Artikel & Tips 3 Variasi Resep Martabak Telur Penggugah Selera
3 Variasi Resep Martabak Telur Penggugah Selera

3 Variasi Resep Martabak Telur Penggugah Selera

26 Jul 2022, 19:07

Selain martabak terang bulan, martabak telur atau biasa disebut dengan martabak asin ini memang banyak disukai. Dengan isian yang beragam, mulai dari telur yang dipadu dengan daging, ayam, bahkan sayuran pun tersedia. Makanan satu ini memang asyik dijadikan kudapan, dengan teksturnya yang kreshhh diluar, namun kaya akan rasa di dalamnya.


Tapi, apakah Mama tahu bahwa ada berbagai variasi martabak telur yang bisa dicoba, Ma? Ayo kita eksplor beberapa variasinya di sini.


Martabak telur kulit lumpia

Martabak telur kulit lumpia ini bisa juga disebut sebagai martabak telur versi mudah dan low budget lho, Ma. Siapa pun bisa membuatnya, dan bahan-bahannya sangat mudah didapatkan. Walaupun begitu tetap, kriuknya dan gurihnya juara!


Untuk membuatnya, bahan yang perlu Mama siapkan adalah kulit lumpia, telur ayam, kornet, daun bawang, garam, lada, dan tentu saja MASAKO® rasa sapi. Untuk kornet, Mama bisa menggantinya dengan daging ayam atau daging sapi cincang, cocok jadi favorit keluarga.


Langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah membuat isiannya. Untuk itu, kocok lepas telur bersama semua bahan hingga merata. Panaskan teflon dan berikan margarin, ketika sudah panas, tuangkan adonan telur dan masak hingga mengental saja. Jangan sampai kelamaan seperti tekstur omelet ya Ma.


Selanjutnya Mama ambil selembar kulit lumpia, isi dengan adonan telur tadi, lipat bentuk amplop. Lakukan hingga adonan habis. Panaskan minyak dalam wajan, goreng martabak telur kulit lumpia hingga kuning kecoklatan. 

Kriuknya dijamin bikin nambah terus!


Martabak telur kuah kari

Martabak yang satu ini dinikmati dengan cara dicocol dengan kuah kari, sehingga perpaduan antara martabak yang gurih dengan kuah kari yang berempah akan semakin menyatu di mulut. 

Ada tiga kelompok bahan yang perlu Mama siapkan. Pertama, bahan-bahan untuk kulitnya adalah tepung terigu, air, garam, dan minyak goreng. 


Kedua, mari kita siapkan bahan-bahan untuk kuah kari. Siapkan daging kambing, duo bawang, santan, pasta atau bubuk kari, sereh, daun jeruk, dan AJI-NO-MOTO®. Kalau mau ide kari yang lebih sophisticated, coba deh Mama intip koleksi di Dapur Umami ini.


Bahan ketiga dan terakhir yang perlu disiapkan adalah isian martabak adalah telur, daun bawang, bawang bombay, bubuk kari, garam, dan MASAKO® rasa sapi.


Untuk membuatnya, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Langkah pertama, Mama uleni semua bahan kulit terlebih dahulu aduk rata hingga kalis. Kemudian, rendam adonan kulit tersebut dalam minyak goreng. Setelah itu Mama beralih untuk membuat isiannya: campurkan semua bahan isian martabak dalam mangkok, aduk hingga tercampur rata.


Untuk membuat kuah kari, Mama tumis duo bawang, sereh, daun jeruk hingga harum. Lalu masukkan daging kambing, rebus hingga benar benar empuk. Tidak lupa bumbui dengan kari bubuk dan AJI-NO-MOTO®. Setelah daging matang, masukkan santan kental.


Pipihkan adonan kulit martabak hingga tipis pada talenan yang bersih. Panaskan minyak di atas wajan yang datang. Setelah minyak panas, tata adonan kulit, isi dengan isian martabak, lipat dan goreng hingga matang.


Potong potong martabak dan sajikan bersama kuah kari hangat. Siap nambah lagi, lagi dan lagi.


Martabak telur tahu

Bahan martabak telur tahun ini bisa disesuaikan dengan resep andalan Mama. Tapi, Mama juga bisa menggunakan kulit lumpia. Yang membedakan hanyalah bahan isiannya, yaitu tahu putih yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan garpu, telur, bawang putih dan bawang bombay cincang, daun bawang, lada, dan tak lupa MASAKO® rasa ayam untuk memperkaya rasa.


Cara membuatnya, Mama pipihkan kulit martabak dengan rolling pin hingga tipis. Panaskan sedikit minyak dalam teflon, masukkan kulit martabak, isi dengan isian telur dan tahu. Masak dengan api sedang. Tunggu hingga kulit setengah matang, lipat seperti amplop.


Goreng hingga kulitnya kuning keemasan di kedua sisinya. Salah satu yang makin melezatkan, P\potong martabak sesuai selera, martabak telur tahu ini siap dinikmati dengan cabe rawit dan acar mentimun. 


Jadi Mama tunggu apa lagi, yuk segera praktekkan di dapur Mama. Dengan tiga variasi resep martabak telur ini, Mama sudah punya modal untuk membuat cemilan cemilan rumahan yang rasanya tak kalah dengan streetfood kecintaan keluarga. 


Ingin lebih banyak lagi inspirasi martabak martabak lenggang, resep martabak manis, cara membuat martabak manis, bermain dengan taburkan gula pasir, baking powder, kental manis, dan soda kue, silakan Mama kunjungi kumpulan koleksi martabak kita di Dapur Umami.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.