Suka Makanan Korea? Ini Dia Cara Membuat Tteokbokki dengan Mudah!

Resep sederhana cara membuat tteokbokki dengan mudah di rumah. Makanan khas Korea ini cocok dijadikan camilan saat waktu senggang.


Tteokbokki adalah salah satu street food, alias makanan jajan, terpopuler dari Korea Selatan. Kalau sering menonton drama Korea, pasti sering melihat makanan yang satu ini. Tteokbokki terlihat begitu nikmat dibasuh dengan saus gochujang yang sedap dan bahkan sering dimakan bersama mi Korea, alias ramyeon. Dengan cita rasa pedas dan tekstur kenyal, tidak heran makanan ini langsung jadi favorit orang Indonesia juga. Dan cara membuat tteokbokki itu bisa dilakukan sendiri di rumah lho. 


Di Indonesia sendiri mulai banyak restoran yang menjual tteokbokki. Tteokbokki instan juga tersedia di supermarket. Tapi kalau Mama ingin tantangan dalam memasak, begini cara membuat tteokbokki ala drama Korea tersebut. Semua dimulai dari membuat tteok, alias kue beras, yang menjadi bahan dasar hidangannya. 


Untuk cara membuat tteok, Mama memerlukan tepung beras, tepung tapioka dan garam. Semua dicampur menjadi satu adonan yang kemudian dituangkan dengan air panas sedikit demi sedikit. Mama bisa menguleni adonan ini setelah sedikit mendingin. Gulung menjadi panjang seperti tali, kemudian dipotong dengan panjang sesuai selera. Tteok kemudian dikukus sampai matang. 


Tteokbokki yang paling populer disajikan dengan saus gochujang. Untuk menyingkat waktu, Mama bisa membeli saus gochujang instan. Jika ingin tahu cara membuat saus gochujang sendiri, namun Mama harus mencari cabai bubuk khas Korea dan bumbu miso merah yang biasa dipakai untuk membuat resep ini. Tapi jangan khawatir, bumbu gochujang instan juga sudah enak kok! Campur gochujang dengan gula, kecap, bawang putih cincang dan cabai bubuk. Gunakan kaldu untuk merebuts tteokbokki dan sausnya, serta tambahkan otak-otak ala Korea, biji wijen matang, minyak wijen dan daun bawang untuk melengkapi rasanya. 


Tteokbokki yang dihidangkan bersama mi Korea, atau ramyeon, pun mudah disiapkan. Gunakan ramyeon instan dan masak seperti biasa. Campurkan tteok ke dalamnya dan, ya, Mama bisa mencampur kuah ramyeon dan saus tteokbokki untuk resep yang satu itu. Tambahkan telur rebus atau pangsit rebus ke dalam rabokki yang akan dihidangkan. Lebih lengkap lagi jika dilengkapi otak-otak ala Korea, daun kol, dan daun bawang. 


Ada satu lagi cara membuat hidangan tteokbokki yang nikmat dan yang satu ini tidak menggunakan saus gochujang, melainkan saus ganjang. Sering disebut gungjung tteokbokki (kue beras kerajaan) atau ganjang tteokbokki (kue beras dengan saus kecap), rasanya lebih mirip dengan makanan Korea lain yang terkenal, yaitu japchae. Cara membuat gungjung tteokbokki adalah dengan menggunakan daging, jamur, zucchini, wortel dan sayuran lainnya. Bumbunya terasa ringan karena antara lain terdiri dari kecap asin, mirin dan minyak wijen. 


Nah, Mama sudah tahu cara membuat tteokbokki ala drama Korea. Sekarang Mama bisa menambahkan Aji-no-moto ke dalam kreasi kue beras dan menyajikannya sebagai teman nonton drama. Yuk, dicoba!


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/cheesy-tokbokki-korean-traditional-food-black-board-background-lunch-dish_13902873.htm