Resep Nasi Goreng Tanpa Nasi, Cocok untuk Penderita Diabetes

Resep nasi goreng tanpa nasi? Bagaimana bisa? Terus yang digoreng apa dong? Tenang Ma, memang resep nasi goreng di artikel ini tidak menggunakan nasi putih seperti pada umumnya, karena akan menggunakan bahan lain yang lebih ramah pada tubuh, terutama pada penderita diabetes.


Untuk Mama maupun keluarga yang sedang mengidap penyakit diabetes, tentu sering mendengar anjuran dokter untuk mengurangi asupan karbohidrat, terutama yang berasal dari nasi putih, mie dan tepung.


Oleh karena itu, untuk cara membuatnya Mama bisa menggunakan bahan pengganti atau substitusi yang lebih menyehatkan, namun tetap dengan rasa yang nikmat. 


Berikut beberapa resep modifikasi nasi goreng agar Mama maupun keluarga terhindar dari penyakit penyerta dari diabetes, seperti stroke maupun gangguan fungsi lainnya.


Nasi goreng kembang kol

Walaupun berwarna pucat dan tidak terlalu digemari, dan kadang berbau langu, siapa sangka kembang kol memiliki banyak manfaat dan bisa Mama gunakan sebagai pengganti nasi. Tidak hanya sebagai nasi goreng, bunga kol juga bisa diolah menjadi berbagai masakan.


Mama perlu tahu bahwa dalam satu mangkuk nasi goreng kembang kol ini terdapat serat yang sangat tinggi dengan kalori yang sangat rendah, yakni hanya sekitar 27 kkal. Selain itu kandungan antioksidan yang sangat tinggi ini juga membantu proses sel dalam memperbaiki dirinya menjadi lebih cepat.


Untuk membuatnya pun sangat mudah. Dalam pembuatan bahan utama yakni kembang kol. Mama perlu siapkan food processor, atau bisa juga menggunakan chopper. Giling kembang kol yang sudah dicuci bersih dalam food processor hingga seukuran beras. Bila sudah selesai, kembang kol ini siap dimasak seperti Mama biasa memasak nasi goreng yang berbahan dasar nasi.


Namun alangkah baiknya dalam mengolah nasi goreng berbahan dasar kembang kol, Mama juga mengganti minyak goreng biasa untuk menumis bumbu diganti dengan minyak zaitun, dan mengurangi penggunaan garam.


Untuk selanjutnya nasi goreng kembang kol ini siap diolah dengan topping seperti ayam suwir bagian dada dan sayur kesukaan Mama dan disajikan, rasanya enak dan tentu saja mengandung sejuta manfaat.


Resep nasi goreng jagung

Jagung adalah salah satu bahan makanan yang sering dipandang sebelah mata, walau ternyata segudang manfaatnya. Meski terdengar tidak asing, namun masih sedikit diantara kita yang menggunakan nasi jagung sebagai makanan pokok. Nasi jagung terbuat dari bulir jagung yang tua, ditumbuk dan ditanak seperti nasi. 


Akhir-akhir ini, seiring meningkatnya pemahaman akan nilai gizi jagung, kita sering mendapati jagung di supermarket dalam bentuk nasi jagung instan.

Dalam kandungannya, nasi jagung ini bebas gluten namun sangat tinggi serat.


Selain itu, jagung dapat mengontrol aliran pada darah, sehingga menurunkan penyerapan kadar kolesterol dan insulin dalam darah. Kadar insulin yang terjaga inilah yang diperlukan oleh penderita diabetes, agar tetap seimbang.


Dalam pembuatan dan pengolahan salah satu pengganti nasi, nasi goreng jagung sangatlah mudah. Penderita tetap bisa merasakan nasi goreng yang lezat minim rasa khawatir. Dalam pembuatannya pun sangat mudah, cukup sediakan 1 cangkir penuh nasi jagung instan.


Jenis ini sangat mudah dan cepat dalam proses memasaknya. Butiran nasi jagung kering instan ini perlu terlebih dahulu direndam dalam nasi panas hingga mengembang, kemudian tanak seperti memasak beras kurang lebih 30 menit. Voila, satu piring penuh nasi jagung sudah siap diolah menjadi nasi goreng jagung dengan resep favorit Mama dan keluarga. Sajikan hangat hangat ya ma.


Semoga Mama memperoleh manfaat dan bisa mempraktekan ke dua resep nasi goreng sederhana ini di rumah. Salam sehat untuk keluarga dirumah.