4 Resep Bekal Piknik Keluarga Unik, Cocok Dibawa ke Pantai - Dapur Umami

4 Resep Bekal Piknik Keluarga Unik, Cocok Dibawa ke Pantai

Siapa sih yang nggak suka piknik? Pasti nggak ada yang menolak kegiatan ini seru ini, kan? Apalagi piknik ke pantai bersama keluarga. Ada banyak persiapan piknik ke pantai yang harus Mama perhatikan, nih.


Salah satunya adalah bekal. Bawa bekal dari rumah tentunya jauh lebih hemat dan terjamin rasanya. Lalu, apa saja resep bekal piknik keluarga yang bisa Mama bawa? 


Yuk, simak beberapa ide makanan piknik ke pantai plus resepnya yang super praktis dan menyehatkan di bawah ini. 


4 Resep Ide Bekal Piknik ke Pantai Bersama Keluarga

Piknik yang paling seru memang bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Sebagai Mama yang siap siaga, pasti tak melupakan urusan perut, kan. Namun, beberapa orang merasa membawa snack untuk piknik itu ribet. 


Tenang, Dapur Umami punya beberapa rekomendasi ide bekal piknik “anti ribet club” yang tak hanya enak, tetapi juga praktis. Yup, esensi piknik akan lebih terasa saat menggelar tikar, sembari menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah. Jadi, simak resep dan menu piknik sederhana yang bisa Mama siapkan untuk keluarga berikut ini. 


Roti Isi Omelet


Menu makanan untuk piknik yang satu ini memang praktis dan bikin kenyang. Resep kali ini akan menggunakan isian omelet telur, ya. 

Pertama, Mama cukup menyiapkan beberapa lembar roti tawar atau gandum, selada, timun atau tomat (opsional), serta sebungkus mayones Mayumi®. 


Untuk bahan isian, Mama perlu menyiapkan 4 buah telur, 2 batang daun bawang, serta bawang putih cincang (bawang merah belum digunakan dahulu untuk resep ini ya, Ma). Tambahkan taburan garam dan sejumput Masako®. Selanjutnya campurkan semua bahan isian dalam wadah terpisah, aduk hingga merata, dan dadar telur di atas teflon hingga matang. 


Di tempat terpisah, panggang roti hingga sisi-sisinya renyah. Setelah itu, tata selembar roti, dengan tambahan sayuran, saus dan mayones Mayumi® sesuai selera. Beri isian omelet telur yang sudah Mama siapkan sebelumnya, lalu, tutup dengan selembar roti lain. Lakukan hingga lembaran roti terakhir.  


Ingin mengubah isian dengan bahan lainnya? Mama juga bisa untuk membuat Roti buah lembut ala Mayumi®, dan siap-siap ketagihan rasanya. 


Onigiri Isi Daging Ayam



Onigiri, si nasi kepal asal Negeri Sakura ini memang menjadi cocok untuk bekal piknik ke pantai. Di Indonesia, harga onigiri masih terbilang mahal, tapi kalau bisa membuatnya sendiri di rumah, kenapa harus beli? 


Bahan yang perlu Mama siapkan adalah 800 gram nasi putih, sedikit minyak wijen. Kemudian, untuk bahan isian Mama bisa menggunakan 200 gram fillet dada ayam, 2 siung bawang putih, sejumput garam dan merica, 100 gram tepung bumbu serbaguna Sajiku®, 50 gram mayones Mayumi®, dan 2 sdm saos sambal. 


Cara pembuatannya mudah sekali. Pertama, marinasi daging ayam menggunakan bawang putih, garam, dan merica. Kemudian, baluri ayam dengan tepung bumbu dan goreng sampai berubah warna. Setelah dingin, campur ayam goreng ke dalam mayones dan saos sambal. Lalu aduk hingga merata. 


Di wadah terpisah, campur nasi putih dengan minyak wijen dan aduk. Setelah itu, ambil segenggam nasi, beri isian ayam mayones, kepal-kepal hingga berbentuk segitiga. Lakukan hingga nasi habis, dan sematkan nori di bawah onigiri. 


Samosa



Samosa makanan khas Timur Tengah ini juga cocok menjadi snack untuk piknik. Adapun bahan yang perlu Mama siapkan adalah kulit lumpia dan isian ayam. 

Olah ayam dengan bawang putih, bawang bombay, telur, tambahkan gula garam serta penyedap rasa Masako®.


Bentuk samosa menjadi segitiga, lalu goreng dengan minyak goreng secukupnya hingga matang. Sajikan dengan saus dan Mayumi®. 


Salad Buah



Nah, bagi Mama yang sedang diet, salad buah adalah menu piknik sederhana yang pas dibawa. Cukup menyiapkan beberapa buah kesukaan, Mayumi®, yoghurt plain dan SKM. Lalu, aduk rata semua bahan, jadi, deh. Mama juga bisa intip resep berbahan buah lainnya di sini.


Itulah beberapa resep bekal piknik keluarga yang bisa menjadi referensi saat piknik bersama keluarga ke pantai. Jadi, siap berangkat piknik besok?