Tips Hidrasi Sehat Agar Produktivitas Tubuh Tetap Optimal

Masih banyak orang yang belum memenuhi asupan cairan melalui air putih dengan baik. Padahal konsumsi air putih yang sesuai kebutuhan memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan, kebugaran hingga kecantikan. Bagi sebagian orang mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan merupakan hal yang sulit sehingga kebutuhan cairan hariannya tidak terpenuhi dengan baik. Air putih sendiri merupakan salah satu senyawa gizi yang berperan penting dalam menunjang metabolisme zat gizi lainnya di dalam tubuh. 


Konsumsi air putih yang cukup berhubungan dengan status hidrasi agar tepat sehat dan optimal. Namun, tidak semua orang memahami pentingnya konsumsi air putih sesuai kebutuhan dan mencegah dehidrasi. Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya sekedar bagian dari memenuhi kebutuhan dan asupan gizi sehari-hari saja, melainkan juga meningkatkan kinerja tubuh dan memiliki sistem imun yang baik.


Air yang dikonsumsi setiap hari memiliki berbagai peranan penting dalam tubuh, seperti melarutkan vitamin dan mineral tertentu, melarutkan zat-zat hasil metabolisme dan lain sebagainya. Berdasarkan Peraturan Kementrian Kesehatan tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi, agar memiliki hidrasi yang sehat, laki-laki dan perempuan dewasa setidaknya harus mengonsumsi air putih sebanyak 2-2.5 L per hari. 


Akibat kurang konsumsi air putih adalah seseorang akan terkena dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi dapat bersifat ringan, sedang hingga berat. Dehidrasi ditandai dengan wajah pucat, tenggorokan kering, lemas, menurunnnya produktivitas kerja, frekuensi berkemih yang sedikit hingga kelelahan. Konsumsi air putih yang kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan juga dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. 


Konsumsi air putih bagi wanita dewasa sebanyak 7 gelas per hari dan pada laki-laki dewasa sebanyak 8 gelas per hari, dimana setiap gelas mengandung air putih sebanyak 250 mL. Memenuhi kebutuhan cairan agar tetap terhidrasi dengan baik dan sehat bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah 5 tips agar kebutuhan cairan dapat terpenuhi setiap hari dan memiliki hidrasi sehat.



  1. Minum air putih saat bangun tidur
  2. Minum air putih 1-2 jam sebelum makan besar atau makan utama
  3. Minum air putih saat akan tidur
  4. Minum air putih setelah makan
  5. Membiasakan membawa air putih saat sedang beraktivitas di luar


Hidrasi sehat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari tidak hanya mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas hidup melainkan juga meningkatkan konsentrasi, meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Status hidrasi yang sehat dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit infeksi pada tubuh.


Apabila ingin memiliki hidrasi yang sehat, maka kebiasaan terkait memenuhi kebutuhan konsumsi air putih juga harus diperhatikan dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan beragam, bergizi dan seimbang serta penuhi kebutuhan cairan setiap hari.


Picture source:

https://www.freepik.com/photos/water">Food photo created by freepik - www.freepik.com