Resep soto betawi: pilih kuah atau oseng?

Soto merupakan makanan berkuah khas Indonesia yang mirip dengan sop, jenis soto ini berbagai macam di setiap daerah, memiliki ke khas an tersendiri. Salah satunya yakni soto Betawi, soto yang berasal dari betawi alias ibu kota ini juga memiliki keunikannya, yakni kuah yang creamy dan rasa gurih yang mantap. 


Rasa creamy yang ada pada kuah ini biasa karena santan, namun bisa juga diganti dengan susu, tergantung selera. Untuk menikmatinya pun beragam, bisa dinikmati langsung dengan kuahnya, atau daging isiannya digongseng bumbu terlebih dahulu. Mama simak artikel ini untuk resep soto betawi yang ciamik ya. 


Resep soto betawi kuah susu

Soto betawi identik dengan 2 hal, yaitu: santan dan susu. Resep soto betawi kuah susu ini rasanya lebih creamy bila dibandingkan yang kuah santan. Dan rasa yang dihasilkan pun gurih, namun ringan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup banyak. Tapi ya sebanding lah dengan kenikmatannya. Sudah siap untuk mencoba?


Bahan untuk mengolah soto betawi kuah susu tentu saja daging sapi sebanyak 500 gram (potong dadu), atau kalau suka Mama juga bisa menambahkan jeroan sapi sebanyak 500 gram. Untuk pilihan daging, sebaiknya Mama pilih bagian sandung lamur atau bisa juga bagian tunjang. 


Sandung lamur dipilih karena bagian ini akan lebih enak bila diolah dengan masakan berkuah yang diolah dengan durasi yang cukup lama. Plus, daging pada bagian ini juga tidak mudah hancur. Bahan lainnya yang tidak kalah penting yaitu 2 liter susu cair UHT, daun jeruk, daun salam, dan sedikit kayu manis.


Bumbu halus yang diperlukan untuk membuat soto betawi ini adalah 15 butir bawang merah, 10 siung bawang putih, merica, jintan, ketumbar,dan sedikit cabe merah (sesuaikan selera). Tidak lupa pula lada, gula, garam, dan tentu saja MASAKO® rasa daging sapi.


Cara membuat soto betawi kuah susu, daging sapi dan jeroan direbus terlebih dahulu hingga empuk, potong dadu atau sesuai selera. Memasak daging dan jeroan ini memang memakan waktu yang lama. Di tempat lain, Mama tumis bumbu halus, aduk rata dengan minyak hingga aromanya keluar. 


Masukkan susu cair. Pakai api sedang dan sambil sesekali diaduk ya, Ma, agar susu tidak pecah. Masukkan semua bumbu lain hingga bumbu meresap dan matang. 


Dalam mangkuk tata potongan daging dan jeroan, tuang kuah susu, tambahkan potongan tomat segar. Nikmati dengan pelengkap emping, acar mentimun, maupun perasan jeruk limau. Hmmm rasa nikmatnya sudah bikin ngiler.


Resep soto betawi oseng

Salah satu cara menikmati soto betawi yang lain daripada biasanya adalah dengan memasak soto betawi oseng. Dengan ciri yang khas daging oseng dan cenderung manis dipadu dengan kuah soto yang gurih akan menambah khasanah rasa di lidah kita. Siapa mampu menolak? 


Bahan yang perlu disiapkan untuk mengolah soto betawi lengkap dengan daging osengnya tentu saja sama dengan resep soto betawi kuah susu di atas, namun ada langkah yang berbeda yang perlu Mama lakukan. Setelah merebus daging dan jeroan hingga empuk, perlu dioseng dengan bahan yang lainnya. 


Siapkan bawang merah 10 biji (iris tipis-tipis), cabe rawit hijau (sesuaikan dengan selera), tomat, kecap manis, kecap asin, dan sedikit SAORI® saus tiram. Ongseng bahan tersebut dengan daging dan jeroan yang telah direbus, tunggu hingga asat dan matang.


Sajikan tersendiri ongseng daging, taburi dengan bawang goreng. Hidangkan bersama kuah soto betawi kuah susu, sambal, dan nasi hangat. Siap untuk menambah porsi kedua.