Artikel & Tips Resep Tahu Telur Fantasi yang Bisa Jadi Lauk atau Camilan
Resep Tahu Telur Fantasi yang Bisa Jadi Lauk atau Camilan

Resep Tahu Telur Fantasi yang Bisa Jadi Lauk atau Camilan

26 Jul 2022, 16:07

Akhir pekan sudah kembali di depan mata nih, Ma. Daripada Mama bingung untuk menentukan makanan apa yang cocok dijadikan cemilan maupun lauk, mari kita coba kulik resep tahu telur. Makanan yang identik sebagai khas Jawa Timur ini sangat mudah dikreasikan dengan bahan yang ada di kulkas Mama. Resep yang satu ini jangan sampai dilewatkan. 


Rasanya yang gurih, dan tentu saja menyehatkan karena berbahan dasar tahu dan telur. Kali ini, tahu telurnya disajikan tanpa ditemani bumbu kacang seperti yang ada di Dapur Umami. Karena itulah dia siap disantap hangat hangat untuk kudapan bersama saus tomat, maupun lauk. 


Tahu telur fantasi bihun

Jangan salah fokus dengan namanya ya, Ma. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat tahu telur fantasi yang satu ini adalah tahu putih, telur dan tentu saja beberapa papan bihun. Bihun ini untuk selanjutnya direndam dengan air panas hingga empuk, dan dipotong kecil kecil. 


Sementara itu, untuk bumbunya Mama hanya memerlukan bawang putih yang dicincang halus, merica bubuk, garam, dan AJI-NO-MOTO® untuk menambah kelezatannya.


Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan terlebih dahulu menghancurkan tahu putih. Kemudian, campurkan tahu ini dengan telur, bihun, dan bawang putih. Aduk aduk rata hingga semuanya tercampur dengan baik. Bumbui dengan garam, merica dan AJI-NO-MOTO®. 


Agar tahu telur fantasi bihun ini semakin bergizi, Mama juga bisa menambahkan sayuran di dalamnya. Bisa menggunakan wortel yang di serut memanjang, beberapa bunga kol maupun kubis yang dicincang, atau lainnya sesuai selera.


Siapkan cetakan atau loyang dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan dan tekan-tekan untuk memadatkannya. Kukus adonan tahu telur fantasi selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu.


Bila Mama menggunakan loyang besar, maka tahu telur fantasi ini bisa dipotong seukuran nugget. Untuk selanjutnya buat adonan pelapis, dengan menggunakan SAJIKU® Tepung Bumbu Serbaguna. Goreng hingga kuning keemasan dan lalu tiriskan.


Nah, tahu telur fantasi sudah siap dinikmati hangat-hangat sebagai camilan atau teman makan nasi.


Tahu telur fantasi puyuh

Tahu telur fantasi kedua ini tak kalah simpelnya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya cukup mudah didapatkan. Mama perlu siapkan tahu putih, telur, wortel parut memanjang, duo bawang secukupnya, daun bawang dicincang kasar, garam, gula, dan merica. Agar rasanya semakin nendang, jangan lupa MASAKO® rasa ayam.


Untuk bahan tambahannya, Mama membutuhkan telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas. Selain itu, perlu juga menyiapkan putih telur ayam untuk baluran sebelum tahu telur fantasi puyuh ini digoreng.


Langkah untuk membuatnya memang memerlukan dua langkah, namun sangat mudah kok, Ma. 


Pertama, hancurkan tahu putih dengan garpu hingga halus. Campurkan dengan semua bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa tes rasa terlebih dahulu untuk memastikan rasanya sudah pas.


Kedua, Mama siapkan cetakan kue cupcakes atau kue bolu terlebih dahulu, olesi dengan minyak tipis-tipis saja Ma. Masukkan adonan tahu telur fantasi ke dalam cetakan, letakkan telur puyuh rebus di atasnya, dengan cara sedikit ditekan, agar tidak lepas nantinya waktu digoreng.


Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus selama 15 hingga 20 menit di panci kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya. Angkat dan keluarkan dari cetakan bila sudah dingin.


Langkah terakhir, Mama celupkan tahu telur fantasi puyuh ke dalam putih telur hingga merata. Goreng dengan minyak banyak, dan api sedang saja. Tunggu hingga berubah warna menjadi kuning keemasan tanda sudah matang. Kemudian angkat dan tiriskan hingga sesedikit mungkin minyak yang tersisa. 


Terakhir, sajikan tahu telur di piring saji yang cantik.

Selamat bersantai dengan keluarga di akhir pekan dengan aneka tahu telur fantasi yang mengenyangkan ini ya, Ma!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.