Trik Masak Bulgogi Daging Sapi Khas Korea, Coba Yuk!

Hai Ma, topik Dapur Umami kali ini spesial banget, lho. Kita bakal menghadirkan inspirasi ide menu khas dari Negeri Ginseng, Korea. Demam K-Pop masih melanda Indonesia dan dunia ya, Ma. Bahkan, demam K-Pop ini membuat masyarakat juga ingin mencicipi makanan khas Korea. Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas Korea, namun bulgogi adalah menu yang paling cocok di lidah orang Indonesia.


Apa sih yang masakan bulgogi itu bulgogi? Jadi, bulgogi merupakan menu masakan khas Korea dengan bahan dasar daging sapi yang diiris tipis dan dibumbui dengan berbagai rempah. Sehingga, menghasilkan masakan yang nikmat dan bumbu lebih meresap hingga ke dalam daging sapi.


3 Ide Masak Variasi Bulgogi Daging Sapi

Bahan dan cara memasaknya juga sangat mudah lho, Ma. Sebab, Bulgogi daging sapi memakai bumbu sederhana yang tidak ribet. 

Seperti: bawang merah, bawang putih, lada, garam, kecap, gula, serta sedikit minyak wijen. Setelah dimarinasi selama 30 menit, Bulgogi bisa dipanggang seperti memasak daging sapi pada umumnya. Biar gak bosen, Mama bisa mencoba tiga ide menu bulgogi di bawah ini.


1. Beef Bulgogi dengan Sayuran.

Bulgogi yang ditambahkan dengan sayuran ini tentu kandungan nutrisinya akan lebih banyak ya, Ma. Bisa dibilang resep masakan ini adalah versi klasik daging sapi khas Korea yang diolah dengan sayuran. Beef Bulgogi dengan sayuran bisa menjadi menu alternatif yang sehat dan mampu menambah imunitas. 


Menyajikan daging tanpa lemak, irisan daun kol, daun bawang, serta taburan wijen. Hidangan ini bisa dimasak dalam waktu kurang dari 30 menit. Dan pastinya, bakal disukai seluruh anggota keluarga Mama. 


2. Bulgogi Daging Sapi Sambal Pedas.

Menu yang ini cocok untuk Mama dan keluarga yang menyukai pedas. Tingkat kepedasannya juga bisa diatur sesuai selera ya, Ma. Mungkin Mama ingin menyajikan buat anak-anak atau kakek-nenek, maka level pedasnya bisa dikurangi atau tidak menggunakan lada. 


Bulgogi Daging Sapi Pedas bisa dikombinasi dengan selera Nusantara seperti tambahan nasi, sambal matah khas Bali, sambal bajak, atau sambal tomat. Wuihh… membayangkan aja udah bikin ngiler. Perpaduan citarasa Korea dan selera Nusantara dalam varian Bulgogi kali ini, ppasti bikin keluarga Mama nagih dan jadi menu idola di akhir pekan. 


3. Bulgogi Mie Udon Tumis

Bahan utama daging sapi dalam menu ini adalah irisan daging sapi tipis dan mie udon. Sekadar info, udon adalah mie yang dibuat dari tepung terigu khas Jepang. Mama bisa menggunakan Udon dalam hidangan apapun. Karena, udon cepat matang dan menyerap semua rasa bumbu yang ditambahkan. 


Selain itu, di menu ini ada tambahan sayuran yang tentunya bisa menambah kelezatan sekaligus nutrisi bagi keluarga Mama. Aromanya begitu menggoda selera, jadi bisa menambah nafsu makan anak-anak yang terkadang sulit makan atau picky eater.


Masak daging sapi yang sudah diiris tipis di atas wajan panas dalam beberapa menit. Bulgogi Mie Udon siap disajikan sebagai makanan ideal praktis setiap saat. 


Tips berguna masak bulgogi daging sapi

Bulgogi berarti “fire meat” atau daging yang dimasak di atas api, dalam bahasa Korea. Secara tradisional, bumbu marinasi dibuat dengan daging sapi asli. Akan tetapi, agar lebih praktis dan bebas ribet, Mama bisa membeli bumbu-bumbunya di supermarket atau toko-toko kelontong. Selain rasanya yang enak dan berkualitas, Mama jadi gak repot deh, menyiapkan semua sendiri. 


1.Perlu diingat, agar daging sapi bisa diiris tipis, bungkus daging dengan plastik dan masukkan ke freezer sampai sebagian beku, ya. Kemudian, ketika memasak daging sapinya, Mama boleh tambahkan buah pir. Buah pir dapat membantu melunakkan daging dan menambah cita rasa manis secara alami pada bumbunya. 


2.Untuk jenis sayurannya, Mama juga bisa memasukkan wortel, paprika, atau jamur ke dalam Bulgogi. Sayuran sangat bagus untuk menambah serat dan mengurangi kalori bagi yang sedang diet karbo. 


3.Satu lagi Ma, sebisa mungkin ketika memasak Bulgogi, gunakan panci ukuran medium dan jangan terlalu kecil. Jika pancinya terlalu kecil atau penuh, daging jadi lebih lama matang dan kering. Tetapi, kalau panci yang dipakai medium, daging yang tipis akan matang lebih cepat dan juicy. Serta, memberikan aroma arang atau asap yang enak.


Yuk, langsung dipraktekkan resep Dapur Umami kali ini. Mama juga bisa mengirimkan inspirasi menu kreasi Mama ke Dapur Umami, klik tautan ini. Ditunggu kreasi resep-resep terbaik Mama, ya! 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/makanan-korea-makanan-bulgogi-2094587/