Tiga Jenis Sambal Ayam Geprek dengan Pilihan Level Kepedasan

Siapa yang mampu menolak kelezatan ayam geprek, olahan ayam dengan tepung berempah yang rasanya gurih dan kriuk di kulit luarnya itu. Apalagi kalau sudah dilengkapi dengan sambal ayam geprek yang bisa beraneka ragam itu! Apalagi kalau ditemani lalapan!

Tapi, ada satu hal yang mungkin membuat sebagian orang agak menjauhi ayam geprek. Sambalnya seringkali terlalu pedas buat sebagian orang.


Supaya kelezatannya bisa dinikmati lebih banyak orang, Mama bisa mencoba berbagai jenis dan level kepedasan sambal untuk ayam geprek. Berikut Mama bisa intip resep sambal ayam geprek yang bisa Mama sajikan di rumah.


Sambal ayam geprek: sambal bawang pedas mantap

Sambal yang satu ini memang paling umum digunakan sebagai pasangan dari ayam geprek, untuk bahan sambal utamanya tentu saja menggunakan bawang. Untuk membuatnya Mama perlu siapkan terlebih dahulu bawang putih (5 siung), bawang merah (4 siung), 10 buah cabai rawit merah, 10 buah cabai keriting, garam, dan AJI-NO-MOTO®.


Cara membuatnya, Mama hanya perlu menghaluskan bawang putih, cabai, garam hingga halus. Setelah itu koreksi rasa, untuk rasa yang lebih mantap Mama bisa menambahkan bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. Tuang sedikit minyak panas bekas menggoreng ayam geprek yang sudah disiapkan tadi. Aduk rata sambal yang telah dihaluskan dengan minyak panas hingga merata, lalu geprek ayam. Siapkan jeruk nipis sebagai pendamping. Langsung sajikan dengan nasi hangat, awas nasi Mama akan lekas habis.


Sambal mozarella molor

sambal ayam geprek mozarella? Yap, kreasi sambal ayam geprek satu ini bisa menjadi salah satu alternatif baru dalam menyajikan ayam goreng. Rasa asin dari keju mozarella ini akan menciptakan rasa sambal yang unik. Untuk jenis kejunya, pilih keju mozarella yang padat yah Ma.


Untuk membuatnya Mama bisa haluskan 15 siung bawang putih, kacang tanah (100 gram, goreng, buang kulit arinya), cabai rawit, dan tentunya Mama juga siapkan 150 gram keju mozarella yang di iris tipis.


Cara membuatnya, Mama siapkan wajan anti lengket terlebih dahulu. Geprek ayam yang sudah disiapkan dengan bahan sambak yang telah dihaluskan, jika sudah halus letakkan diatas wajan anti lengket, tata mozarella diatasnya. Tutup rapat, masak hingga keju meleleh. Sajikan hangat, sajian ayam geprek sambal mozarella ini tentu menjadi favorit Kakak.


Mozarella juga bisa lho masuk resep sambal ayam geprek anti mainstream


Sambal kemangi

Perpaduan dari rasa pedas sambal dengan wangi khas kemangi ini akan menjadi kesukaan keluarga, walau kemangi biasa digunakan sebagai lalapan, tetapi kali ini Mama bisa memanfaatkannya sebagai campuran sambal. 


Mama perlu siapkan bahan yang diperlukan, cabai merah besar, cabai hijau, cabai keriting merah, bawang putih (5 siung), tomat (2 buah), terasi, garam, gula, AJI-NO-MOTO® dan tentunya kemangi. Untuk level kepedasannya Mama bisa sesuaikan sendiri sesuai kesukaan anggota keluarga. Bila tidak suka terasi, Mama bisa skip untuk terasinya.


Untuk membuat sambal ayam geprek ini, caranya mudah saja, goreng semua bahan kecuali kemangi hingga matang, setelah matang, haluskan di ulekan, tambahkan garam, gula, bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. Tes rasa apakah sudah pas, terakhir masukkan kemangi, ulek sebentar saja bersama ayam goreng yang sudah disiapkan sebelumnya. Sajikan bersama lalapan kol, terung goreng, dan tempe hangat. Dijamin nagih.


Cukup mudah bukan untuk membuat dan mempraktekan aneka sambal ayam geprek di dapur Mama? Sajikan ketika makan bersama keluarga, dijamin bikin melek dan ketagihan.