Artikel & Tips Intip Daftar Makanan Sumber Lemak Sehat untuk Pria
Intip Daftar Makanan Sumber Lemak Sehat untuk Pria

Intip Daftar Makanan Sumber Lemak Sehat untuk Pria

17 May 2024, 15:05

Lemak sering kali mendapatkan anggapan buruk, terutama bagi pria yang ingin menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, tidak semua lemak memiliki anggapan buruk. Lemak sehat atau dikenal juga sebagai lemak tidak enuh sangat penting bagi tubuh, karena dapat membantu meningkatkan jantung serta fungsi otak. Artikel Dapur umami kali ini akan mengulas seputar daftar makanan sumber lemak sehat untuk pria.

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu sumber lemak sehat terbaik. Buah ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung serat, kalium, dan berbagai vitamin penting seperti vitamin E, C, K, dan B6. Menambahkan alpukat ke dalam salad atau sebagai olesan roti bisa menjadi pilihan yang lezat dan sehat.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete serta biji-bijian seperti chia dan flaxseed adalah sumber lemak sehat lainnya. Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan protein, serat, dan berbagai mineral seperti magnesium dan zinc.

3. Ikan Laut

Ikan seperti salmon, mackerel, dan tuna adalah sumber utama asam lemak omega-3. Omega-3 telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, serta meningkatkan fungsi otak. Konsumsi ikan laut setidaknya dua kali seminggu dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Contoh menu olahan ikan laut adalah Grilled Salmon with Oregano dan  Sate Tuna ala AJI-NO-MOTO®.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ekstra virgin dikenal merupakan minyak yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan masak atau salad dressing dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan peradangan.

5. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan juga mengandung lemak sehat, terutama dalam kuning telur. Selain itu, telur mengandung kolin yang penting untuk kesehatan otak dan berbagai vitamin seperti vitamin D dan B12. Mengonsumsi telur rebus atau sebagai bagian dari sarapan dapat memberikan asupan gizi sebelum beraktivitas. Contoh menu olahan telur adalah Telur Dadar Ala AJI-NO-MOTO®.

6. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung lemak sehat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70% untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Konsumsi dalam jumlah sedang sebagai camilan bisa menjadi cara yang lezat untuk menambahkan lemak sehat ke dalam diet harian.

Menambahkan lemak sehat ke dalam diet harian sangat penting untuk pria yang ingin menjaga kesehatan jantung, otak, dan energi. Mengonsumsi makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan laut, minyak zaitun, telur, dan dark chocolate dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Pastikan untuk mengombinasikan makanan-makanan ini dengan pola makan seimbang dan gaya hidup aktif untuk hasil terbaik. Punya pertanyaan seputar asupan dan kebutuhan lemak harian? Tanyakan saja ke Nutriexpert Dapur Umami

(NTR-AM)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.