Tiga Cara Membuat Pizza dengan Bahan yang Tersedia

Salah satu masakan dari Eropa yang saat ini sudah menjadi bagian sehari-hari kehidupan Indonesia adalah pizza. Di tempat asalnya makanan ini dibuat dari roti yang dipanggang khusus dan diberi topping saus, keju, dan lain-lain. Tapi saat ini ada bermacam-macam cara membuatnya, mulai dari yang sederhana hingga yang seperti aslinya. 


Selain cara membuat yang berbeda, bahan-bahan untuk membuat pizza saat ini juga sangat beragam. Banyak di antaranya yang menggabungkan berbagai elemen lokal, menjadikan pizza makanan yang ada di berbagai tempat di dunia dan berbaur dengan berbagai kebudayaan dunia.


Secara umum, hidangan ini lengkap karena memiliki paduan karbohidrat, sayuran hijau, buah, dan bahkan protein langsung di satu tempat.


Kali ini, kita akan melihat sejumlah cara membuat pizza dengan beragam bahan yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang Italia sendiri. 


Pizza Mie Goreng

Resep pertama kita ini adalah pizza yang mungkin sama sekali tidak ada di Italia tapi akan akrab di lidah kita. Bahan-bahannya kemungkinan besar sudah ada semua di dapur Mama. Mie rebus, sosis, dan Sajiku® tepung bakwan adalah bahan utama yang dibutuhkan. Untuk toppingnya, Mama perlu siapkan saus tomat, keju parut, dan seledri cincang. 


Selain itu, mama hanya membutuhkan minyak untuk menggorengnya dan air untuk mencampur adonan. 


Cara membuatnya adalah pertama-tama dengan merebus mie hingga cukup lunak. Kemudian campurkan mie rebus dengan sosis dan tepung bakwan. Ketika adonan sudah siap, nyalakan api dan panaskan minyak secukupnya saja. Ketika minyak sudah cukup panas, tuangkan adonan dan biarkan hingga berubah warna untuk kemudian dibalik. 


Ketika adonan sudah cukup keras, tuangkan saus tomat dan taburkan keju serta seledri di atasnya. 

Dari bahannya, pasti mama sudah bisa menebak bahwa pizza anti-mainstream ini cukup mengenyangkan. 


Pizza Bolognese

Pizza kedua ini sedikit lebih mirip saudara aslinya dari Italia. Bedanya hanya pada rotinya yang menggunakan bahan roti tawar yang sangat mudah didapatkan di toko dekat rumah. Untuk urusan rasa, bumbu bolognese pasti sudah akan membawakan atmosfer italia. 


Yang praktis harus Mama siapkan adalah toppingnya. Bahan-bahannya adalah saus pasta bumbu Bolognese dari AJI-NO-MOTO®, nanas dan paprika hijau sesuai kebutuhan (potong dadu kecil), keju parut yang mudah leleh. 


Cara membuat Pizza ini adalah dengan mengoleskan saus pasta di atas roti tawar, menambahkan potongan-potongan nanas dan paprika hijau di atasnya dan menaburkan keju di bagian paling atas. Selanjutnya, siapkan wajan teflon dengan sedikit diolesi minyak atau margarin untuk memanggang pizza. Gunakan api kecil ya, Mama.  

Begitu keju terlihat lumer, angkat roti dan sajikan. Mama sudah punya pizza mudah dengan cita rasa Italia!


Pizza Ayam

Ini dia pizza unik lain yang bisa dibuat dengan menggunakan roti tawar sebagai rotinya. Untuk membuat ini, selain mempersiapkan roti tawar, Mama perlu menyiapkan ayam (75 gram, direbus dan disuwir), jagung manis (100 gram), paprika merah, paprika hijau, keju (yang mudah leleh, diparut), dan Mayumi® pedas. 


Cara membuat pizza ini hanya satu langkah: oleskan Mayumi® di seluruh permukaan roti tawar, taburkan suwiran ayam, paprika merah, dan paprika hijau, dan taburkan parutan keju. Selanjutnya mama bisa memanaskan wajan datar dan memberinya margarin. Terakhir, panggang semua di atas wajan yang sudah panas ini. 


Terakhir, sebelum disajikan, berikan seledri cincang di atas topping. Seledri cincang ini akan memberikan cita rasa yang khas pada hidangan. 


Dengan tiga cara membuat pizza yang berbeda ini, Mama sudah bisa menyajikan satu hidangan yang lebih secara gizi. Dan yang penting, keluarga pasti menyukainya.