Artikel & Tips 5 Aneka Olahan Bakso untuk Lauk Selain Bakso Kuah Biasa
5 Aneka Olahan Bakso untuk Lauk Selain Bakso Kuah Biasa

5 Aneka Olahan Bakso untuk Lauk Selain Bakso Kuah Biasa

07 Dec 2022, 16:12

Bakso menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mengadopsi kuliner Tionghoa. Istilah bakso sendiri berarti “daging giling” menurut bahasa Hokkien. Oleh karena itu bakso terbuat dari berbagai macam daging seperti sapi, ayam, ikan, dan lain-lain. Olahannya pun sangat beragam. Mi bakso kuah bukanlah satu-satunya menu yang enak, tapi orang orang menyukai bakso dari berbagai komponen di dalamnya. Mi ini bisa menjadi camilan dan lauk yang hadir untuk memanjakan lidah pecinta kuliner dari berbagai kalangan. Dalam membuat bakso, terkhusus membuat kuahnya, Mama bisa menggunakan kuah kaldu yang bisa mama buat dari campuran daging yang direbus dalam waktu yang lama. Biasanya, kuah bakso menjadi faktor penentu bakso Mama dikatakan lezat atau tidak. Eiits, kali ini tidak berlaku ya, Ma. Menu bakso ayam, bakso sapi, dan bahan lainnya kita rekomendasikan dengan penuh kekinian! Mari diintip, Ma, resepnya di bawah ini:


Aneka Olahan Adonan Bakso Enak yang Mudah Dibuat

Berikut beberapa rekomendasi olahan bakso terenak yang cara pembuatannya mudah:


1. Bakso Goreng Pedas Manis

Defa Harial from Getty Images


Saus pedas manis memang cocok dipadukan dengan bahan apapun termasuk bakso goreng. Kunci resepnya terdapat pada bumbu halusnya. Untuk membuat olahan bakso goreng ini, bahan-bahannya bawang merah dan putih, cabai keriting merah, dan rawit merah. Iris-iris dan tumis semua bahan lalu tuangkan saus tomat dan sambal. Agar lebih nikmat, jangan lupa pakai Saori® ya, Ma. Taburi bawang goreng jika suka. Setelah bumbunya siap, masukkan bakso gorengnya dan aduk merata. Kalau mau resep bakso untuk camilan, coba bikin Bakso Goreng Crispy ala Sajiku®.


2. Ekado Bakso Mie

Ika Rahma


Ekado merupakan kuliner asal Jepang. Bentuknya seperti bungkusan dari kulit tahu dengan isi udang dan telur puyuh. Akan tetapi, ekado sekarang banyak variasinya. Salah satu yang patut Mama coba buat yaitu jenis bakso Ekado Bakso Mie. Untuk bungkusnya bisa diganti dengan kulit pangsit supaya mudah. Isiannya, bakso, mie rebus, daging ayam dan sayuran potong. Tumis bahan-bahan tersebut dengan bawang putih. Terakhir, bungkus dengan kulit pangsit lalu goreng.


3. Bakso Ikan Tenggiri Kuah Pedas

Defa Harial from Getty Images


Olahan bakso ikan tenggiri sangat populer di Kalimantan. Perbedaannya dengan bakso sapi yaitu bertekstur lebih halus. Rasa bakso ikan juga sangat khas. Resep bakso tenggiri ketiga ini khusus untuk para penggemar pedas. Pertama, haluskan bawang merah dan putih serta cabai merah kemudian goreng sampai wangi. Kedua, tuang bumbu ke rebusan bakso ikan.

Untuk menambah rasa, tambahkan Masako® dan gula secukupnya. Alternatif bakso ikan rebus adalah Bakso Goreng Tenggiri ala Sajiku®. Pastinya lebih kriuk dan nikmat untuk ngemil.


4. Bakso Telur Orak Arik

ravy from Ravy Project


Sebelum salah kaprah, resep ini tidak menggunakan bakso isi telur, melainkan bakso dengan campuran telur orak arik. Bakso telur orak arik bisa menjadi pilihan olahan bakso untuk lauk saat siang atau malam hari. Bumbu-bumbunya sama seperti membuat bakso pedas manis. Tambahannya yaitu daun jeruk dan cabai rawit. Setelah bumbu jadi, tuangkan air kemudian masukkan potongan-potongan bakso. Nyalakan kompor dan masak sampai matang. Secara terpisah, masak telur orak arik kemudian campurkan ke dalam olahan bakso tadi. Aduk semuanya agar sambalnya tercampur merata.


5. Bakso Bakar Malang

Heri Mardinal from Getty Images


Terakhir, silakan coba buat olahan bakso untuk camilan khas Malang. Ini bukan sembarang bakso bakar, tetapi bumbu cara pengolahannya berbeda. Bahan-bahan yang Mama butuhkan antara lain gula merah, garam, ketumbar, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Ulek semua bahan sampai halus kemudian tambahkan saus sambal dan kecap manis. Masukkan bakso ke dalamnya, tutup rapat dan diamkan 15 menit. Setelah meresap, bakar bakso sampai matang dengan tusuk sate. Pakai sisa bumbu untuk olesan baksonya saat membakar.


Penutup

Kesimpulannya, Indonesia punya beragam olahan bakso dari setiap daerah selain Mi bakso kuah biasa. Mulai camilan yang simpel seperti Bakso Kriuk ala Sajiku® sampai olahan untuk jadi lauk makan. Sekarang giliran Mama mencoba.




Source of thumbnail: laughingmango from Getty Images Signature
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.