Resep Telur Dadar yang Rasanya Tidak Biasa

Bagi yang tidak tahu, mungkin hanya ada tiga jenis resep telur, yaitu telur rebus, telur mata sapi, dan telur dadar. Karena itu, akhirnya telur jadi terasa membosankan. Padahal, kalau kita tahu, ada banyak jenis resep telur, mulai dari telur rebus dibali, telur kecap, telur mata sapi dengan berbagai variasi atau telur dadar. 


Tapi, karena ragam telur terlalu banyak, maka kali ini Mama akan melihat beberapa saja resep telur dadar yang tidak biasa. Beberapa kreasi dadar ini adalah pilihan yang menyegarkan karena cita rasanya yang memang tidak lazim. Selain itu, tampilannya pun juga berbeda. 


Mama sudah penasaran, kan? 



Telur Dadar Abon Cabe

Mari kita mulai dengan resep yang paling sederhana, yaitu telur dadar abon cabe. Kalau melihat ini, mungkin mama tidak akan mengira bahwa telur dadar ini akan berbeda dengan yang biasa mama masak. 


Untuk membuat telur dadar ini, bahan yang perlu disiapkan cukup sederhana. Mama perlu siapkan dua butir telur, abon cabe (yang cara buatnya bisa ikut ini), bawang prei, dan minyak orang secukupnya. 


Cara membuatnya pun tidak berbeda dengan membuat telur dadar pada umumnya: kocok telur ayam dan tambahkan abon cabe. Setelah itu, panaskan minyak di atas kompor. Terakhir, ketika minyak sudah cukup panas, tuangkan telur yang sudah merata di atas wajan dan pastikan telur matang secara merata.


Meskipun prosesnya tidak banyak berbeda dengan membuat telur dadar pada umumnya, telur dadar abon cabe ini berbeda karena adanya rasa pedas yang sesekali muncul dan tampilan telur yang tampak manis dengan taburan cabe di seluruh permukaan dan dalamnya. 



Telur Dadar Kol

Untuk resep yang kedua, mama akan mendapatkan sensasi lain dari telur dadar yang sudah dikenal sebelumnya. Inilah telur dadar kol yang banyak ditemukan di film-film Korea. Resep telur dadar ala korea ini secara umum tidak terlalu berbeda dengan telur dadar pada umumnya. Yang membedakannya hanya pada penggunaan coleslaw atau kol iris tipis-tipis. 


Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak berbeda dari bahan-bahan di atas, yang perlu ditambahkan di sini adalah seperempat kol yang diiris tipis-tipis setelah tulangnya dibuang. Boleh juga menambahkan tepung terigu atau tepung sajiku dan sedikit air agar dadar lebih keras.


Ketika mencampur irisan kol dengan telur, pastikan aduk hingga rata sehingga telur dan kol menyatu sempurna.


Setelah minyak di atas kompor sudah panas, tuangkan adonan telur dan kol. Pastikan untuk membalik telur ketika sudah mulai mengeras untuk memastikan bahwa permukaan bawah dan atas telur dadar mengering sempurna. Bagian dalam telur dadar biasanya akan tetap lembab karena kandungan cairan dalam kol. 



Telur Dadar Krispi

Yang terakhir ini adalah resep telur dadar yang paling anti-mainstream buat mama. Telur dadar ini agak unik karena pembuatannya membutuhkan dua tahap. Tahap pertama tidak berbeda dengan pembuatan telur dadar biasa, seperti digambarkan di atas. Dan tahap keduanya adalah memberinya elemen “krispi.” 

Tapi jangan kuatir, Mama, proses pembuatannya tidak sulit kok. Di tahap pertama, mama bisa memakai bahan-bahan yang biasanya dipakai dalam pembuatan telur dadar: telur, bawang putih, bawang prei, dan garam. Prosesnya juga tidak terlalu beda. Satu tips: kalau bisa buat telur dadar yang tebal agar lebih bagus kalau dijadikan krispi. 


Di tahap yang kedua, bahan dan prosesnya tidak terlalu berbeda dengan membuat ayam krispi. Mama perlu menyiapkan dua adonan: adonan basah dan kering. Tepung bumbu yang dipakai bisa menggunakan Sajiku tepung bumbu untuk ayam krispi (boleh juga yang selera pedas bila mama ingin). 

Masukkan telur dadar ke adonan basah dan kemudian guling-gulingkan telur dadar ke adonan basah. Sementara itu panaskan minyak di atas kompor. Begitu minyak cukup panas, Mama bisa memasukkan telur yang telah mendapat adonan tepung bumbu basah dan kering. Angkat telur dadar ketika adonan sudah berwarna keemasan. 


Dengan ketiga resep telur dadar ini, Mama bisa mendapatkan cita rasa yang berbeda dari makanan yang sudah sehari-hari diakrabi. Di sinilah makanan sehari-hari menjadi makanan yang istimewa. 

Atau, apakah Mama punya resep telur dadar rahasia?