Soto Ayam Lamongan dengan Kuncian Bubuk Koya

Soto ayam selalu istimewa: dia cocok bila dimakan panas-panas baik itu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Uniknya, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis soto yang berbeda cita rasa, baik itu kuah maupun isiannya. 


Nah, di artikel ini kita akan mengupas tuntas soto dari daerah Jawa timur, yakni Lamongan. Soto di daerah ini cukup terkenal dengan rasanya yang gurih berkat taburan bubuk koya yang digemari itu.


Yuk, Ma, kita simak bagaimana cara membuat soto Lamongan lengkap dengan pembuatan koyanya. Simak hingga akhir artikel ya, Ma.


Bahan-bahan Soto Ayam Lamongan

Untuk membuat soto ayam Lamongan, pastinya Mama membutuhkan ayam. Gunakan ayam kampung maupun goreng ayam potong yang mudah dibuat. Untuk bahan yang dihaluskan, siapkan bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kunyit yang telah dibakar sebentar, ketumbar bubuk, dan merica putih bubuk.


Oh iya, bahan-bahan ini belumlah lengkap tanpa gula, garam, dan MASAKO® rasa ayam.


Pelengkap untuk menikmati soto lamongan adalah kubis atau kol yang dipotong tipis-tipis, potongan kecil jeruk nipis, dan bihun yang telah direndam sebentar hingga empuk.


Cara Membuat resep soto ayam kuning Lamongan

Cara membuat soto ayam lamongan termasuk simple. Siapkan panci Mama untuk memanaskan air sebanyak 2 liter. Panaskan air hingga mendidih dengan daun salam, daun jeruk, dan juga lengkuas.


Setelah mendidih, masukkan ayam yang telah dibersihkan ke dalamnya. Selagi menunggu ayam matang, tumis bumbu soto ayam halus yang sudah dipersiapkan hingga benar-benar matang. Jangan lupa tes rasa untuk memastikannya sudah mantap. Masukkan ke dalam rebusan ayam bumbu-bumbu tersebut.


Setelah dada ayam matang, tiriskan ayam. Ayam ini dapat Mama goreng pada minyak banyak hingga kering untuk selanjutnya disuwir-suwir. 


Dalam mangkuk saji, bisa Mama susun nasi, bihun, kol, telur rebus, dan suwiran ayam. Siram dengan kuah panas soto ayam Lamongan. Siap ditabur dengan koya dan dikucuri jeruk nipis sedikit. Nikmati juga dengan sambal, kecap manis, dan kerupuk udang sesuai selera.


Rahasia Bubuk Koya

Salah satu kuncian makan soto lamongan agar semakin nikmat adalah dengan ditambahkannya bubuk koya. Meskipun saat ini sudah banyak bubuk koya instan yang bisa Mama beli di supermarket, apa salahnya jika membuat sendiri.


Pastinya lebih puas. Bubuk koya ini memiliki ciri akan menambah rasa gurih pada kuah soto lamongan yang akan kita nikmati.


Untuk membuatnya, Mama siapkan bawang putih dan kerupuk udang. Lalu apa lagi ma bahan lainnya? Tidak ada, bubuk koya ini merupakan percampuran dari dua bahan ini. Perbandingan antara kerupuk udang dan bawang putih ini adalah 2 banding 1. Yang artinya 2 buah kerupuk udang untuk 1 siung bawang putih.


Goreng kerupuk udang dalam minyak banyak dan api yang sedang, pastikan kerupuk ini matang sempurna ya, Ma. Jangan sampai ada yang bantat. Selagi menunggu, kupas bawang putih dan iris tipis-tipis.


Goreng bawang putih dalam minyak yang banyak juga. Tiriskan hingga kedua bahan tersebut benar-benar kering dari minyak. Haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender atau cara manual. Untuk selanjutnya simpan koya di wadah kering dan tertutup. Koya ini sudah siap disimpan dan dinikmati untuk taburan soto.


Mama bisa lho mencoba membuat koya ini untuk menemani berbagai resep soto yang ada di Dapur Umami ini.


Demikian resep soto ayam Lamongan lengkap dengan pembuatan koyanya untuk semakin menambah semarak meja makan keluarga Mama hari ini. Selamat mencoba!