Resep Opor Ayam Putih Dan Kuning, Untuk Sajian Arisan Mama - Dapur Umami

Resep Opor Ayam Putih Dan Kuning, Untuk Sajian Arisan Mama

Bila mendengar kata opor ayam, tentu yang terbersit di benak kita adalah sajian hari raya kan, Ma? Padahal, olahan ayam bersantan ini juga diminati untuk sajian arisan di rumah, karena selain rasanya yang enak, gurih juga sangat mudah digabungkan dengan menu lainnya.


Dalam pembuatan dan penyajiannya, opor ini memiliki tiga variasi, yaitu opor ayam kuning, opor ayam bumbu kuning hingga opor ayam merah. Yang membedakan hanya bahan dan cara membuat opor ayam.


Opor ayam kuah putih


Opor ayam putih

Di artikel yang pertama, ini kita akan kulik secara lengkap pembuatan opor putih. Dan di sini kita juga akan menggunakan pencampuran susu dan santan kental ya Ma, agar semakin sehat dan tidak khawatir kadar kolesterol akan meningkat.


Dalam pembuatannya, Mama perlu mempersiapkan bumbu yang dihaluskan, yaitu bawang merah, bawang putih, sedikit saja jintan, kemiri, ketumbar, jahe dan juga merica. Haluskan semua bahan bumbu ini dengan chopper atau manual dengan cobek. Kalau melihat bumbunya, pasti mama teringat salah satu bumbunya sayur lodeh.


Dalam pembuatan opor, Mama bisa pilih menggunakan ayam kampung ataupun ayam potong biasa. Prinsipnya sih tergantung bahan mana yang mudah didapatkan saja. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu tumis minyak tumis bumbu halus tersebut dengan sedikit minyak dan kemudian aduk hingga bumbu harum dan matang.


Bumbu harus benar-benar matang untuk menghindari bau langu. Setelah itu masukkan lengkuas, daun salam, dan sereh yang sudah digeprek ujungnya sesuai selera.


Berikutnya, Mama bisa masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam wajan. Aduk terlebih dahulu dengan bumbu hingga tercampur sempurna. Kemudian, masukkan campuran susu dan santan kental sedikit demi sedikit dengan terus diaduk. Jangan lupa untuk memasukkan gula pasir, garam, dan AJINOMOTO®. Dijamin rasanya akan semakin endeus!


Agar isian semakin meriah, Mama juga bisa memasukkan telur yang sudah direbus ke dalamnya. Sajikan hangat dan jangan lupa taburi dengan bawang goreng terlebih dahulu.


Opor ayam kuning

Resep opor ayam kuning ini memang sedikit berbeda dari segi bahan, karena opor ayam kuning ini menggunakan kunyit dan sedikit kencur. Biasanya, ayam yang digunakan sebagai bahan utama opor kuning ini adalah ayam kampung, sehingga biasa disebut opor ayam kampung. Jadi sebelum kita mengintip bahan apa saja yang digunakan, sebaiknya Mama cuci bersih ayam kampung, dan marinasi terlebih dahulu ayam dengan perasan air jeruk nipis, lalu sisihkan.


Bahan yang diperlukan dalam pembuatan opor ayam kuning ini terdiri dari anggota tetap duo bawang, kunyit, jahe, kencur, lengkuas, kemiri, bubuk ketumbar, dan juga merica. Dari bahannya saja sudah terlihat rasanya akan sangat kuat dan lezat kan, Ma? Bahan tersebut dihaluskan dan ditumis dalam minyak hingga matang. Bila sudah, Mama tambahkan juga sereh, daun salam, dan juga secukupnya daun jeruk.


Di wajan yang lain, Mama panaskan air hingga nyaris mendidih namun jangan biarkan sampai air menyusut. Lalu masukkan ayam yang sudah dimarinasi tadi. Masukkan juga tumisan bumbu yang sudah dibuat, masak hingga ayam matang dan empuk. Sebagai tahap terakhir, masukkan santan, gula, garam, dan MASAKO┬« Rasa Ayam untuk memperkuat rasa. Jangan lupa tes rasa terlebih dahulu dan diaduk agar santan tidak pecah.


Opor ayam kuning ini siap disajikan hangat-hangat dengan lontong, ketupat, maupun nasi. Opor ayam kuning ini bisa juga disajikan sebagai teman gudeg, sambal goreng, maupun nasi liwet, dijamin deh, arisan Mama akan meriah dan tamu akan nambah terus hingga piring kedua.


Untuk kreasi opor ayam yang lain, yang pasti tidak akan kalah enaknya, Mama bisa intip resepnya di sini ya. Selamat berkreasi dan menyambut rekan arisan Ma.