3 Resep Olahan Sei Sapi Rumahan yang Lezat, Mudah Dicoba - Dapur Umami

3 Resep Olahan Sei Sapi Rumahan yang Lezat, Mudah Dicoba

Indonesia memang kaya akan kuliner Nusantara. Setiap wilayah mempunyai masakan khas daerah yang lezat dan menggugah selera makan. Kalau Sumatera Barat punya rendang, maka di Nusa Tenggara Timur NTT ada sei sapi. Sei sapi itu apa, sih? Bagaimana resep olahan sei sapi? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 


Mengenal Sei Sapi, Masakan Khas Kupang


Sei adalah salah satu olahan daging yang dimasak menggunakan teknik dan proses pengasapan, kemudian ditaburi garam dan rempah-rempah. Tidak heran jika rasa sei cukup unik dan khas. 

Berdasarkan etimologi, kata “sei” berasal dari bahasa Rote yang berarti iris tipis memanjang ukurannya. 


Di daerah aslinya, daging yang biasa digunakan adalah daging babi atau rusa timor. 

Namun, belakangan ini banyak resto yang berinovasi dengan menggunakan daging sapi, agar lebih universal dan banyak peminatnya. 


Melihat dari tampilannya, ciri khas sei sapi sekilas terlihat mirip dengan bacon atau smoked beef, namun sedikit lebih tebal. Selain itu, proses memasak sei juga cukup unik, yaitu sebelumnya marinasi daging, lalu letakkan dalam bara. 


Pastikan panas bara mencapai 60 derajat agar warna daging sei sempurna. Selanjutnya bungkus sei dengan daun kosambi. Setelah matang, hidangkan bersama sambal luat dengan cita rasa yang khas Kupang dan nasi hangat. 


3 Resep Olahan Sei Sapi Rumahan

Penasaran seperti apa rasa sei sapi ini? Berikut adalah beberapa kreasi resep olahan sei sapi yang bisa Mama coba di rumah, antara lain :


Sei Sapi Sambal Matah


Resep yang pertama adalah sei sapi sambal matah.Siapkan daging sapi iris memanjang yang telah diasapi, serai, rawit, duo bawang, daun jeruk, garam secukupnya, AJI-NO-MOTO®, merica dan minyak. 


Selanjutnya, masukkan daging dan tumis hingga setengah matang, lalu tiriskan. Kemudian, tumis duo bawang yang telah halus, tambahkan cabai rawit, daun jeruk dan serai. Masa hingga tercium aroma wangi dan layu. Tambahkan garam, merica, dan AJI-NO-MOTO®. Kemudian tes rasa dan sajikan bersama nasi hangat. 


Resep Sei Sapi Sambal Luat


Resep cara membuat sei sapi kedua yaitu sei sapi sambal luat, Mama perlu menyiapkan setengah kilo daging sapi tanpa lemak, bawang bombai, paprika, dan cabai keriting. Untuk bumbunya, cukup bawang putih saja, garam, dan AJI-NO-MOTO®. Sementara resep sambal luat, bahannya adalah cabai rawit hijau, daun bawang, bawang merah, air jeruk nipis, tomat, dan kaldu sapi Masako®. 


Masak daging tanpa minyak di atas teflon hingga warna dan teksturnya berubah. Sisihkan daging dalam wadah terpisah. Kemudian, tumis bawang putih hingga harum, masukkan paprika, dan irisan cabai merah keriting. Tunggu hingga wangi dan bumbu meresap. 


Cara membuat sambal luat, ulek kasar semua cabai, taburi irisan daun bawang, dan bawang merah. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan masukkan kaldu sapi serta secukupnya garam. Sajikan sei sapi sambal luat untuk hidangan makan malam bersama keluarga.


Resep Sei Sapi Rica-Rica


Untuk sajian makan malam bersama keluarga di rumah, Mama juga bisa membuat sei sapi rica-rica, lho. Bahan yang perlu Mama siapkan adalah daging dengan cara diasap, bawang merah dan putih, jahe, kunyit, serai, kemiri, kaldu sapi Masako®. Selain itu, Mama juga perlu menyiapkan 2 lembar daun salam, cabai merah, cabai rawit serta gula dan garam. 


Cara membuatnya pun mudah, yakni haluskan beberapa bumbu seperti duo bawang, kemiri, kunyit, cabe dan jahe. Kemudian tumis daging asap di atas penggorengan yang telah panas. Tambahkan gula, garam, merica dan Masako®. Sisihkan. 


Di wadah terpisah, panaskan bumbu yang telah Mama haluskan, tambahkan daun salam, tumis hingga harum. Selanjutnya masukkan daging asap, aduk rata dan tes rata. Kemudian, angkat dan sajikan selagi hangat. 

Demikianlah beberapa resep olahan sei sapi ala rumahan yang bisa Mama coba di rumah. Bila ingin lebih praktis, gunakan sei sapi frozen. Jadi, Mama hanya perlu membuat sambal sebagai pelengkap. Happy cooking, ya Ma.




Source of thumbnail: Se'i Sapi atau Daging Sapi Sei Adalah Daging Sapi Asap Tradisional Indonesia by Ika Rahma