Tiga Alasan Kita Perlu Resep Sehat Akhir Pekan

Memangnya kenapa mama perlu menyiapkan resep khusus untuk akhir pekan? Sebagian besar dari kita mengira bahwa kebutuhan kita di akhir pekan tidak berbeda dengan kebutuhan pada hari-hari yang lain. Namun, setelah mengetahui beberapa hal yang akan kita bicarakan berikut ini, pasti mama akan setuju kita memang butuh resep khusus akhir pekan. 

Dan, resep khusus itu bukan sekadar resep yang berbeda. Kita butuh resep yang secara khusus lebih sehat daripada resep di hari-hari biasanya. Berikut tiga alasan yang menuntut mama memperhatikan makanan keluarga akhir pekan.  


Makan di Luar

Di akhir pekan, mama dan keluarga biasanya suka ke luar rumah untuk refreshing. Ada kalanya kita keluar untuk olahraga, untuk mengantar anak berkegiatan di luar rumah, atau sekadar mengunjungi orang tua yang tinggal di kota yang sama. 

Di masa PPKM ini, ada kalanya mama dan keluarga masih bisa mengunjungi tempat-tempat makan favorit. Biasanya mama dan keluarga masih suka mengunjungi tempat-tempat makan yang sudah menjadi kegemaran dan bisa dipercaya kepatuhannya terhadap prokes dan era normal baru.

Makan di luar seperti ini seringkali menjadi selingan yang menyenangkan dan mama serta keluarga bisa dengan bebas memesan berbagai kuliner yang tidak biasanya dinikmati dalam menu sehari-hari, mulai dari nasi goreng sampai coto Makassar.

Di sini kita tidak bisa mengontrol sebanyak apa gula, lemak, atau garam yang digunakan dalam resep-resep tersebut. 


Banyaknya Cemilan

Satu hal lain yang seringkali tidak bisa dihindari dari pola makan di akhir pekan adalah seringnya kita makan cemilan. Karena berolahraga atau bepergian dengan keluarga, kita jadi tanpa sadar banyak ngemil. Terkadang cemilan buatan sendiri seperti pisang goreng. Tetapi ada kalanya juga cemilan kemasan. 

Tidak jarang, kebiasan ngemil selama bepergian ini akhirnya membuat kita cukup kenyang. Kalau kita tidak keluar, bisa jadi kita tinggal pesan cemilan melalui delivery. Begitu mudahnya hari-hari ini kan? Kita tidak perlu repot-repot keluar. Justru makanannya yang mendatangi keluarga mama!. 

Dampak yang sering muncul adalah tanpa sadar kita mengkonsumsi zat-zat tertentu lebih banyak dari biasanya. Yang paling sering adalah asupan gula kita selama akhir pekan menjadi jauh lebih banyak daripada biasanya. Cemilan-cemilan yang semacam ini akhirnya bila ditotal akn menghasilkan nilai asupan lemak yang tinggi.


Bangun Siang

Hal lain yang mungkin terjadi adalah karena kita bangun siang, akhirnya ritme makan kita berbeda dengan hari-hari biasanya. Di sini, akhirnya yang terjadi adalah asupan gizi kita bisa berbeda dengan yang lazimnya kita dapatkan pada hari-hari biasa. Terutama, di sini biasanya yang berkurang adalah asupan sayur kita. 

Ada dua hal yang bisa terjadi kalau jadwal makan kita sudah mulai mundur. Yang pertama adalah biasanya kita jadi banyak ngemil di antara waktu brunch dan makan malam. Kalau cemilan yang kita konsumsi pada saat ini tidak bagus, maka itu sendiri juga menjadi masalahh. Ngemil untuk menggantikan makan biasanya akan membuat kita ngemil dalam porsi besar. 

Hal lain yang bisa terjadi di sini adalah makan malam kita jadi telat karena sarapan yang telat dan makan sore yang telat. Hal ini membuat sebelum tidur kita masih lapar. Akibatnya, kita makan dua atau bahkan satu jam sebelum kita tidur malam. Sebagaimana mama tahu, makan berat di atas jam 7 malam bukanlah kebiasaan yang bagus. 

Karena ketiga hal inilah, mama perlu menyadari perlunya mempersiapkan resep-resep khusus untuk akhir pekan. Resep-resep sehat akhir pekan ini akan membantu mama dan keluarga mengimbangi pola makan di akhir pekan yang bila dibiarkan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan kita. 

Intinya: kalau maka sulit mengendalikan pola makan di akhir pekan, setidaknya mama bisa melakukan antisipasi!