Tawaran Dapur Umami untuk Sarapan Gizi Seimbang

Kalau ada yang bertanya apa yang istimewa dari Dapur Umami, mungkin orang menjawab resep-resepnya yang beragam dan informasinya yang berharga. Tapi tahukah mama bahwa Dapur Umami juga kaya dengan satu hal lain: inspirasi makanan lezat sesuai gizi seimbang!


Nah, kita akan coba intip resep-resep di situs kegemaran Mama ini yang sangat pas sesuai prinsip gizi seimbang yang dianjurkan kementerian kesehatan. Jadi, tanpa berlama-lama mari kita intip empat tawaran Dapur Umami untuk sarapan gizi seimbang berikut ini. 


Tumis Ayam Sayur Ala Masako

Resep Tumis Ayam Sayur ala Masako ini tampak sedikit lebih kompleks dari Kailan Cah Udang, memang. Tapi jangan salah, semua itu hanya karena bahannya yang beragam. Dalam sajian sarapan ini, yang dimaksud sayuran adalah sawi putih, jagung muda, bunga kol, dan bisa ditambahkan lainnya. 


Untuk caranya sendiri sih sebenarnya sangat mudah. Setelah ayam agak matang, masukkan sayuran satu demi satu. Tidak ada urutan khusus untuk sayur-sayurnya. Hanya ayamnya saja yang perlu dimasukkan terlebih dahulu.

Ketika Mama masak ini, yang perlu ditambahkan untuk mencapai gizi seimbang hanya sedikit buah dan nasi. 


Tumis ala Dapur Umami demi Gizi Seimbang

Tumis ala Dapur Umami demi Gizi Seimbang


Ayam Bakar Salsa Jagung

Di antara berbagai resep Dapur Umami dalam daftar ini, mungkin Ayam Bakar Salsa Jagung inilah yang membutuhkan usaha lebih banyak dari yang lain. Mama perlu menyiapkan nasi, salsa, dan ayam bakar. Tiga elemen ini membutuhkan perlakuan sendiri-sendiri.


Tapi jangan buru-buru takut, justru karena ragamnya inilah sajian ini adalah yang paling sesuai dengan gizi seimbang dibandingkan yang lain. Lihat saja: nasi yang ditawarkan adalah nasi dengan berbagai ragam biji, bukan nasi putih yang terkenal memiliki indeks glikemik paling tinggi.


Selain itu, ada sayuran dan buah-buahan yang di sini diolah dalam satu bentuk, yaitu salsa. Hidangan khas meksiko ini memadukan jagung manis, tomat, dan alpukat dalam satu bentuk.


Terakhir tentu saja ada ayam bakarnya yang dimarinasi dengan rempah, jeruk nipis, dan bumbu kebanggaan dari PT. Ajinomoto Indonesia. Pilihan membakar ayam ini juga bagus karena ikut mengurangi konsumsi minyak yang cenderung lebih banyak saat kita menggoreng ayam. Selain tentu saja ini menjadikan citarasanya lebih kuat.


Percaya deh, Mama, Ayam Bakar Salsa Jagung ini memang worth it sebagai sarapan gizi seimbang sekaligus lezat!


Salsa dan Ayam Bakar, dari Meksiko ke Dapur Umami

Salsa dan Ayam Bakar, dari Meksiko ke sarapan Dapur Umami


Kailan Cah Udang 

Di antara semua masakan hari ini, inilah yang paling sederhana pengolahannya. Kalau mama sudah terbiasa membuat cah kangkung, pastinya Kailan Cah Udang ini bisa dilakukan dengan sambil nonton drama Korea. Tidak ada yang beda selain penggunaan Kailan, bukan kangkung. 


Oh ya, omong-omong soal Kailan, pasti Mama pernah mendengar bahwa ini adalah sayuran yang sangat kaya dengan berbagai macam kandungan gizi. Sayuran yang sedang naik dan ini kaya dengan vitamin A, E, K, dan C. Belum lagi kandungan mineral dan proteinnya! Dipadukan dengan udang, bayangkan sebanyak apa protein yang bisa didapatkan!


Selain itu, Kailan juga punya segudang manfaat mulai dari menurunkan kolesterol sampai membunuh sel kanker. 


Nah, kalau Mama memasak Cah Kailan dan Udang yang juga diperkuat oleh cita rasa Saus Tiram Saori ini, yang dibutuhkan untuk melengkapinya adalah sedikit nasi atau nasi jagung. Pasti atmosfer meja makan tak kalah dengan restoran eksotis dengan suasana pedesaan yang asri!


Kailan, sayur gizi seimbang segudang manfaat

Kailan, sayur gizi seimbang segudang manfaat


Kailan Dua Rasa Masako

Terakhir, untuk melengkapi resep Cah Kailan dan Udang tadi, Mama bisa juga mencoba Kailan Dua Rasa Masako. Dalam resep ini, yang menjadi daya tarik utamanya adalah dua jenis bagian Kailan. 


Kali ini, yang diolah adalah bagian batang dan daun Kailan. Karena membutuhkan waktu untuk matang berbeda-beda, maka kedua bagian ini harus dipisahkan. Tentu saja batang butuh waktu lebih lama memasaknya. 


Untuk rasanya, resep ini juga berbeda dengan Cah Kailan Udang yang berkesan seafood. Resep ini cenderung terasa ayam berkat penggunaan Masako rasa ayam. 


Setelah membaca tawaran dari Dapur Umami ini, pasti Mama sudah tidak sabar untuk pergi ke swalayan untuk belanja Kailan dan bahan-bahan lain ini. Kalau ada buru-buru yang dianjurkan, itu adalah buru-buru menyajikan hidangan sehat! Demi keluarga, apa sih yang tidak diberikan oleh Dapur Umami?