Resep Makanan Sehari-hari Ala Rumah Makan Padang, Lamak Nian!

Siapa tidak tergiur saat ditawari masakan padang lengkap dengan sayur dan sambal hijaunya. Mungkin di sini Mama juga sering pergi ke rumah makan padang dengan rekan kerja bila makan siang. Bagi yang tidak, menu masakan rumah makan padang tidak hanya melulu pada rendang, tetapi banyak resep makanan sehari-hari lainnya. Ada yang waktu memasaknya lama, ada pula yang masak sebentar tidak sampai 30 menit.


Masakan padang memang terkenal akan kelezatan dan rasa rempah – rempah yang sangat kuat. Menu khas Padang tidak banyak menggunakan bahan kecap manis dan kecap asin. Tak heran bila kini rendang tak hanya dinikmati kita yang bertempat di Indonesia, tetapi sudah mendunia. Apa jadinya yah Ma bila kita menghadirkan menu ala makanan padang di rumah? 


Makanan ini akan menjadi makanan harian favorit keluarga pastinya, karena bisa dinikmati baik dari sarapan hingga makan malam. Walaupun terlihat rumit, namun resep di artikel ini akan menghasilkan cita rasa yang khas. Yuk mam kita simak resepnya!


Gulai daun singkong pedas

Salah satu pelengkap makanan di rumah makan padang, yak menu ini akan selalu ada, apalagi kalau bukan gulai daun singkong. Untuk mempraktekkannya di rumah Mama perlu menyiapkan daun singkong yang telah direbus hingga empuk. 


Tips merebus daun singkong agar cepat empuk dan warna tetap bagus, Mama bisa memasukkan sedikit baking soda pada air rebusan, dijamin daun akan cepat empuk tanpa Mama harus merebus lama. Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan sedikit terasi. Jika sangat berselera menggunakan daun bawang, silakan masukkan, namun jika tidak juga tidak masalah.


Masukkan bumbu halus tersebut dengan daun singkong yang telah direbus. Masukkan pula santan kental, daun salam, serai, dan juga Masako® agar rasa semakin mantap. Ketika semua bahan matang masukkan taburan bawang goreng untuk memperkuat cita rasa.


Rendang daging simple

Resep makanan sehari-hari yang satu ini merupakan favorit keluarga, karena memasaknya sangat mudah. Walau kesannya ribet dengan bahan yang banyak. Mama perlu mempersiapkan daging sebanyak satu kilogram, daun jeruk, sereh, salam, dan pastinya santan kental sebanyak satu kilo juga.

 

Untuk bumbu yang dihaluskan Mama perlu siapkan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, rempah rendang, dan bumbu umami, AJI-NO-MOTO®. 


Untuk membuatnya, masukkan semua bahan yang telah dihaluskan beserta santan. Tunggu hingga santan sedikit meletup baru daging dimasukkan. Masak rendang harus benar-benar matang dan tidak boleh setengah matang. Aduk hingga asat dan daging rendang berubah warna. Hmmm bau harumnya tercium hingga rumah tetangga nih.


Balado telur yang otentik

Salah satu lauk ini juga selalu ada di menu rumah makan padang, balado telur ini menjadi alternatif bila tidak suka daging sapi atau daging ayam. Untuk cara membuat balado ini bisa Mama cek resepnya di sini. Pastikan bumbu meresap sempurna sebelum menikmati hidangan ini. Cabai balado halus ya, Ma, tidak perlu di iris serong.


Sambal ijo ala rumah makan padang

Sambal merupakan pelengkap wajib di hampir semua masakan di Indonesia. Dengan rasa yang kuat dan aromanya yang tersendiri, sambal ijo ala rumah makan padang ini siap menjadi bintang di meja makan Mama. Bahannya pun cukup sederhana, Mama siapkan cabai rawit hijau, cabe besar hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih. 


Cuci bersih dan haluskan semua bahan di atas tetapi jangan sampai terlalu halus yah mam. Setelah itu siapkan wajan, tumis bumbu halus semua bahan hingga layu dan tercium aroma. Ketika sudah matang dan tercium aroma harum lalu masukkan gula pasir, garam, dan perasaan air jeruk. Tes rasa dan tambahkan gula atau garam untuk koreksi rasa. Jangan lupa masukkan sedikit Masako®. Masako® sudah sangat praktis sehingga penggunaan garam bisa diminimalisir, bahkan tidak perlu kaldu jamur.


Mudah bukan menghadirkan menu ala rumah makan padang di rumah? Siap-siap besok papa minta dimasakin menu yang lamak bana ini. Selamat mencoba resep masakan sehari-hari ini di rumah!