Artikel & Tips 4 Bakso Anti-Mainstream untuk Pembangkit Mood
4 Bakso Anti-Mainstream untuk Pembangkit Mood

4 Bakso Anti-Mainstream untuk Pembangkit Mood

21 Dec 2022, 17:12

Kalau mendengar orang bilang “bakso,” yang terlintas di kepala biasanya adalah mangkok bergambar ayam jago dengan kuah mengepul berisi pentol, gorengan, dan lain-lain. Makanan ini tidak bisa dilepaskan dari kuah. Tapi, seiring bergulirnya waktu dan selera, banyak bakso yang saat ini anti-mainstream, tidak hanya lagi soal kuah. 


Makanan yang berasal dari Tiongkok ini memang punya sejarah panjang. Aslinya cenderung tidak banyak kuah dan bentuknya tidak selalu bulat. Namun, ketika berkembang di Indonesia, khususnya di Malang dan Wonogiri, bakso menjadi dekat dengan kuah dan bentuknya yang bulat.


Namun, saat ini, seiring perkembangan, kita bisa menemukan berbagai jenis bakso. Salah satunya adalah versi goreng, yang biasanya dinikmati tanpa menggunakan kuah sama sekali. Dan, yang mengasyikkan, dia bisa menjadi teman yang membangkitkan mood ketika sedang bersantai dan berbincang-bincang. 


Pasti Mama ingin tahu, kan cara memasak yang bisa dibilang anti-mainstream seperti itu? Tidak perlu jauh-jauh, Dapur Umami sudah memiliki beberapa resep bakso goreng yang bisa Mama coba untuk pembangkit mood keluarga!


Bakso Goreng Crispy ala Sajiku®

Bakso yang ini lebih menyerupai bola daging dengan baluran tepung crispy yang membangkitkan selera. Mungkin Mama bisa melihat ini sebagai gorengan mewah tinggi gizi. Kenapa tinggi gizi? Tentu karena sebagian besar bahannya adalah daging.


Nah, mari kita kulik gorengan daging yang satu ini ya, Ma. Bahan-bahan yang kita butuh cukup mudah diingat. Untuk bola dagingnya, Mama membutuhkan daging giling, bawang bombay, oregano, dan peterseli. Sedangkan untuk tepung crispy-nya, Mama membutuhkan 1 bungkus Sajiku® Tepung Bumbu Serbaguna. 


Cara pembuatannya pada intinya terdiri dari dua bagian, yaitu menyiapkan bola daging dan membungkus bola daging dengan tepung crispy untuk kemudian digoreng. 


Untuk membuat bola dagingnya, yang perlu Mama lakukan adalah mencampung daging, cincangan bawang bombay, oregano, dan peterseli cincang. Setelah tercampur, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan. 


Kemudian, Mama perlu menyiapkan adonan crispy dengan Sajiku® dan air es. Seperti biasa, air es memberikan sensasi rasa renyah ketika nanti adonan sudah digoreng. Setelah adonan crispy ini siap, celupkan bola daging ke dalamnya. Pastikan seluruh permukaan tertutup. 


Terakhir, goreng adonan yang sudah berlabur tepung crispy ini dengan nyala api yang tidak terlalu besar. untuk menikmatinya, Mama bisa gunakan Mayumi® Saus Serbaguna. 


Ayo lihat resep Bakso Goreng Crispy Sajiku® ini untuk mengetahui ukuran detail setiap bahan ya, Ma. 


Ekado Bakso Mie 

Apakah Mama pernah tahu apa itu ekado? Ekado adalah sebutan untuk cemilan yang terdiri dari bahan-bahan daging, telor, atau sayur yang dibungkus dengan kulit pangsit atau kembang tahu dan digoreng. 


Ekado punya ciri kaya gizi, bentuknya menarik dan mudah dikonsumsi. Karena itulah Ekado sangat cocok untuk bekal si kecil ketika sekolah atau bepergian. Mama tidak perlu khawatir soal gizi dan minat si kecil. Tampilannya menarik kan, Ma? 


