Resep Makanan Sehari-hari ini Kaya akan Nutrisi Otak

Untuk melengkapi kebutuhan tubuh kita, lemak adalah nutrisi yang tidak bisa ditinggalkan. Lemak membantu kerja otak dan menjaga suhu tubuh pada kondisi-kondisi tertentu. Karena setiap hari kita perlu kerja otak, maka kita butuh lemak dalam keseharian. Pertanyaannya adalah: bagaimana caranya mendapatkannya dalam resep masakan sehari-hari mama? 

Kabar bagusnya adalah, kita sebenarnya mudah menemukan lemak baik atau lemak tak jenuh itu dalam keseharian kita. Berikut ini resep makanan sehari-hari yang kaya akan lemak baik buat kebutuhan mama dan keluarga.


Salad alpukat ayam

Alpukat adalah sumber lemak baik yang sangat dekat dengan kita. Buah yang asalnya dari Amerika Tengah ini sekarang sudah menjadi buah yang kita nikmati sehari-hari di Indonesia. Sayangnya seringkali kita menikmati alpukat dengan cara yang agak mengurangi kekayaan lemaknya, yaitu dengan menjadikannya jus dengan ditemani gula kristal. 


Nah, ada satu cara menikmati alpukat yang sedikit berbeda tapi sangat patut dicoba sebagai resep makanan sehari-hari mama dan keluarga, yaitu menggunakannya dengan bahan makanan yang cenderung gurih. Mama bisa mencoba menambahkan alpukat ke dalam salad ayam. 


Untuk menyiapkannya, mama hanya perlu memadukan tidak lebih dari 4 bahan: selada, ayam kukus atau panggang, mayones atau saus serbaguna Mayumi, dan alpukat. Kalau mama ingin menambahkan bubuk cabe untuk sensasi pedas, itu sangat boleh. Atau, gunakan resep ini sebagai inspirasi.


Nasi pecel

Siapa sangka salah satu sarapan favorit kita ini kaya dengan lemak sehat yang kita butuhkan sehari-hari. Ya, nasi pecel yang mungkin sering mama buat sendiri di rumah atau beli saat di tempat-tempat wisata domestik juga kaya dengan lemak baik yang bisa memberikan nutrisi bagi otak mama dan keluarga. 


Dalam pecel, nutrisi otak terdapat pada bumbu kacangnya yang lezat itu. Dalam satu porsi pecel sebanyak 100 gr, mama bisa mendapatkan tak kurang dari 12 gr lemak khususnya dari kacang ini. 


Tentu ini belum memperhitungkan sayur-sayuran seperti kangkung, tauge, dan kacang panjang yang biasanya juga ada di sana. Apalagi kalau disertai dengan tempe yang kaya protein. Pecel adalah salah satu resep makanan sehari-hari yang ternyata membawa nutrisi yang dibutuhkan otak kita.


Panggang salmon

Kalau ada yang bicara tentang Omega 3, pasti salmon akan bertengger di puncak daftar semacam itu. Hal ini karena ikan salmon kaya akan lemak alami yang dibutuhkan oleh tubuh (khususnya otak) kita. 


Salmon termasuk bahan makanan yang bisa diolah dengan berbagai cara tanpa mengurangi kekuatan rasanya. Tapi, kalau ingin mendapatkan gabungan dari kekayaan nutri, cita rasa, dan penampilan, mama bisa mencoba salmon panggang. Panaskan salmon di atas bara dengan taburan sedikit garam, lada, atau direndam bumbu. 


Gado-gado

Nah, yang terakhir ini juga termasuk makanan yang bisa kita nikmati sehari-hari yang memberikan nutrisi bagi otak kita. Seperti halnya pecel, gado-gado juga menggunakan bumbu kacang yang kaya akan nutrisi otak. Namun, selain itu, ada kombinasi yang membuat lemak baik dalam gado-gado semakin kaya: telur. 


Telur adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan lemak. Dalam satu butir telur, bisa terdapat hingga 5 gr lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bila kita gabungkan lemak dalam telur ini dengan apa yang dikandung oleh bumbu kacang, maka kita akan mendapatkan jumlah lemak yang kita butuhkan untuk kebutuhan nutrisi otak kita sehari-hari. 


Ah, jangan lupa juga kalau di sana ada selada, tahu, kacang panjang, dan tempe. Bisa dibilang, gado-gado adalah salad sehat versi nusantara!


Dengan keempat resep masakan sehari-hari sebagai inspirasi ini, pastinya mama sudah punya bayangan besok pagi akan mencoba menu apa untuk keluarga. Nutrisi untuk otak adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, apalagi kalau kita menginginkan masa depan buah hati.


sumber:https://pixabay.com/id/photos/bagel-alpukat-makanan-salad-sehat-1135888/