Rica-Rica Ayam Kemangi, Santap Siang Semakin Menarik 

Resep ayam rica rica kemangi yang mana resep olahan khas Manado ini memang pedas menyengat dan kaya dengan rempah rempah segar. Rasanya mampu menaikkan nafsu makan keluarga Mama.


Ada beraneka daun yang menjadi ciri khas dari rica-rica ayam ini, seperti daun serai, daun jeruk, dan tentu saja daun kemangi tentu menambah rasa. 

Dengan rica-rica ayam ini, santap siang keluarga hari ini akan semakin menarik. Mama sudah siap bereksperimen di dapur kan?


Rica-rica ayam kemangi pedas nampol

Sesuai dengan artinya, rica yang berarti cabai atau pedas, maka di menu kali ini kita akan coba versi pedas nampol ya ma. Menu ini cocok untuk keluarga Mama yang memang penyuka pedas, bagi yang kurang suka pedas, resep ini tetap bisa diikuti dengan takaran cabe disesuaikan selera.


Bahan utamanya tentu saja adalah ayam (1 kilogram). Selain itu, Mama perlu menyiapkan marinasi dengan kucuran jeruk nipis atau air asam jawa. Bahan-bahan pendukungnya adalah serai, daun bawang, daun pandan, daun kemangi yang telah disiangi daunnya, 3 lembar daun salam dan daun jeruk. 


Untuk bumbu yang dihaluskan, Mama bisa gunakan chopper atau diulek halus saja. Bahan bumbu halus itu antara lain adalah: bawang merah bawang putih cabai dengan takaran sbb: Cabe merah keriting (2 ons), cabe rawit (1 ons), bawang merah (12 butir), bawang putih (5 siung), serai (ambil bagian putihnya saja), dan sedikit jahe yang telah dibakar. Plus, untuk menambah rasa, Mama pasti perlu lada, gula, garam, dan AJI-NO-MOTO®.


Cara membuatnya, dalam wajan masukkan sedikit minyak, diamkan sebentar apinya hingga panas. lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Aduk dan pastikan bumbu matang agar tidak langu. Masukkan ayam yang telah dimarinasi dengan semua bumbu. Masak dengan api sedang hingga air susut dan ayam rica-rica matang. 


Tambahkan daun kemangi yang sudah disiangi, aduk hingga layu. Aroma pedas dan kemangi sudah memenuhi dapur Mama. Tes rasanya. Siap disantap untuk makan siang yang huuh haah. Pedas gurihnya terasa!


Tips memasak rica-rica ayam kemangi: Salah satu nya Mama bisa juga memakai olahan ayam kampung dalam memasak, walaupun nantinya akan menambah durasi dalam memasak, namun ayam kampung akan semakin enak ketika ayam rica-rica ini dipanaskan.


Selain itu saat masukkan ayam kedalam bumbu, masukkan pula cairan marinasi berupa jeruk nipis, asamnya akan menambah rasa nikmat.


Rica-rica ayam kemangi cabe ijo

Variasi rica-rica ayam kemangi yang satu ini memang terlihat sangat unik. Karena biasanya rica-rica ayam identik dengan warna yang merah dari cabenya, kali ini akan berwarna lain.


Selain itu aroma khas dari cabe hijau akan memberikan sensasi tersendiri untuk dinikmati untuk menu makan siang nanti.Yuk langsung kita simak cara pembuatannya.


Bahan yang perlu disiapkan ayam ( 1 kilogram), potong, cuci bersih, dan marinasi dengan air perasan jeruk nipis. Siapkan juga bumbu halus yang diperlukan, Mama gunakan cabe keriting hijau sebanyak 1 ons, cabe hijau besar 1 ons, cabe rawit hijau sesuai selera, bawang merah, bawang putih, dan sedikit jahe.


Untuk bahan pelengkapnya daun bawang, daun jeruk, daun kemangi yang sudah disiangi, tomat, gula, garam, dan MASAKO® rasa ayam untuk memperkuat rasa. Dijamin deh rasanya anti gagal.


Untuk membuatnya sama dengan rica-rica ayam kemangi pada umumnya. Mama perlu tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan semua bahan pelengkap hingga tercium aromanya. Untuk selanjutnya Mama masukkan ayam dan sedikit air dan tutup wajan. Biarkan ayam matang dan air menyusut. Pada tahap paling akhir, masukkan kemangi, aduk kembali hingga layu.


Angkat dan sisihkan. Makan siang begitu menggoda, dengan aroma kemangi yang mantap dan pedas dari cabe hijau, siap untuk nambah piring kedua.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan ya Ma!