Resep Kuah Bakso Sapi Ini Enaknya Kebangetan!

Makan bakso dengan kuahnya yang lezat ini cocok untuk sajian di musim penghujan seperti ini. Inti dan kuncian dari bakso sapi yang enaknya kebangetan terletak pada kuah kaldunya. Agar kuah bakso sapi Mama semakin terasa spesial, pastikan rasa kuah kaldunya pun spesial. Yuk Ma, siapkan catatan cara membuat kuah bakso dan bahan yang dibutuhkan untuk panduan memasak kuah bakso sapi yang enaknya kebangetan.


Resep membuat kuah bakso sapi: pakai kaldu daging sapi

Resep kuah bakso sapi kali ini menggunakan bahan utama daging sapi bagian sandung lamur. Mengapa dipilih bagian ini? Karena bagian ini memiliki lebih dari 30 persen lemak yang akan menambah cita rasa kaldu dalam kuah semangkuk bakso.


Untuk membuatnya cepat, mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Mama perlu siapkan daging sapi bagian sandung lamur sebanyak 1 kilogram, 2 liter air, merica bubuk, 10 siung bawang putih (cincang sampai jadi bumbu halus dan goreng hingga harum), 5 batang daun bawang (potong sesuai selera) dan aduk rata.


Yang pertama perlu Mama lakukan adalah memotong daging menjadi beberapa bagian, agar mudah empuk dan kaldu cepat keluar. Masukkan daging ke dalam air yang sudah mendidih, buang air rebusan pertama ini bila Mama ingin kuah yang lebih bening dan membersihkan kotoran.


Bila sudah Mama bisa merebus kembali dengan air yang baru, setelah mendidih kembali masukkan bumbu kuah bakso, daun bawang, garam, merica, dan yang tidak boleh ketinggalan bumbu umami, AJI-NO-MOTO® untuk menambah rasa lezat pada kuah bakso sapi. Matikan kompor, taburi dengan bawang putih goreng. Kuah ini siap disajikan bersama bakso sapi yang telah Mama buat. Eeits jangan salah, kuah ini juga bisa Mama gunakan bila membuat bakso ikan. 


Tulang sapi dipotong rapi untuk kaldu dalam resep kuah bakso sapi


Resep kuah bakso sapi: pakai kaldu tulang sapi

Resep kuah bakso sapi ini berbeda dengan resep sebelumnya, resep kali ini memakai kaldu sapi tulang (tidak disarankan menggunakan kaldu ayam ya, Ma). Dengan memakai kaldu dari tulang sapi, maka tampilan kuah akan lebih bening dan ngaldu banget. Memang untuk proses memasaknya akan lebih lama daripada kuah bakso yang terbuat dari kaldu daging sapi, tapi rasanya bikin merem melek saat menyantapnya.


Untuk membuat ini Mama perlu siapkan bahan-bahan: 2 liter untuk kuahnya, tulang sengkel atau tulang lainnya (satu kilogram), bawang putih (10 siung, goreng), 8 butir kemiri sangrai, garam, lada bubuk, dan tentu saja AJI-NO-MOTO®.


Siapkan terlebih dahulu tulang sengkel, cuci bersih yah Ma, agak kualitas dan kebersihan kuah bakso terjaga. Setelah itu Mama rebus 2 liter air di panci besar, tunggu hingga mendidih. Sembari menunggu, Mama bisa menghaluskan bawang putih dengan kemiri yang sudah disangrai, tumis dengan sedikit minyak. Jika air sudah mendidih, rebus tulang sapi dengan cara masukkan tulang sengkel, tumisan bawang, tambahkan garam, lada bubuk, dan bumbu umami, AJI-NO-MOTO®.


Tunggu hingga kembali mendidih dan koreksi rasa. Bila sudah pas, masukkan bakso atau lemak sapi jika mau yang sudah disiapkan sebelumnya. Matikan apinya, sajikan bakso daging sapi ini bersama mie, sawi, dan pangsit goreng. Hmmm..enaknya kebangetan kan Ma.


Untuk resep bakso yang bisa dinikmati dengan kuah ini, Mama bisa intip di link Dapur Umami berikut.

Kalau Mama merasa kuah bakso sapi ini terlalu banyak, Mama bisa menyimpannya di dalam wadah untuk kemudian dimasukkan dalam freezer, keluarkan kembali bila Mama membutuhkannya. 


Oh ya, sebenarnya ada cara mudah membuat kaldu untuk kuah bakso, yaitu dengan menggunakan air yang habis dipakai untuk merebus adonan baksonya menjadi bakso. Tapi ya, ini hanya bisa dilakukan kalau Mama membuat sendiri baksonya. 

Semoga bermanfaat Ma.