Ekado kreasi bakso, estetik dan membuat enerjik


Mari kita lihat bagaimana cara membuat ekado ini dari Dapur Umami. Untuk membuatnya, kita membutuhkan bahan-bahan seperti kulit pangsit, bakso (untuk dibelah menjadi dua), mie rebus, wortel dan kentang (masing-masing potong dadu kecil), daging ayam cincang, Masako® Rasa Ayam, bawang putih (cincang), minyak goreng, dan daun pandan. 


Untuk membuatnya, ada dua tahap penggorengan. Yang pertama adalah menumis isinya yang terdiri dari semua bahan kecuali kulit pangsit dan daun pandan. Goreng dengan minyak goreng sesuai selera. 


Kemudian, tata isian yang sudah ditumis ini pada kulit pangsit. Bungkus kulit pangsit menjadi seperti mangkuk. Ikan bagian atas kulit pangsit dengan daun pandang. Terakhir, goreng ekado hingga tekstur kulit pangsit berubah. 


Untuk menyantapnya, Mama tingal menyiapkan saus sambal atau Mayumi®. Pasti si kecil menikmatinya! Untuk resep lengkap Ekado bakso, Mama bisa periksa halaman Dapur Umami ini.


Bakso Kriuk ala Sajiku® 

Nah, kalau yang ini buat Mama dan keluarga yang suka daging ayam. Bakso yang satu ini sangat terasa seperti cemilan meskipun pada kenyataannya sangat kaya protein yang bagus untuk pembentukan otot. Dan, teksturnya sekilas mirip dengan ayam goreng crispy ala restoran cepat saji. 


Bakso goreng dengan tekstur mirip ayam crispy


Untuk membuatnya, Mama perlu persiapkan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak ini ya. Yang Mama butuhkan adalah daging ayam, udang kupas, Sajiku® Tepung Bumbu, baking powder, air es, dan minyak goreng. Sajiku® membuat bahan-bahannya menjadi sedikit banget kan, Ma? 


Sekarang, mari kita ikuti cara pembuatannya yang secara umum dibagi ke dalam tiga tahap. Pertama, kita perlu membuat adonan pentolnya. Untuk itu, campurkan daging ayam, udang kupas, dan sebagian besar Sajiku®. Campur semua bahan hingga rata dan jadikan bulatan-bulatan kecil dengan ukuran sesuai selera.


Kedua, kita perlu siapkan adonan crispy basah dan kering. Untuk adonan basah, gunakan air es untuk mencampurnya. Untuk adonan kering, Mama hanya perlu menuangkan Sajiku® ke wadah yang cukup lebar untuk menggelindingkan bakso. 


Terakhir, kita perlu mencelupkan bola daging ke adonan cair dan kemudian menggelindingkannya di adonan kering. Dan, masukkan ke wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang. Hasil masak kali ini sudah bisa dinikmati tanpa dampingan apapun! Kalau Mama ingin tahu detail resep Bakso Kriuk ini, ayo mampir ke mari


Bakso Goreng Tenggiri ala Sajiku® 

Yang terakhir ini bisa dibilang lebih sederhana dari resep-resep bakso goreng lain yang ada di sini. Namun tentunya Mama sudah hapal bahwa tenggiri tetap tenggiri, tetap lezat dan membangkitkan selera makan. Apalagi kalau dimasak dengan cara goreng. 


Satu hal yang membuat resep ini perlu dicoba adalah karena begitu mudah cara membuatnya dan hasilnya yang nyaris anti gagal. Jadi ya, bisa dibilang, dengan usaha minimal kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 


Bahan-bahannya cukup sederhana: ikan tenggiri cincang, Sajiku® Tepung Bumbu, daun bawang, telur, dan minyak untuk menggorengnya. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang sederhana ini hanya perlu dicampur untuk kemudian dicetak menjadi bulatan-bulatan yang siap digoreng. 


Ya, semudah itu memang, Ma. Tapi, kalau sudah disajikan hangat-hangat, apalagi sambil ditemani saus sambal atau Mayumi® Saus Serbaguna, dijamin keluarga langsung menyerbunya hingga habis. Untuk detail takarannya, Mama boleh lihat resep Bakso Goreng Tenggiri ala Sajiku® ini!


Dengan keempat pilihan resep bakso goreng ini, Mama tidak akan kuatir kehilangan cara menceriakan suasana di rumah di masa-masa liburan akhir dan awal tahun ini. 





Source of thumbnail: by Ika Rahma in Canva Premium


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.