4 Cara Mudah Membuat Rasa Gurih Asem pada Hidangan

Salah satu elemen khas dari cita rasa Indonesia adalah rasa masam. Ada banyak sekali kuliner dengan rasa asam di Indonesia, mulai dari gurame asam manis yang lezat hingga asem-asem daging khas Jawa Tengah itu. Nah, pertanyaan sekarang, apa saja cara mudah membuat rasa asam untuk hidangan mama sekeluarga? 

Sebenarnya ada banyak cara untuk menciptakan rasa kecut itu. Dan sayangnya tidak semua orang tahu berbagai cara ini, biasanya karena takut mencoba. Untuk itu, di sini mama akan melihat setidaknya empat cara yang semuanya mudah untuk menghadirkan rasa asem pada masakan. 

Baik, kalau begitu mari kita mulai dari yang kita paling akrab hingga yang paling tidak tertebak.


Asam Jawa

Asam jawa adalah bahan yang langsung terlintas di kepala kita saat mendengar sayur asem. Ya, memang dalam membuat sayur asem (terutama yang khas jatim) rasa asam diperoleh dari gabungan antara asam jawa dan asin garam. Gabungan antara masam dan asin ini menciptakan rasa gurih yang menyegarkan. 

Setelah memanaskan air dan bumbu serta asam jawa, rasa dan aroma asem yang mama butuhkan sudah bisa dirasakan pada masakan. Selanjutnya mama tinggal memasukkan bahan-bahan lain dan sayurnya-sayurannya seperti jagung, manisa, kacang panjang, kangkung, tauge kedelai, dan sebagainya. 

Sebentar saja, rasa masam dari asam jawa dan kesedapan bumbu sudah meresap ke dalam sayuran. Mama tinggal menambahkan garam penyedap rasa dan garam di bagian akhir memasak. Begitulah langkah demi langkah membuat rasa masam yang gurih dengan asam jawa. 


Belimbing Wuluh

Cara kedua adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Mencari belimbing wuluh di pasaran tidak semudah mencari asam jawa. Namun, tidak sedikit yang menanam belimbing wuluh di halaman rumah. Kalau mama kebetulan punya di halaman, manfaatkan sebaik mungkin. 

Ada dua cara menggunakan belimbing wuluh dalam menciptakan rasa asem dalam hidangan. Yang pertama adalah menggunakannya langsung dengan mengiris menjadi dua atau empat bagian dan memasukkannya ke dalam hidangan seperti saat kita menggunakan asam jawa. 

Cara yang kedua adalah dengan mengeringkan di bawah sinar matahari dengan dibalur garam. Setelah itu, jemur belimbing wuluh selama tiga hari. Kita akan mendapatkan belimbing wuluh awetan yang di Aceh dikenal sebagai asam sunti. Asam sunti ini cocok sekali dipakai untuk memasak ikan atau tiram dicampur cabe banyak-banyak. Oh, asem dan pedasnya begitu menggoda.


Jeruk Nipis

Rasa asem yang jarang dipakai adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seringkali, jeruk nipis kita pakai untuk memberikan sedikit cita rasa asin dalam hidangan kita, misalnya soto ayam. Namun, ada juga hidangan asem yang menggunakan jeruk nipis hingga membuat hidangan terasa asam. 

Salah satu resep istimewa dengan menggunakan jeruk nipis adalah ayam crispy saus lemon. Dalam membuat ayam crispy ini, mama bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan madu, lada hitam, garam, dan tepung maizena. Cobalah ikuti resep di Dapur Umami ini dan rasakan sensasi asem manis gurih yang ditawarkannya. 


Bumbu Sayur Asem Sajiku

Nah, yang terakhir adalah yang mungkin tidak terduga, yaitu menggunakan bumbu yang sudah jadi seperti Bumbu Sayur Asem Sajiku. Meskipun bernama bumbu sayur asem biasa, mama bisa memanfaatkan bumbu ini karena berfungsi untuk membuat sensasi dan cita rasa asem untuk masakan yang sekilas tampak sulit. 

Lihat misalnya resep membuat gulai asam daging ini. Mama pasti takjub bahwa gurih dan kecut yang digunakan di sini tak lain merupakan gabungan dari bumbu sayur asem Sajiku yang dipadukan dengan santan kental. Tidak terduga bukan? 

Nah, pasti sekarang mama sudah lebih siap untuk bereksplorasi dengan cita rasa masam kuliner khas Indonesia. Ternyata ada banyak cara mudah membuat sensasi rasa asam tersebut, bukan? Mama tinggal menentukan dan memilih mana yang akan dipakai.


sumber:https://images.app.goo.gl/VAXqVQyNV7EG96qQ7