Artikel & Tips Resep Mie Kuah dengan Lauk Lengkap untuk Makan Malam
Resep Mie Kuah dengan Lauk Lengkap untuk Makan Malam

Resep Mie Kuah dengan Lauk Lengkap untuk Makan Malam

18 Jan 2023, 18:01

Cukup dengan membuat resep-resep ini, makan malam lebih hangat dan nikmat.


Malam-malam, dingin, apalagi hujan, memang cocok makan mie kuah, Ma! Tapi, kalau hanya menggunakan resep mie instan yang itu-itu saja, mungkin keluarga di rumah sudah pada bosan.


Bagaimana kalau buat mie kuah dengan resep yang agak beda? Dapur Umami punya lho beberapa resep mie yang bisa menambah pengalaman makan yang variatif. Bahkan, kami juga punya ide lauk pelengkap yang membuat Mama tak perlu bingung mencari lauk tambahan untuk mie.


Resep Mie Kopyok ala Masako®


Buat Mama yang masih asing dengan sebutan mie kopyok, jadi ini adalah mie khas Kota Semarang. Kadang-kadang, orang juga menyebutnya dengan nama mie lontong. Tapi, Mama nggak perlu ke Semarang untuk tahu sensasi rasanya, cukup ikuti resep yang kami bagi.


Bahan utamanya adalah mie kuning basah. Kalau mau membuatnya, rebus dulu mie, lalu tiriskan terpisah. Setelah itu, siapkan air, didihkan, tuang irisan bawang putih, gula, serta Masako® Rasa Sapi.


Kemudian, siapkan mangkuk dan taruh mie di dalamnya. Lalu, letakkan tahu pong, tauge, sawi hijau, dan siram mie dengan kuah yang tadi sudah Mama siapkan. Nah, mie kopyok sudah siap untuk disantap!


Untuk menambah aroma dan memperkaya rasa, Mama bisa tambahkan perasan jeruk nipis, taburan bawang goreng, atau kerupuk. Kalau suka pedas, boleh juga tambahkan sambal dalam Resep Mie Kopyok ala Masako® ini. 


Resep Mie Kangkung ala Sajiku®


Kalau Mama lagi mau mengajak anak-anak makan sayur sehat seperti kangkung secara halus, Mama bisa buat resep mie kuah yang satu ini. Rasa sayur yang blend dengan bumbu-bumbu mie, bisa membantu anak lebih lahap makan sayur.


Mari mulai membuatnya dengan menumis ayam fillet dan jamur yang sebelumnya sudah dimarinasi dengan kecap asin. Setelah keduanya berubah warna, tuangkan air dan masukkan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Tunggu hingga air mendidih.

Setelah itu, secara berturut-turut masukkan mie kuning, kangkung, serta tauge. Mama aduk-aduk sebentar saja, lalu sajikan di dalam mangkuk. 


Mama tak perlu khawatir dengan bumbunya yang menggunakan bumbu nasi goreng. Tim Dapur Umami sudah menguji Resep Mie Kangkung Ala Sajiku® ini kok. Rasanya? Terbukti enak dan umami.


Resep Mie Ramen ala AJI-NO-MOTO®


Makan ramen nggak perlu ke restoran, Ma! Mama bisa juga membuat ramen sendiri di rumah kok. Selain lebih hemat, ramen homemade ini bisa jadi malah lebih enak daripada ramen ala resto. Penasaran caranya?


Pertama-tama, iris bawang putih, daun bawang, serta jamur hioko yang sudah diiris tipis. FYI, hioko ini adalah jamur khas Asia Timur yang kadang punya sebutan jamur shiitake. Tapi, sekarang mudah kok menemukannya di pasar atau supermarket terdekat.


Setelah itu, tumis bawang putih sampai harum, tuangkan air, jamur, kecap ikan, kecap asin, serta AJI-NO-MOTO®. Saat airnya sudah mendidih, masukkan mie telur, bakso ikan, lalu aduk-aduk sampai matang. 


Terakhir, sajikan deh Resep Mie Ramen ala AJI-NO-MOTO® ini ke dalam mangkuk. Supaya gizinya makin lengkap, tambahkan telur dan jagung pipil rebus. Untuk menambah aroma, taburkan juga irisan daun bawang. Kebayang enaknya kan?


Resep Lo Mie Ayam ala Sajiku®


Kalau ramen dari Jepang, maka lomie ini adalah mie oriental khas Chinese yang jadi favorit orang Hokkien. Kuahnya lebih kental daripada mie kuah lain yang mungkin pernah Mama coba. Tapi tenang, rata-rata chinese food cocok kok untuk lidah Indonesia.


Untuk membuatnya, mulai dengan menumis daging ayam suwir. Selanjutnya, masukkan bahan-bahan kuahnya yang terdiri dari air, larutan tepung maizena, kecap manis, dan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Aduk semua bumbu sampai rata.


Kemudian, masukkan mie dan masak sampai teksturnya mengembang. Setelah itu, masukkan juga kangkung dan tauge. Terakhir, Mama hanya perlu masak sebentar lalu sajikan dengan kerupuk. Kentalnya kuah Lo Mie Ayam ala Sajiku®, dengan lauk-pauk dengan gizi lengkap, bisa jadi teman makan malam yang mantap! 


Lezatnya resep-resep yang Dapur Umami bagikan, tak lepas dari bumbu-bumbu produk AJI-NO-MOTO®. Rasa umaminya yang khas, dapat membuat rasa makanan lebih kaya dan kuat di lidah.


Akhir kata, Dapur Umami juga masih punya banyak Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan yang bisa Mama praktekkan di rumah. Ayo coba!







Source of thumbnail: Ramen by 4kodiak
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.