Tanda & Gejala Diabetes Mellitus

TANDA & GEJALA DIABETES MELLITUS,

DARI MUDAH HAUS HINGGA TURUN BERAT BADAN

Turun berat badan secara drastis? Jangan senang dulu, siapa tahu hal ini terjadi bukan karena pola makan dan olahraga yang membaik, tapi karena penyakit! Salah satu penyakit yang memiliki gejala turun berat badan signifikan ini adalah Diabetes Mellitus. Penyakit apa, sih, ini?

Apa Itu Diabetes Mellitus?

Dikenal sebagai “sakit gula”, diabetes mellitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kadar glukosa (gula) darah dalam tubuh. Peningkatan kadar glukosa darah dapat disebabkan oleh kekurangan hormone insulin, baik yang bersifat absolut maupun relatif. Berdasarkan consensus Pengelolaan Diabetes Mellitus di Indonesia, diabetes mellitus ini dibedakan jadi 4 jenis, yaitu:

  1. Diabetes Tipe 1 merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh autoimun. Kondisi ini menyebabkan kerusakan sel beta pancreas yang punya peran penting dalam memproduksi hormon insulin. Kekurangan hormon insulin mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah dalam tubuh
  2. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang banyak terjadi di Indonesia! Secara umum, diabetes tipe 2 disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga meningkatkan kadar glukosa darah. Di Indonesia, diabetes tipe 2 banyak terjadi pada usia dewasa serta berkaitan dengan masalah gizi lebih dan obesitas.
  3. Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi pada saat masa kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah pada ibu hamil, sehingga bayi lahir dengan berat badan yang besar. Diabetes gestasional pada ibu hamil harus ditangani dengan baik agar baik ibu maupun bayi dapat selamat selama masa kehamilan maupun saat persalinan.
  4. Diabetes tipe lain atau disebut juga dengan diabetes sekunder tidak disebabkan oleh faktor autoimun, pola makan, gaya hidup maupun kehamilan, melainkan karena adanya penyakit tertentu dan infeksi berat. Contoh diabetes tipe lain adalah diabetes yang disebabkan oleh penyakit utama berupa gagal ginjal (Diabetes Nefropathy).

Tanda dan Gejala Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus biasanya tidak menunjukkan gejala yang berat. Tapi, ada beberapa tanda dan gejala munculnya penyakit ini yang wajib kamu ketahui, supaya kamu bisa mengenali dan mendeteksi penyakitnya sejak dini. Berikut adalah tanda dan gejalanya:

  1. Mudah haus
  2. Mudah lapar
  3. Keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus (polyuria)
  4. Lelah, letih dan lemah
  5. Mudah mengalami infeksi
  6. Pandangan mata mulai kabur (retinopathy)
  7. Apabila terjadi luka pada tubuh, sulit untuk disembuhkan (gangren)
  8. Penurunan berat badan secara drastis yang terjadi tiba-tiba

Meski gejalanya mungkin tidak berat, tapi yang harus kamu ingat, penyakit ini adalah penyakit degeneratif! Artinya, kondisi tubuh penderita akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Karena itu, penanganan penyakit ini pun harus dilakukan dengan serius! Salah satu cara penanganan penyakit ini adalah dengan terapi gizi dan diet khusus sesuai anjuran dokter.

Untuk kamu yang hobi makan junk food atau minuman ringan, yuk segera perbaiki pola makanmu sebelum penyakit ini hinggap di tubuh! Mulai biasakan masak sendiri dengan bahan-bahan yang sehat. Jangan lupa untuk selalu konsumsi nutrisi yang seimbang, ya!