Artikel & Tips Umami, Rasa Dasar Kelima Dalam Komponen Rasa
Umami, Rasa Dasar Kelima Dalam Komponen Rasa

Umami, Rasa Dasar Kelima Dalam Komponen Rasa

08 Nov 2022, 19:11

Halo Mama, Pada artikel kali ini kita akan kupas tuntas mengenai rasa umami. Mungkin selama ini Mama penasaran apa sih rasa umami yang sering banget kita dengar (salah satu dari lima rasa dasar). Ternyata rasa umami ini merupakan rasa dasar yang baru saja ditemukan lho! Selain itu Mama juga akan diberitahu mengenai makanan apa saja yang mengandung rasa umami itu. Simak hingga selesai ya Ma.


Apa itu rasa umami?

Selama ini selama kita mengonsumsi makanan, kita hanya mengenal empat rasa dasar, yaitu manis asam pahit dan asin. Rasa dasar ini merupakan sebuah rasa yang di dapat dari rasa asli suatu makanan tanpa kita mencampurkan rasa lainnya. Seperti contoh mudahnya rasa asin pada garam. Nah sekarang Mama akan kita ajak untuk mengulas rasa dasar kelima, yakni rasa Umami.


Rasa umami ini ternyata berasal dari Bahasa Jepang yang berarti “gurih yang menyenangkan”. Rasa gurih alami ini melengkapi empat rasa dasar yang sebelumnya. Rasa ini dapat diindera oleh lidah kita setelah kita mengkonsumsi makanan yang terbentuk secara alami mengandung bahan-bahan berikut ini. Bahan yang dimaksud seperti Glutamat, guanilat, dan inosinat yang terkandung dalam makanan.


Sebagian besar rasa umami ini dirasakan oleh lidah kita setelah menyantap atau memakan sesuatu yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Nah untuk selanjutnya rongga mulut kita menghasilkan air liur untuk membantu mencerna protein yang masuk tadi. Inilah yang pada akhirnya memberikan sensasi menyenangkan pada lidah dan mulut.


Pengertian rasa umami alias gurih lezat ini ternyata baru saja ditemukan dan dimasukkan ke dalam rasa dasar. Rasa ini ditemukan kurang lebih pada tahun 1980an oleh Dr. Kikunae Ikeda. Dr.Ikeda ini melakukan penelitiannya dimulai setelah beliau mencicipi sup kaldu jenis rumput laut.


Rasa umami dalam makanan

Berikut Mama akan diajak untuk mengetahui jenis makanan yang memiliki rasa umami. Beberapa makanan yang memiliki rasa gurih ini dapat berupa bahan bahan nabati maupun hewani. Bahan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang selanjutnya membentuk senyawa asam amino glutamat, yang menjadi komponen utama untuk menghasilkan rasa Umami. Agar tidak semakin penasaran, yuk simak langsung hingga selesai ya, Ma.


1. Daging

Pada saat Mama mengkonsumsi daging, baik diolah menjadi steak, sei, patty, sosis, maupun nugget, tentu Mama akan merasakan sensasi gurih nikmat kan? Nah itulah yang disebut sebagai rasa umami. Karena daging sapi mengandung glutamat yang sangat tinggi, sekitar 10 miligram glutamat untuk setiap 3 ons daging.


2. Tahu dan Tempe

Duo olahan kedelai ini, yakni tahu dan tempe, menghadirkan cita rasa gurih sedap yang menyenangkan juga lho! Selain tahu dan tempe, Mama juga perlu berkenalan dengan olahan kedelai yang lainnya, yakni Miso. 

Miso juga merupakan hasil fermentasi dari kedelai, yang berupa pasta. Miso ini digunakan seperti dalam sup, kaldu, maupun saus rendaman.


Dalam proses fermentasi dari kedelai ini, kadar glutamat yang dikandung dapat meningkat. Seperti contohnya pada miso, dalam setiap 100 gram pasta miso ini mengandung hingga 700 mg glutamat.


3. Jamur

Selain tahu dan tempe yang merupakan penghasil rasa umami nabati, jamur juga memiliki kadar glutamat yang tinggi. Jamur enoki yang sering Mama konsumsi, misalnya, mengandung hingga 100 mg glutamat. Sementara itu, jamur shimeji yang sering Mama masak sebagai campuran pasta mengandung 140 mg glutamat.


Bagaimana, sudah tahu tentang rasa umami kan Ma? Ternyata rasa gurih bisa dengan mudah pula kita temukan di dalam bahan makanan yang menyehatkan yah. Stay healthy!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.