Resep Makanan Sehari-hari Gizi Seimbang untuk Satu Minggu

Kalau bicara tentang gizi, yang sangat penting bukan hanya banyaknya saja, tapi juga keseimbangannya. Mama pasti tahu betul bahwa kebanyakan kandungan gizi tertentu juga tidak benar-benar baik bagi kesehatan. Untuk itu, yang selalu perlu mama perhatikan adalah resep makanan sehari-hari dengan gizi seimbang. 

Pertanyaannya kemudian adalah: gizi seimbang itu seperti apa? Kalau kita menggunakan siklus seminggu, gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh hendaknya meliputi 5 elemen utama ini: protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

Satu nutrisi lain juga penting tapi belum tercakup di lima elemen ini adalah serat, yang sangat penting dalam penyerapan makanan oleh tubuh. Selain itu, serat juga membantu memelihara mikroba baik dalam usus. 

Dengan pertimbangan tersebut, maka berikut ini kumpulan resep makanan sehari-hari gizi seimbang untuk siklus satu minggu. 


Senin: Soto Ayam

Untuk hari pertama dalam minggu, mama bisa mengawali dengan Soto Ayam. Soto ayam adalah sumber yang bagus untuk protein, lemak, serta karbohidrat. Karbohidrat di awal minggu perlu diperhatikan karena kita cenderung lebih sibuk setelah libur akhir pekan dibandingkan hari kedua atau ketiga dalam seminggu. 

Untuk resepnya, mama bisa mencoba mengintip di ini. Di situ, mama juga bisa melihat bahwa nutrisi yang tinggi dari soto ayam (dengan nasi putih tentunya) adalah protein, lemak, dan karbohidrat. Agar lebih nikmat, tambahkan sambal cabai rawit dan kecap manis.

Selasa: Tumis Kacang Panjang

Di hari kedua, mama bisa mencoba dengan resep yang lebih kaya akan serat dan protein yang mencukupi. Ini tentu berbeda dengan hari pertama yang kaya protein dengan sedikit lemak dan vitamin. Di hari Selasa ini protein masih tinggi--kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang bagus--namun sorotan utamanya adalah serat dan vitamin.

Untuk menyeimbangkan serat pada menu ini, mama bisa memilih berbagai macam sumber protein. Bila mama ingin menggunakan udang, resep ini bisa dicoba. Namun, mama juga boleh mengganti udang dengan tempe atau tahu yang dipotong dadu. Untuk tumis, jangan lupa saus tiram dan daun salam. 


Rabu: Semur daging

Di hari ketiga ini, mama bisa kembali ke menu kaya protein dan karbohidrat. Semur daging (yang bisa dibuat dengan menggunakan daging sapi sandung lamur) sangat cocok untuk memanjakan diri dengan legitnya daging sapi yang sedikit berminyak. 


Semur daging, saat dimasak dengan resep makanan sehari-hari, akan menjadi makanan yang kaya protein dan lemak. Kalau mama menyertakan kentang seperti kebanyakan semur tradisional, maka karbohidrat juga termasuk banyak.

Asyiknya semur daging adalah, mama bisa melakukan banyak variasi seperti misalnya yang ada pada semur daging teriyaki ala Sajiku ini (silakan mampir ke Dapur Umami untuk lihat cara membuat semur dagin teriyaki ini).

Resep Makanan Sehari-hari ala Dapur Umami


Kamis: Sayur Asem Jakarta

Di hari Kamis, kita kembali dengan menu kaya sayur seperti Sayur Asem Jakarta ini. Hidangan ini bisa dipilih karena dia warna warni dengan berbagai elemen, mulai jagung, kangkung, kacang, hingga manisa atau bahkan nangka muda. 

Cara membuat hidangan ini pun mudah. Mama tinggal cuci bersih sayuran dan potong sesuai selera. Setelah itu, gunakan bumbu halus sederhana atau yang sudah siap pakai. 

Dengan berbagai bahan sayuran ini, Sayur Asem Jakarta adalah sajian yang kaya akan vitamin serta mineral. Dan jangan lupa, seratnya juga sangat banyak. Kalau mama mau meningkatkan kelezatannya, tambahkan ikan asin!


Jumat: Tuna Balado

Kali ini, kalau mama ingin memanjakan lidah dan mendapatkan protein dari sumber yang berbeda, tuna balado adalah pilihan yang tepat di hari Jumat. Paduan antara manis, pedas, dan gurih terjadi ketika bumbu balado bertemu nasi. 

Tuna balado memanjakan lidah dan kaya protein serta lemak yang baik dari ikan. Yang perlu diingat: lemak dari minyak goreng perlu dijaga. Tomat dan cabai merah di sini adalah jaminan vitamin C dan berbagai mineral. 


Sabtu-Minggu: Pecel dan Gado-gado

Untuk menutup minggu ini, kita harus mempertimbangkan menu yang agak berbeda dengan resep makanan sehari-hari biasanya. Akhir pekan adalah ketika mama dan keluarga suka membuat cemilan atau bahkan makan di luar. Untuk menyeimbangkan pola makan akhir pekan ini, pastikan di rumah untuk meningkatkan salad. Atau, kalau untuk Indonesia, pecel dan gado-gado adalah pilihan yang tepat untuk hari Sabtu dan Minggu. 

Demikianlah resep makanan sehari-hari untuk gizi seimbang satu minggu penuh untuk keluarga. Siap menerima tantangan ini?