3 Resep Sambal Ayam Geprek Botolan Untuk Ide Bisnis Mama

Sudah pergi ke pasar maupun swalayan untuk berbelanja kebutuhan dapur? Sedih ya kalau melihat harga semakin meroket, terutama minyak goreng dan cabai. Padahal, menu makan di seluruh Indonesia butuh sambal sebagai pelengkap masakan. Apalagi seperti sekarang, ketika sambal ayam geprek dan jeruk nipis digemari dan dipakai makan apa saja. 


Untuk resep ayam gepreknya (sebenernya ayam apa saja enak juga seperti ayam bakar atau ayam goreng tepung) Mama bisa intip di Dapur Umami. Lalu apakah Mama suka membuat ayam geprek di rumah? Bila Mama senang membuatnya, bagaimana kalo Mama membuatnya salah satu dalam kemasan botol, selain praktis, tahan lama, juga bisa untuk bisnis Mama. Yuk, intip 3 resep sambal ayam geprek botolan ini bisa untuk ide bisnis Mama.


Sambal ayam geprek : Sambal Bawang huh hah


harissa-g7790a3a31_640.jpg

Sambal Ayam Geprek dengan bawang


Untuk membuat sambal ini, bahan utama yang harus Mama siapkan adalah Cabai rawit (200gr) dan Cabai merah (400gr), selain itu bawang putih (100 gr) dan bawang merah (300gr). Jangan lupa memakai Masako® ,agar sambalnya jadi lebih gurih dan mantap.


Untuk pembuatannya masukkan semua bahan ke dalam chopper, namun jangan terlalu halus. Selanjutnya Mama bisa menumis bahan tadi dengan api kecil.


Campurkan juga 1 bungkus Masako®, garam gula dengan komposisi: garam (3 sdm) dan juga gula (3 sdm). Mungkin kaldu bubuk kaldu jamur tidak terlalu diperlukan. Aduk rata dan masak hingga matang dan tanak yah Mam.


Sambal Ijo yang bikin gobyos

Tidak beda dengan resep sambal bawang diatas, sambal ijo juga menjadi primadona sebagai pelengkap sambal ayam geprek. Bahannya pun di dominasi cabe hijau yang mudah di dapat, dan pasti bikin gobyos yang menyantapnya.


Untuk membuatnya sambel ijo ini Mama memerlukan cabe rawit hijau, cabe besar hijau, dan cabe keriting yang berwarna hijau dengan perbandingan ( 2 : 1 : 1 ), garam, dan tentunya AJI-NO-MOTO®.


Untuk pembuatannya mudah saja, Mama hanya perlu merebus semua bahan, setelah itu mengulek kasar, dan di tahap terakhir Mama memasak sambal ijo tersebut dalam teflon yang telah diberi minyak kelapa dan memberi bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. Setelah didinginkan baru bisa dimasukkan kedalam botol sambal.


Sambal Matah khas bali yang nendang

Cara membuat resep sambal ayam geprek botolan yang satu ini sangat mudah dibuat, Mama hanya perlu menyiapkan dan mengiris tipis semua bahan yakni, bawang merah, cabe rawit, sereh, daun jeruk, terasi bakar, dan minyak untuk menumis. Setelah semua di iris tipis, Mama tumis semua bahan hingga layu saja. Dan sambal matah pelengkap ayam geprek telah jadi


Tips agar sambal awet di dalam botol

Dalam pengolahannya, Mama harus memastikan kemasan botol yang digunakan dalam kondisi kering dan steril. Untuk bahan baku sambal botolan harus dalam kondisi segar, tidak ada yang busuk. Dan tentunya sambal harus dimasak dalam kondisi benar – benar matang, dan dingin sebelum dimasukkan dalam kemasannya, hal ini berfungsi agar masa simpannya semakin panjang.


Tidak lupa Mama harus mengambil sambal dengan sendok yang bersih dan kering, untuk mencegah masuknya bakteri. Sambal ayam geprek botolan ini akan bertahan lebih dari 3 bulan dalam penyimpanan.

Sudah siap untuk berbisnis dari rumah dengan resep di atas kan Ma?