jagung Empuk Spesial

Resep Bakwan Jagung Sajiku®


Untuk membuat bakwan jagung spesial yang empuk dan tidak keras, ada tambahan bahannya sendiri. 


Selain menggunakan jagung muda, Mama juga perlu menambahkan telur pada adonannya. Telur akan membuat adonan terasa empuk, renyah, dan ada gurih-gurihnya.


Untuk itu, Mama dapat mengikuti resep Bakwan Jagung Spesial ala Sajiku®. Selain jagung muda, ada tambahan bahan udang kupas dan telur. Kemudian, adonannya menggunakan Sajiku® Tepung Bumbu yang lezat dan serbaguna.


Pisahkan beberapa udang untuk topping dan cincang sisanya untuk campuran adonan. Setelah semua bahan tercampur, tambahkan air sedikit demi sedikit agar adonannya pas.


Selanjutnya, goreng adonan dan letakkan udang utuh di atas adonan yang sedang berada di wajan. Jangan lupa untuk membalik adonan dan memastikan sudah berwarna keemasan sebelum diangkat.


Resep Bakwan Jagung Tanpa Telur

Meski tidak menggunakan telur, Mama juga tetap bisa membuat bakwan jagung yang renyah dan kriuk. Caranya yaitu dengan menggunakan bumbu rahasia Sajiku® Tepung Bakwan Crispy.


Resep Bakwan Jagung Keju Ala Sajiku® 


Masih menggunakan udang, kali ini Mama perlu menambahkan keju agar bakwan jagungnya semakin gurih dan sehat. Keju memberikan rasa asin yang gurih sekaligus mengandung kalsium tinggi yang menyehatkan tulang.


Potong-potong keju ukuran dadu kecil dan cincang udang kupasnya. Campurkan semua bahan dari tepung, udang, keju, dan seledri cincang serta Sajiku® Tepung Bakwan Crispy sebagai adonan.


Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil aduk sampai adonan bakwan merata. Terakhir, tinggal menggoreng adonan bakwan jagung spesial tersebut sampai matang keemasan.


Resep Bakwan Jagung Renyah dan Tidak Lembek


Mungkin Mama pernah menggoreng bakwan jagung yang hasilnya lembek dan tidak kriuk.

Bakwan jagung yang lembek biasanya karena waktu goreng sering dibolak-balik sehingga menyerap minyak terlalu banyak. Selain itu, bakwan jagung dengan telur juga dapat lembek jika menyantapnya bukan selagi hangat.


Untuk membuat resep bakwan jagung renyah dan garing, gunakan jagung muda dengan perbandingan tepung terigu vs beras = 3 : 1. Selain itu, pastikan komposisi jagungnya lebih banyak dari tepungnya.


Di sisi lain, adonan juga jangan sampai terlalu kental karena nanti tekstur bakwannya keras. Untuk rasa, bisa tambahkan bawang merah, bawang putih, garam, dan lada bubuk secukupnya.


Resep Bakwan Jagung Sayur Anti Gagal


Untuk membuat bakwan jagung empuk dan renyah, Mama juga dapat mencampurnya dengan sayuran lain. Jenis sayurannya bisa wortel, buncis, tauge, atau kol.


Gunakan adonan tepung terigu 200 gram per 1 tongkol jagung muda. Untuk resep bakwan jagung anti gagal, tak perlu pakai tepung beras, tapi tambahkan telur serta garam dan gula sebagai pemberi rasa.


Bumbu halusnya bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, dan kunyit.


Selanjutnya goreng sampai matang dan hanya balik 1 kali saja agar tidak menyerap minyak terlalu banyak. Setelah berwarna keemasan, angkat dan tiriskan, lalu sajikan dengan cocolan saus atau cabe rawit.


Sekarang sudah tahu kan kenapa bakwan jagung bikinan Mama kadang lembek dan kurang renyah? Ikuti saja salah satu 5 resep bakwan jagung di atas, pasti hasilnya bikin Mama puas.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.