Resep Makanan Sehari-Hari: Mie Aceh yang Otentik Kaya Rempah

Salah satu makanan yang perlu kita coba untuk disajikan di rumah adalah kuliner khas dari Serambi Mekah atau Aceh. Mungkin di antara Mama masih ada yang kurang akrab dengan resep makanan sehari-hari yang sangat cocok di berbagai suasana ini. 


Beragam menu khas ini salah satunya adalah mie aceh, dengan rasanya yang otentik dan penuh rempah. Mie aceh ini cocok sebagai makanan sehari, dimakan dari sarapan hingga makan malam, sehingga bisa disajikan kapan saja di meja makan Mama. Waktu masak juga bervariasi, ada yang masak lama ataupun sebentar kurang dari 30 menit. 


Di tempat asalnya, mie ini disajikan dengan topping atau isian kepiting utuh, daging ayam, kuah yang berlimpah dan tak lupa disajikan dengan emping. Yuk kita ulas resep masakan sehari-hari dari daerah terbarat di Indonesia ini!


Mie aceh goreng otentik dan berempah

Untung menghadirkan rasa otentik pada mie aceh memang Mama harus menyediakan berbagai bahan dan cara memasak yang panjang, namun ini semua akan terbayar dengan rasanya yang nikmat. Mie aceh ini dapat kita nikmati dengan 2 cara, yakni mie aceh goreng maupun mie aceh rebus.


Untuk bahan yang diperlukan Mama perlu mempersiapkan daging sapi sebanyak 1 ons, bawang merah (5 butir), bawang putih (5 siung), tomat (potong kasar), kubis, dan kecambah secukupnya. Bumbu halus terdiri dari bawang merah bawang putih, sedikit kapulaga, jinten, kunyit yang sebelumnya sudah dibakar, lada putih, dan Masako® rasa sapi.


Untuk cara membuat mie aceh ini, siapkan wajan, panaskan mentega, tumis bawang putih dan kemudian masukkan bumbu halus. Ketika sudah harum, masukkan daging sapi beserta kaldunya yang telah disiapkan. Jika daging sapi mulai empuk dan air sudah menyusut hampir kering, masukkan kubis, tauge, dan mie kuning.


Bumbui dengan kecap manis, garam, lada, Masako®. Aduk hingga semua bahan tercampur. Setelah mie matang masukkan bawang goreng bila ingin. Jangan lupa tes rasa, tambahkan bumbu bila terasa ada yang kurang. Sajikan dengan acar mentimun, dan emping. Mie goreng aceh ini siap menggoyang lidah keluarga Mama. Siapkan kecap asin jika suka (karena faktanya, ada saja yang mencoba mie aceh dicampur kecap asin).


Mie aceh rebus lengkap dengan kepiting

Mie aceh yang satu ini dengan kuah yang meluber dan isian yang ciamik, yakni kepiting utuh. Siapa yang mau mengelak dari kelezatan makanan ini. Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan bahan utamanya, yakni kepiting. Kepiting ini Mama pilih yang ukuran sedang saja, biar mudah dalam membersihkan dan memakannya. 


Cuci bersih kepiting dna ambil insangnya. Setelah itu kukus kepiting, dan ambil daging kepiting sampai yang di dalam cangkangnya, sisihkan. 


Untuk bumbunya, Mama perlu menghaluskan cabe merah keriting (disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan), daun bawang, bawang merah, bawang putih, kunyit seruas saja, bubuk kari bila ada di dapur Mama, jahe, ketumbar bubuk, kapulaga, jintan, dan juga sereh yang sudah di geprek ujungnya. Mama juga bisa menambahkan cabai rawit iris serong bila ingin.


Untuk membuatnya Mama perlu mempersiapkan wajan, minyak yang telah dipanaskan. Tumis bumbu halus hingga harum, memasaknya dengan api yang sedang saja. Setelah harum lalu masukkan semua bahan isi seperti daging dan capit kepiting yang sebelumnya telah dikukus atau dimasak setengah matang, aduk merata. Setelah itu masukkan mie dan beri air untuk kuahnya. 


Bila Mama ingin kuah yang banyak, maka beri air yang banyak. Bumbui dengan kecap, garam, lada, gula pasir, dan tentunya Masako®. Tunggu hingga matang dan mie lunak. Sajikan segera, mie ini enak bila dikonsumsi hangat.


Meski dipercaya memiliki kandungan kolesterol tinggi, kepiting juga memiliki banyak manfaat yang sudah teruji. Jadi kuncinya adalah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan 


So, siap menghadirkan resep makanan sehari-hari ala Serambi Mekah di akhir pekan ini, Ma?