Resep Makanan Khas Korea yang Bikin Makan Serasa Main Drama

Annyeonghaseyo! Mama banyak menghabiskan saat santai dengan menonton drama Korea? Serial drama Korea memang layak untuk diikuti. Tidak hanya dramanya, merebaknya resto dari kaki lima hingga bintang lima yang menjajakan menu khas Korea. Cita rasanya yang kuat dan lezat tentu menggugah Mama dan keluarga untuk mencobanya. Mari mam, simak resep makanan khas korea ini, untuk menghadirkan warna baru di meja makan keluarga.


Resep Andong Jjimdak

Makanan khas korea satu ini sekilas mirip dengan ayam kecap yang biasa kita makan, namun bahannya sedikit berbeda, karena Andong Jjimdak ini menggunakan banyak saus dalam pembuatannya. 


Untuk menyajikannya ke meja makan, maka Mama harus mempersiapkan ayam sebanyak satu kilogram (rebus hingga empuk, sisihkan), wortel, kentang, bihun yang sudah dilunakkan. Untuk bumbu kuahnya, bawang putih dan jahe dihaluskan, minyak wijen, kecap asin, cabe bubuk dan Masako®. 


Cara membuat Andong Jjimdak butuh sedikit prosedur: Mama masukkan ayam yang telah direbus, sayuran dan bumbu yang telah dihaluskan tadi kedalam panci berisi air. Setelah itu nyalakan kompor dengan api sedang, tunggu hingga mendidih atau kurang lebih 20 menit, hal ini agar bumbu dapat meresap sempurna ke dalam ayam. 


Sesekali diaduk dan masukkan semua saos dan tes rasa, apakah sudah pas. Bila air sudah mulai menyusut, Mama masukkan bihun, aduk cepat agar bihun tidak terlalu kematangan. khas Andong Jjimdak makanan khas negeri asal Song Joong Ki ini siap disantap bersama keluarga.


Ramyeon kuah tomyum

Ramyeon adalah mie khas korea dengan rasa kuat, seperti ramen, sekilas memang mirip. Mama tentu penasaran apa perbedaan ramen dengan ramyeon? Yang membedakan keduanya hanyalah negara asalnya. Jika ramen berasal dari Jepang, maka Korea memiliki Ramyeon. 


Kalau biasanya ramyeon ini dibuat dari kaldu daging bening dengan bumbu yang kuat, kali ini kita modifikasi agar rasa yang dihasilkan menjadi sedikit asam dan segar Mam. 


Simak saja apa yang Mama butuhkan, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri dan lengkuas ( haluskan menggunakan blender). 


Setelah bumbu halus, tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma, tambahkan daun jeruk dan sereh untuk menambah cita rasa. Tambahkan air untuk kuahnya, tunggu hingga sedikit mendidih, Masukkan Mi Instan YumYum® dan bumbunya. Tunggu hingga matang dan sajikan bersama topping telur rebus, bakso ikan, sosis, dan jangan lupa air jeruk nipis.


Corndog molor

Corndog asal korea ini dimakan sebagai snack atau cemilan, walaupun begitu terasa sangat mengenyangkan. Karena isian sosis yang padat dan kejunya yang molor, memakai keju mozarella. Untuk adonan pelapisnya, Mama harus memiliki tepung terigu dengan protein tinggi, gula pasir, air hangat, dan ragi yang masih aktif. 


Untuk membuatnya, campurkan air hangat, gula, terigu dan ragi. Mama pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, agar ragi bisa tetap aktif. Setelah semua tercampur, tutup adonan dengan serbet atau plastic wrap


Setelah adonan mengembang, balurkan ke sosis dan keju mozarella yang telah diberi tusuk sate. Balurkan lagi ke dalam tepung roti, untuk mendapatkan rasa kriuk. Goreng hingga kuning keemasan atau golden brown. Sajikan corndog ini hangat agar, sensasi molor dari keju mozarella lebih terasa. 


Selain itu untuk corndog isi sosis bisa dinikmati dengan cocolan Mayumi® original maupun rasa pedas. Kenyang dan menyenangkan bukan.

Semoga resep makanan khas Korea tersebut bermanfaat untuk Mama, kamsahamnida sudah menyimak!