Resep Puding Lumut Cup Untuk Coffee Break Di Kantor Mama

Apa hidangan yang sedang viral di antara para profesional di sela-sela kesibukan di kantor? Siapa sangka, salah satunya saat ini adalah puding. Itu pula yang akhirnya membuat resep puding lumut, misalnya, saat ini dicari-cari. 


Setelah dua tahun bekerja dari rumah, lebih banyak melakukan aktifitas di rumah, menemani tumbuh kembang si kecil akhirnya Mama bisa kembali work from office alias bekerja kembali dari kantor walau dengan protokol kesehatan yang ketat yah Mama. 


Apalagi masih di awal tahun begini tentu kantor Mama dipenuhi dengan ide dan meeting yang tiada habisnya. Disela sebuah meeting, seminar maupun rapat yang diadakan, tentu kita mengenal istilah Coffee break atau istirahat sejenak sekitar 10 hingga 20 menit untuk beristirahat, dan juga bermanfaat untuk bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. 


Pada umumnya di setiap coffee break ini disediakan minuman hangat dan cemilan kecil. Lalu cemilan apa yang tepat untuk disajikan? Tentu saja ada pilihan cemilan yang manis (sweet) dan juga cemilan asin (savory). 


Salah satu dari banyak pilihan dari cemilan manis tentu akan jatuh kepada puding, karena rasa yang manis dan manfaat yang berlimpah. Puding lumut dalam cup pun menjadi salah satu pilihannya, dengan ukurannya yang kecil dan rasa yang legit. 


Bahan puding lumut gula merah cup


caramel-g7dd3241ce_640.jpg

Resep puding lumut gula merah cup


Resep puding lumut ini sedikit berbeda dengan puding lumut yang sedang viral di media sosial saat ini. Kalau puding lumut biasa berwarna hijau pandan, maka resep puding lumut kali ini berwarna kecoklatan dari gula merah. 


Untuk membuatnya Mama memerlukan bahan sebagai berikut: santan kental 100ml atau sekitar setengah gelas, air (600ml), 2 butir telur yang masih fresh, gula merah (150gr, sisir halus dan cairkan dengan sedikit air), agar- agar putih 1 bungkus, dan vanili bubuk ini harus ada yah mam, karena fungsi vanili disini untuk mengurangi bau dari telur.


Cara membuat puding lumut

Untuk membuatnya pastikan Mama mengikuti resep ini agar puding yang dihasilkan semakin bergerindil dan membentuk lumut. Mama perlu mempersiapkan terlebih dahulu panci, kocok telur dengan whisk hingga merata, masukkan gula merah, dan saring kedua bahan tersebut. 


Setelah itu masukkan semua bahan dalam panci, hidupkan kompor dalam kondisi api paling kecil. Masak hingga mendidih, untuk mendapatkan hasil lumut yang besar jangan sering diaduk, tetapi sebaliknya aduk dengan cepat agar hasil lumutnya lebih kecil. Tunggu hingga sedikit dingin dan uap hilang, baru dimasukkan ke dalam cup.


Apabila Mama menginginkan membuat fla, berikut adalah resep fla durian agar puding lumut Mama semakin maknyus dan favorit di kantor. Mama memerlukan durian fresh sebanyak 6 butir atau bisa juga digunakan durian frozen, susu cair sebanyak 200 gram, santan instan 1 bungkus, dan maizena untuk melarutkan. 


Pembuatan fla ini sangat mudah, campurkan semua bahan di dalam panci, lalu rebus dalam kondisi kompor api kecil hingga meletup. Fla ini siap dituang ke dalam cup yang telah berisi puding lumut gula merah, atau kalau Mama ingin lebih praktis, Mama bisa memasukkan fla ini ke dalam plastik klip.


Bagaimana Mama, siap eksekusi resep puding ini malam ini, paginya Mama bisa membawa puding dingin ke kantor yang tentunya akan menjadi juara di acara coffee break kantor Mama. Siapa yang mau menolak?