Artikel & Tips 3 Makanan Bergizi Nusantara untuk para Vegetarian
3 Makanan Bergizi Nusantara untuk para Vegetarian

3 Makanan Bergizi Nusantara untuk para Vegetarian

21 Dec 2022, 17:12

Vegetarianisme dan makanan bergizi tanpa daging dan makanan yang mengandung protein hewani sebenarnya bukan hal baru dalam berbagai masakan nusantara. Bahkan, Mama bisa mengklaim bahwa para vegetarian bisa hidup nikmat di nusantara dengan mengandalkan berbagai menu lokal yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Bagaimana kalau kali ini kita coba mengintip berbagai resep vegetarian yang bisa ditemukan di situs kesayangan kita Dapur Umami ini? Menu ini bisa dicoba kalau misalnya Mama dan keluarga ingin mencoba menjalani fleksitarianisme atau vegetarianisme sekali waktu atau diet dengan memaksimalkan bahan sayur dan buah dengan sedikit daging. 


Ayo kita lihat, Ma!


Gado-gado 

Gado-gado adalah salah satu makanan selalu bisa diandalkan bagi para vegetarian atau vegan yang menginginkan makanan bergizi yang nikmat. Tentunya untuk menjaga kesehatan dan berat badan seimbang. Dalam gado-gado, kita bisa mendapatkan apa yang biasanya dikonsumsi sebagai menu vegan, yaitu sayuran kukus, sekaligus juga mendapatkan kelezatan sambal kacang tanah yang kaya akan vitamin e yang gurih. 


Untuk membuatnya, Mama perlu mengumpulkan dua jenis bahan: yaitu bahan isian utama dan bahan saus. Bahan isian utama terdiri dari berbagai sayur sesuai selera, tetapi yang paling umum adalah kangkung, kol, kentang, tauge, tahu goreng, dan tempe goreng. 


Untuk bahan sausnya, Mama perlu siapkan selai kacang, gula merah, jeruk limau, dan Masako® Rasa Sapi. Kalau ingin menu vegetarian, Masako® bisa diganti dengan AJI-NO-MOTO®, yang bahan dasarnya adalah tetes tebu. 


Cara membuatnya juga simpel. Pertama, kukus semua sayuran hingga teksturnya sesuai selera. Kedua, kita buat sausnya dengan mencampurkan semua bahan saus. Saat menyajikan, Mama bisa tambahkan lontong, emping melinjo, bawang goreng, atau telur (sesuai dengan pilihan vegetarianisme Mama). Untuk detailnya, silakan Mama lihat di sini ya. 


Pecel Madiun ala Masako® 

Kalau yang satu ini mungkin sepupunya gado-gado. Mereka berdua sama-sama tim bumbu kacang, tapi bedanya untuk pecel adalah bumbu kacangnya. Kalau gado-gado seringkali menggunakan bumbu yang dimasak, pecel tidak menggunakan bumbu yang dimasak. Teksturnya cenderung lebih kasar terkesan lebih segar. 


Nusantara adalah surga makanan bergizi, seperti pecel ini misalnya


Bahan-bahan sayurnya relatif sama dengan gado-gado. Untuk saus atau sambalnya, Mama membutuhkan kacang goreng, bawang putih, cabai rawit, kencur, gula merah, asam Jawa, daun jeruk, dan Masako® Rasa Ayam (yang bisa diganti dengan AJI-NO-MOTO® bagi para vegetarian). 


Cara memasaknya cukup sederhana. Kukus semua bahan sayur. Sambil menunggu sayur matang, siapkan bumbunya. Haluskan kacang sekaligus dengan semua bahan lainnya. Agar lebih nikmat, tambahkan daun kemangi, bakwan, atau tempe goreng. 


Bedanya dengan gado-gado, tempe dan tahu goreng dalam pecel digunakan hanya sebagai lauk pendamping. Selain itu, berbeda dengan gado-gado, pecel sangat enak dinikmati dengan nasi. Untuk detail bahannya, ayo ke resep pecel Madiun ini ya, Ma. 


Sup Kacang Merah Masako® 

Yang terakhir ini berasal dari Manado, di mana dia lebih dikenal sebagai sup brenebon. Makanan bergizi berbahan utama kacang kacangan yang satu ini sebenarnya bukan makanan vegetarian karena biasanya menggunakan daging sandung lamur. Namun, bagi Mama dan keluarga yang sedang menjalankan vegetarianisme, daging bisa diganti dengan jamur. 


Untuk membuatnya ada beberapa bahan yang perlu Mama siapkan. Dalam resep Sup Kacang merah Masako® ini, memang dipakai daging sandung lamur. Tapi, mama bisa menggantinya dengan jamur tiram untuk versi vegetarian. 


Makanan bergizi dari Manado, Sup Kacang Merah


Bahan lainnya adalah: kacang merah rebus, wortel, daun bawang, pala bubuk, minyak goreng, air, dan Masako® Rasa Sapi (yang bisa diganti dengan AJI-NO-MOTO®).

Untuk membuatnya, iris-iris wortel dan jamur. Haluskan sebagian (5 sendok makan) kacang merah rebus. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dan masukkan daging atau jamur. Setelah agak matang, tambahkan air dan masak hingga daging atau jamur masak. Kemudian, tambahkan kacang yang sudah dihaluskan, kacang merah rebus, wortel, dan lain-lain. 


Nah, sup hangat pun siap dinikmati sebagai makanan bergizi kaya akan serat dan sumber vitamin yang penting untuk teman sarapan maupun makan malam di musim hujan ini dan aman dikonsumsi setiap hari. Untuk detail resepnya, silakan kunjungi resep ini di Dapur Umami.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.