Skill Masak Kian Tertantang dengan Resep Spaghetti Unik Ini

Spaghetti adalah makanan yang semakin hari semakin diakrabi oleh masyarakat Indonesia. Mama pasti semakin sering masak hidangan ini di rumah untuk keluarga. Kalau dulu kita lebih akrab dengan mie yang asalnya dari Tiongkok, kini kita tambah akrab dengan sepupu mie yang berasal dari Eropa ini. 


Namun, ada yang unik dengan makanan ini. Dulu kita mungkin hanya akrab dengan spaghetti dengan cara masak yang nyaris seragam. Hampir semuanya memakai saus tomat dan daging giling dengan rempah-rempah Mediterania semacam cilantro. Seperti itulah kiranya Hollywood mengajarkan cara masak makanan ini. 


Tapi, saat ini, spaghetti sepertinya sudah menjadi milik dunia dan setiap tempat punya caranya sendiri-sendiri mengolah. 


Masak Spaghetti ala Dapur Umami

Dapur Umami punya sejumlah cara memasak spaghetti yang semakin menegaskan semakin populernya makanan ini. Ada beberapa resep yang ditawarkan Dapur Umami untuk ini, dan resep-resep itu sangat beragam. 

Uniknya, tidak semua dari menu spaghetti ini yang murni berasal dari Italia dengan cita rasa Italia. Sebagian justru memiliki cita rasa yang bisa dibilang lokal atau setidaknya Asia. Seperti apa sih spaghetti ala Dapur Umami ini? 

Sebelum masuk ke resep utama, Mama perlu memasak spaghetti-nya dulu. Seperti biasa, panaskan cukup air di panci. Setelah air mendidih, masukkan spaghetti dan rebus beberapa saat hingga spaghetti cukup lunak dan mengembang tetapi tidak sampai terlalu lembek.


Spaghetti Italia ala Ajinomoto

Ayo kita mulai dengan resep-resep spaghetti yang mungkin sudah diakrabi semua penggemar kuliner Italia ini. Dapur Umami punya beberapa resep dengan cita rasa lokal yang bisa Mama coba di rumah dengan mudah.

Selanjutnya, cobalah yang pertama ini, yaitu Spaghetti Delito Bolognese. Sebenarnya, “Bolognese” sendiri berarti saus tomat Italia yang berasal dari Bologna. Resep ini sendiri disebut “Delito Bolognese” karena Delito adalah nama produk bubuk saus dari PT Ajinomoto.


Yang perlu Mama ketahui di sini adalah bahwa Delito Bolognese ini sangat mudah dibuat. Mama hanya perlu memanaskan 150 ml air di wajan cekung. Setelah air mendidih, masukkan bahan Delito Bolognese satu per satu. Mama juga bisa lho tambahkan daging giling matang. Setelah semua siap, tuangkan saus Delito Bolognese ke atas spaghetti yang sudah matang. 


Resep yang kedua kedua adalah Aglio Olio Delito. Ini adalah resep cukup populer yang berasal dari Naples. Berbeda dengan bolognese, Aglio Olio hanya menggunakan irisan bawang putih dan minyak zaitun. Sebagai variasi, Aglio Olio bisa juga diberi tambahan tuna atau ayam suwir.


Untuk membuatnya, ada sedikit perbedaan dengan Bolognese. Kali ini, Mama perlu memasukkan spaghetti yang sudah matang ke wajan dengan minyak zaitu. Kemudian, mama bisa tambahkan bahan-bahan bubuk saus Aglio Olio Delito satu per satu. Tuna atau ayam bisa ditambahkan untuk variasi dan tambahan nutrisi.


Spaghetti Cita Rasa Nusantara

Lalu, bagaimana dengan yang bercita rasa Asia? Dapur Umami punya beberapa cara masak spaghetti yang bisa dicoba. Yang pertama-tama bisa dicoba adalah Spaghetti bumbu rendang ini. 


Cara Masak Spaghetti Rendang di Dapur Umami

Cara Masak Spaghetti Rendang Tersedia di Dapur Umami


Coba bayangkan, bagaimana rasanya makan pasta Eropa dengan cita rasa nusantara? Untuk masak ini, Mama membutuhkan bahan-bahan tambahan, yang antara lain terdiri dari daging sapi giling (200 gr), bawang bombay, cabai rawit, cabai kering, dan Sajiku bumbu rendang. Selanjutnya ikutilah instruksi sederhana ini.


Oh ya, ada lagi satu cara masak spaghetti ala nusantara yang wajib Mama coba, yaitu Spaghetti Aglio Olio Sambal Matah ala Delito. Selain spaghetti dan bubuk saus Delito, Mama perlu juga menambahkan bahan-bahan lain untuk ini. 


Asyiknya, bahan-bahan lain itu tidak sulit dicari karena itulah yang memang biasanya Mama pakai untuk membuat sambal matah. Bahan-bahan tersebut adalah bawang merah, daun bawang, daging ayam, minyak goreng, cabai rawit, terasi, dan sereh. Iris-iris kasar semua bahan ini untuk dijadikan sambal matahnya. 


Untuk detail cara masaknya, Mama bisa coba lihat ini. Intinya terdiri dari tiga (selain memasak spaghettinya. Pertama, masak daging ayam dan bumbu sambal matah. Kedua masukkan spaghetti yang sudah matang. Ketiga, mulai masukkan bubuk saus Aglio Olio Delito dan lanjutkan masak sampai matang. 


Nah, dengan mencoba masak beberapa resep spaghetti yang bercita rasa Italia dan Nusantara ini, Mama atau siapa saja yang hobi masak pasti akan terus tertantang. Oh ya, kalau ada resep lain yang unik seperti ini tolong dishare ya, Mama?