Artikel & Tips 7 Hal yang Perlu Dihadirkan di Meja Makan Keluarga
7 Hal yang Perlu Dihadirkan di Meja Makan Keluarga

7 Hal yang Perlu Dihadirkan di Meja Makan Keluarga

22 May 2024, 13:05

Meja makan keluarga adalah tempat yang penuh makna, di mana anggota keluarga berkumpul untuk menikmati atau berbagi makanan dan menghabiskan waktu bersama-sama. Untuk menciptakan suasana yang hangat dan memperkuat ikatan antar anggota keluarga, berikut ini beberapa hal yang perlu coba dihadirkan di meja makan keluarga:

1. Makanan yang lezat

Makanan yang lezat merupakan inti dari pengalaman bersantap bersama keluarga di rumah. Hidangkan makanan favorit yang disukai oleh semua anggota keluarga atau hadirkan menu-menu baru untuk menambah pengalaman kuliner. Kelezatan makanan akan membangkitkan kegembiraan di meja makan dan menciptakan momen kebahagiaan yang tidak terlupakan. Namun, apabila kamu bingung menentukan masakan apa yang cocok untuk keluarga, coba temukan berbagai rekomendasi resep praktis di Dapur Umami. Berikut ini beberapa rekomendasi hidangan yang bisa coba dibuat di rumah untuk keluarga:

 

Nugget Sayur Masako® Tumis Daging Lada Hitam ala Saori® Sop Ayam Kampung ala Masako® Sop Tuna Bumbu Kuning ala Sajiku

2. Keterlibatan dalam persiapan

Melibatkan semua anggota keluarga dalam persiapan makanan adalah cara yang efektif untuk memperkuat ikatan. Ajak mereka untuk membantu memotong sayuran, mencampur bumbu, atau menyusun peralatan makan di meja makan. Ini merupakan kesempatan untuk saling berinteraksi, belajar satu sama lain, dan menciptakan kenangan berharga yang tidak tergantikan.

3. Tanpa gawai pintar

Duduk dan berada di meja makan merupakan waktu yang berharga untuk fokus berinteraksi langsung sesama anggota keluarga. Untuk menciptakan suasana yang lebih akrab, hindari penggunaan gawai pintar atau telepon seluler saat makan. Alih-alih, biarkan momen ini jadi kesempatan untuk saling mendengarkan, berbagi cerita, berbicara, dan terhubung dengan lebih baik.

4. Waktu untuk berbagi cerita

Berada di meja makan merupakan kesempatan berharga dan tepat untuk berbagi cerita atau pengalaman yang dilalui. Berikan kesempatan kepada setiap anggota keluarga untuk bercerita tentang hari mereka, tantangan yang dihadapi, atau hal-hal yang membuat mereka bahagia. Kegiatan ini dapat memperkuat komunikasi antar anggota keluarga dan menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam.

5. Tradisi keluarga

Hadirkan elemen tradisi keluarga di meja makan. Misalnya, menggunakan piring atau peralatan makan warisan keluarga yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Atau menghadirkan hidangan khas keluarga yang selalu disajikan setiap acara istimewa. Hal-hal ini dapat memperkuat identitas keluarga dan menghormati warisan tradisi yang telah ada.

6. Momen bersyukur

Sebelum memulai makan, luangkan waktu sejenak untuk bersyukur. Ajak semua anggota keluarga untuk berbagi apa yang mereka syukuri hari ini. Hal tersebut dapat mengajarkan rasa terima kasih dan mengingatkan kita akan berkat yang telah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Canda dan tawa

Jangan lupakan bagian penting ini juga, meja makan keluarga merupakan tempat untuk tertawa dan bersenang-senang. Selain berbagi makanan dan cerita, biarkan suasana menjadi santai dan penuh keceriaan. Tertawalah bersama, berbagi lelucon, dan ciptakan momen kegembiraan yang akan meninggalkan kenangan indah di masa depan.

 

Keakraban keluarga dapat tercipta bersama dengan menerapkan hal-hal di atas. Mulai hadirkan dan berikan ruang agar kehangatan bersemi perlahan. Ingatlah juga jika makanan bisa menjadi pencair suasana, temukan berbagai resep rekomendasi untuk makan bersama keluargamu hanya di Dapur Umami!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.