Tidak Hanya Enak, Olahan Buah Bit Juga Menyehatkan

Buah bit? Mungkin diantara Mama masih asing dengan buah yang satu ini. Buah ini merupakan jenis umbi-umbian yang kaya manfaat loh, Ma.


Manfaat buah bit untuk kesehatan memang luar biasa. Buah bit memiliki kandungan serat.


Mengonsumsi buah bit bermanfaat untuk menjaga melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan, Buah bit juga mengandung asam folat, vitamin c, kalium, magnesium, dan zat besinya yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan stamina, dan banyak lagi.


Dengan warna merah keunguan yang mencolok, buah ini sering juga digunakan sebagai pewarna alami untuk campuran makanan. 


Di artikel ini akan kita bahas lengkap bagaimana olahan buah bit ini dimanfaatkan, mulai dari dijadikan menu utama, dessert, hingga camilan yang menyehatkan. Bosan kan Ma, kalau dikreasikan jus buah bit terus. Simak dan catat terus ya Ma!


Sup buah bit

Olahan buah bit yang satu ini merupakan salah satu menu pembuka yang bisa dinikmati dengan roti. Cara membuatnya mudah saja: Mama perlu siapkan buah bit yang sudah digosok bersih di air mengalir. Setelah itu rebus buah bit kurang lebih 45 menit hingga satu jam atau sampai buah bit ini matang.


Bila buah bit sudah matang, Mama bisa kupas dan potong-potong. 

Kemudian, Mama tumis secukupnya bawang bombay, wortel, dan potongan buah bit yang sudah dipersiapkan.


Jangan lupa masukkan sedikit AJI-NO-MOTO┬« agar rasa semakin mantap. Setelah matang, blender halus semua bahan tadi dan kembali didihkan agar sup nikmat disantap selagi hangat. 


Sup ayam buah bit

Sajian kali ini kita akan memanfaatkan buah bit dengan dipadukan dengan ayam untuk menghasilkan sup yang tidak hanya enak namun bergizi tinggi. Sebelum mulai membuatnya, Mama siapkan ayam.


Kalau ingin lebih gurih, bisa Mama gunakan ayam kampung. Potong-potong ayam tersebut dengan ukuran kecil dan buah bit yang juga telah dibersihkan dipotong kecil. 


Untuk membuatnya, Mama perlu menumis bawang putih dan bawang bombay yang telah dihaluskan hingga harum. Masukkan potongan ayam, rebus hingga ayam ini empuk dan mendidih.


Masukkan potongan buah bit, masak hingga matang. Bumbui juga dengan lada, gula, garam dan sedikit MASAKO® rasa ayam. Tes rasa. Bila sudah pas, sup ayam dengan buah bit ini siap disajikan sebagai makanan utama.


Salad buah bit

Buah bit yang kaya akan antioksidan ini akan semakin menyehatkan jika dimanfaatkan sebagai bahan salad. Sebagai salad, buah bit ini juga akan sangat memanjakan mata dan menggugah selera karena warnanya yang merah.


Untuk membuatnya, Mama bisa cuci bersih buah bit, iris-iris hingga sama tebalnya, dan masukkan ke dalam aluminium foil. Bungkus rapat dan masukkan ke dalam oven hingga matang.


Selagi menunggu buah bit matang, Mama bisa siapkan jagung manis pipil, wortel yang diparut memanjang, mentimun yang juga diparut memanjang, olive yang sudah dipotong-potong, selada romain, dan kacang mete yang sudah digoreng. Campurkan semua bahan dengan buah bit yang telah matang tadi dan nikmati dengan dressing minyak zaitun ataupun saus thousand island sesuai dengan selera.


Buah bit goreng

Ini dia camilan atau makanan penutup yang ringan: bit goreng. Kok bisa? Ini karena buah bit juga merupakan umbi seperti halnya kentang. Maka, Mama juga bisa memanfaatkan buah bit ini dengan cara digoreng deep fried dengan minyak banyak hingga crispy loh.


Untuk Mama yang ingin mengolah dalam versi yang lebih sehat lagi, Mama juga bisa memanggang buah bit ini hingga matang. Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise ya, Ma.

Setelah menyimak artikel diatas, semoga Mama semakin semangat dalam mengolah bahan baru dalam memasak. Selamat mencoba, Mama. Semoga sehat selalu!